Analisis sajian materi pada buku matematika SMP kelas VII ditinjau dari pendekatan induktif dan deduktif / Cahyananingsih

Main Author: Cahyananingsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15104/
Daftar Isi:
  • Bukumerupakansalahsatusaranapendidikanyangturutsertamempengaruhikeberhasilanpendidikan.Dalammenentukanstrategipenyajianmateripadabukuajarmatematikadiperlukanpengetahuantentangkesiapanmentalpembacanya(siswa).BagisiswaSMPkhususnyakelasVIIyangmasihberadadalammasatransisidaritahapoperasikonkretmenujutahapoperasiformalmasihperlumenggunakanpendekataninduktifdalampenyajiantopikmatematika.Namunmerekajugaperludipersiapkanuntuktahapoperasiformaldenganmenggunakanpendekatandeduktifdalammenyajikantopikmatematika.DengandemikiandapatdikatakanbahwadalammenyajikanmateriuntuksiswaSMPkhususnyakelasVIIperludigunakanpendekataninduktifdandeduktiftermasukdalambukuyangmerekagunakan.Masalahyangdibahasdalampenelitianiniadalah(1)berapakahpersentasepenyajianmateripadabukupaketyangsesuaidenganpendekataninduktif(2)berapakahpersentasepenyajianmateripadabukupaketyangsesuaidenganpendekatandeduktif(3)apakahbukupaketlayakdigunakanuntuksiswaSMPkelasVIIdalampembelajaranmatematikaditinjaudaripendekataninduktifdandeduktif.Untukmenjawabmasalahtersebutmakametodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahkajianisi(contentanalysis)yaitumendeskripsikansecaraobjektifbagaimanapenyajiansuatumateripadabukupaketyangdigunakansiswaSMPdikotaMalangyangditerbitkanolehDinasPendidikanKotaMalangselanjutnyamenyesuaikannyadengantahap-tahappenyajianmateridenganpendekataninduktifdandeduktif.Setelahmengetahuipersentasemasing-masingpenyajiandapatditentukankelayakanpenggunaanbukutersebutdenganketentuandikatakanlayakjikamateripadabukudisajikandenganmenggunakankeduapendekatantersebutdanpersentasepenyajianmateridenganpendekataninduktifnyalebihdari50%.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa61.2%materidisajikandenganpendekataninduktifdan19.0%denganpendekatandeduktif.DengandemikiandisimpulkansecaraumumbukupaketlayakdigunakandalampembelajaranuntuksiswaSMPkelasVIIditinjaudaripendekataninduktifdandeduktif.NamunpadababIIVIVIIIdanXtidaklayakdigunakankarenapersentasepenyajianmateridenganpendekataninduktifdandeduktifnyaberturut-turut50%dan7.1%33.3%dan16.7%33.3%dan44.4%serta40%dan40%.Mengacupadahasilpenelitiandiatasmakapenelitimenyarankanbagiguruyanginginmenggunakanbukupakettersebutdalampembelajaranmatematikahendaknyabisamelengkapikekurangsesuaianpenyajianbaikdalampendekataninduktifmaupundalampendekatandeduktif.