Meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi segi empat melalui pembelajaran matematika realistik di kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang / Ayum Tridiana
Main Author: | Ayum Tridiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15098/ |
Daftar Isi:
- PembelajaranMatematikaRealistik(PMR)merupakanteoribelajarmengajardalampendidikanmatematika.TeoriPMRpertamakalidiperkenalkandandikembangkandiBelandapadatahun1970olehInstitutFreudenthal.TeoriinimengacupadapendapatFreudenthalyangmengatakanbahwamatematikaharusdikaitkandenganrealitadanmatematikamerupakanaktivitasmanusia.Iniberartimatematikaharusdekatdengananakdanrelevandengankehidupannyatasehari-hari.OlehkarenaitupenelititertarikuntukmenerapkanPMRpadatopiksegiempatyangdiajarkandikelasVIICSMPKFrateranCelaket21Malang.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui1)menghasilkanrancanganPembelajaranMatematikaRealistikpadamaterisegiempatuntukmeningkatkanprestasisiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21Malang2)meningkatkanpartisipasisiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21MalangdenganPembelajaranMatematikaRealistikdan3)meningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21MalangdenganPembelajaranMatematikaRealistikPenelitianinidilakukandiSMPKFrateranCelaket21Malangpadatanggal14Maret2007sampaidengantanggal30April2007.Penelitianinidilakukandalamduatahapyaitutahappratindakandantahaptindakan.Tahaptindakanpadapenelitianiniterdiridarilimatahapanyaitu1)perencanaan2)pelaksanaantindakan3)observasi4)analisisdatadan5)refleksi.Analisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahanalisisdatakualitatifdankuantitatif.Analisisdatakualitatifmeliputi1)reduksidata2)penyajiandatadan3)penarikankesimpulansedangkananalisisdatakuantitatifmenggunakananalisispersentase.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanprestasibelajarmatematikasetelahmendapatkanpembelajaransegiempatdenganmenggunakanPembelajaranMatematikaRealistik.Peningkataninidapatdilihatdaripartisipasisiswadalamkegiatanpembelajarandanhasilbelajarsiswayangditunjukkandenganskortessiswa.BerdasarkanhasilpenelitianiniPMRlayakdipertimbangkansebagaialternatifpembelajaranpadatopiksegiempat.