Meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi segi empat melalui pembelajaran matematika realistik di kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang / Ayum Tridiana

Main Author: Ayum Tridiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15098/
Daftar Isi:
  • PembelajaranMatematikaRealistik(PMR)merupakanteoribelajarmengajardalampendidikanmatematika.TeoriPMRpertamakalidiperkenalkandandikembangkandiBelandapadatahun1970olehInstitutFreudenthal.TeoriinimengacupadapendapatFreudenthalyangmengatakanbahwamatematikaharusdikaitkandenganrealitadanmatematikamerupakanaktivitasmanusia.Iniberartimatematikaharusdekatdengananakdanrelevandengankehidupannyatasehari-hari.OlehkarenaitupenelititertarikuntukmenerapkanPMRpadatopiksegiempatyangdiajarkandikelasVIICSMPKFrateranCelaket21Malang.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui1)menghasilkanrancanganPembelajaranMatematikaRealistikpadamaterisegiempatuntukmeningkatkanprestasisiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21Malang2)meningkatkanpartisipasisiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21MalangdenganPembelajaranMatematikaRealistikdan3)meningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21MalangdenganPembelajaranMatematikaRealistikPenelitianinidilakukandiSMPKFrateranCelaket21Malangpadatanggal14Maret2007sampaidengantanggal30April2007.Penelitianinidilakukandalamduatahapyaitutahappratindakandantahaptindakan.Tahaptindakanpadapenelitianiniterdiridarilimatahapanyaitu1)perencanaan2)pelaksanaantindakan3)observasi4)analisisdatadan5)refleksi.Analisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahanalisisdatakualitatifdankuantitatif.Analisisdatakualitatifmeliputi1)reduksidata2)penyajiandatadan3)penarikankesimpulansedangkananalisisdatakuantitatifmenggunakananalisispersentase.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanprestasibelajarmatematikasetelahmendapatkanpembelajaransegiempatdenganmenggunakanPembelajaranMatematikaRealistik.Peningkataninidapatdilihatdaripartisipasisiswadalamkegiatanpembelajarandanhasilbelajarsiswayangditunjukkandenganskortessiswa.BerdasarkanhasilpenelitianiniPMRlayakdipertimbangkansebagaialternatifpembelajaranpadatopiksegiempat.