Pembelajaran lingkaran dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar / Erfin Mu'adibah

Main Author: Erfin Mu'adibah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/15093/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilobservasiawaldanwawancaradengangurumatematikakelasVIII-EMTsNJambewangiSelopuroBlitardiperolehinformasibahwasiswakesulitandalammemahamimaterilingkaran.Selamainidalampelaksanaannyagurumenerapkanpembelajarankonvensional.Siswapasifpadasaatpembelajaranberlangsungdansedikitsekaliaktivitasyangdilakukan.Olehkarenaitudiperlukanadanyainovasipembelajaran.Inovasipembelajarandilakukandenganpendekatanrealistik.Denganpendekataninidiharapkandapatmeningkatkanpemahamankonsepdanaktivitassiswadalampembelajaranlingkaran.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.Penelitianiniterdiridari3tindakanmasing-masingterdiridarisatusiklus.Setiapakhirtindakandilakukanwawancarauntukmengetahuipemahamansiswaterhadapmateri.Subjekwawancaraadalah4siswayangterdiridari1siswaberkemampuantinggi2siswaberkemampuansedangdan1siswaberkemampuanrendah.Pemilihansubjekwawancarainiberdasarkanhasilnilaiulanganpadamaterisebelumnyadandarihasilpertimbangangurumatematika.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniyaitumelaluiteswawancaraobservasilangsungcatatanlapanganangketdandokumentasi.SedangkanteknikanalisisdatauntukdataberupabilangandianalisisdenganmenggunakananalisisprosentasesedangkanuntukdatakualitatifdianalisissesuaidenganmodelMillesdanHubermanyangmeliputi3tahapyaitu(1)reduksidata(2)menyajikandatadan(3)menarikkesimpulan.Pembelajaranrealistikyangdapatmeningkatkanaktivitasdanpemahamansiswapadamaterilingkaraniniterdiridari3tahapyaitutahapawalintidantahapakhir.Padatahapintidibagimenjadi4langkahyangsesuaidenganprinsipdankarakteristikdarimatematikarealistikyaitu(1)memahamimasalahkontekstual(2)mendeskripsikandanmenyelesaikanmasalahkontekstual(3)membandingkandanmendiskusikanhasiltemuandan(4)menyimpulkan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaadanyapeningkatanaktivitasdanpemahamankonsepsiswadenganditerapkannyapembelajaranmatematikarealistik.Peningkatanaktivitasdilihatdarianalisishasilpengamatandancatatanlapanganselamaprosespembelajarandandiperolehhasilbahwaaktivitassiswasemakinmeningkatdansemakinoptimalsesuaidenganrencana.Selainaktivitaspeningkatanpemahamanjugadapatdilihatdariprosentaseketuntasanbelajarsiswarata-ratakelashasilwawancaradanjugacatatanlapanganpadamasing-masingtindakan.Responsiswaterhadappembelajaranrealistikpadamaterilingkarandalampenelitianinisangatbaik.Halinidapatdilihatdarihasilanalisisangketresponsiswa.