Pembelajaran lingkaran dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar / Erfin Mu'adibah
Main Author: | Erfin Mu'adibah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15093/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilobservasiawaldanwawancaradengangurumatematikakelasVIII-EMTsNJambewangiSelopuroBlitardiperolehinformasibahwasiswakesulitandalammemahamimaterilingkaran.Selamainidalampelaksanaannyagurumenerapkanpembelajarankonvensional.Siswapasifpadasaatpembelajaranberlangsungdansedikitsekaliaktivitasyangdilakukan.Olehkarenaitudiperlukanadanyainovasipembelajaran.Inovasipembelajarandilakukandenganpendekatanrealistik.Denganpendekataninidiharapkandapatmeningkatkanpemahamankonsepdanaktivitassiswadalampembelajaranlingkaran.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.Penelitianiniterdiridari3tindakanmasing-masingterdiridarisatusiklus.Setiapakhirtindakandilakukanwawancarauntukmengetahuipemahamansiswaterhadapmateri.Subjekwawancaraadalah4siswayangterdiridari1siswaberkemampuantinggi2siswaberkemampuansedangdan1siswaberkemampuanrendah.Pemilihansubjekwawancarainiberdasarkanhasilnilaiulanganpadamaterisebelumnyadandarihasilpertimbangangurumatematika.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniyaitumelaluiteswawancaraobservasilangsungcatatanlapanganangketdandokumentasi.SedangkanteknikanalisisdatauntukdataberupabilangandianalisisdenganmenggunakananalisisprosentasesedangkanuntukdatakualitatifdianalisissesuaidenganmodelMillesdanHubermanyangmeliputi3tahapyaitu(1)reduksidata(2)menyajikandatadan(3)menarikkesimpulan.Pembelajaranrealistikyangdapatmeningkatkanaktivitasdanpemahamansiswapadamaterilingkaraniniterdiridari3tahapyaitutahapawalintidantahapakhir.Padatahapintidibagimenjadi4langkahyangsesuaidenganprinsipdankarakteristikdarimatematikarealistikyaitu(1)memahamimasalahkontekstual(2)mendeskripsikandanmenyelesaikanmasalahkontekstual(3)membandingkandanmendiskusikanhasiltemuandan(4)menyimpulkan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaadanyapeningkatanaktivitasdanpemahamankonsepsiswadenganditerapkannyapembelajaranmatematikarealistik.Peningkatanaktivitasdilihatdarianalisishasilpengamatandancatatanlapanganselamaprosespembelajarandandiperolehhasilbahwaaktivitassiswasemakinmeningkatdansemakinoptimalsesuaidenganrencana.Selainaktivitaspeningkatanpemahamanjugadapatdilihatdariprosentaseketuntasanbelajarsiswarata-ratakelashasilwawancaradanjugacatatanlapanganpadamasing-masingtindakan.Responsiswaterhadappembelajaranrealistikpadamaterilingkarandalampenelitianinisangatbaik.Halinidapatdilihatdarihasilanalisisangketresponsiswa.