Media interaktif materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar untuk kelas IV SD / Mutia Fatmawati

Main Author: Mutia Fatmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2007
Online Access: http://repository.um.ac.id/15089/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFatmawatiMutia.2007.MediaInteraktifMateriKelipatanPersekutuanTerkecildanFaktorPersekutuanTerbesaruntukkelasIVSD.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I).Dra.SusyKuspambudiAM.Kom.(II).Dra.TriHapsariUM.Pd.KatakunciMediaInteraktifKelipatanPersekutuanTerkecilFaktorPersekutuanTerbesarDewasainikeberadaankomputeryangmerupakansalahsatuhasilinovasiperkembanganteknologiberkembangcukuppesat.DalamduniapendidikansepertipendidikanmatematikapemanfaatankomputerdikenaldenganistilahPBK(PembelajaranBerbantuanKomputer)atauCAI(ComputerAssistedInstruction).SalahsatucabangilmumatematikaadalahTeoriBilanganyangmemuatpokokbahasanKPK(KelipatanPersekutuanTerkecil)danFPB(FaktorPersekutuanTerbesar)dari2atau3bilanganbulat.Untukmemperjelasgambarankonseptersebutkepadasiswamakadalampembelajarannyamelaluimediapembelajaranberbantuankomputersebaiknyadimulaidenganpengenalanmasalahyangsesuaidengansituasinyata(contextualproblem).MediapembelajaranuntukkonsepKPKdanFPBdisusundenganmengacupadakurikulum2006yaituKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yangmemuatpembelajaranmatematikamelaluipendekatankontekstual.Selainituformatpenyajiankonsepnyaberupaformattutorialdandrillandpractice.Halinibertujuanagarsiswasecarabertahapdapatmengembangkankemampuanberfikirnyasertamemantapkanpemahamankonsepnya.DalampembuatanmediapembelajaraninidigunakansoftwareanimasiyangberupaMacromediaFlashMX2004.Daripembuatanmediapembelajaraninidihasilkanmediapembelajaranyangdidesainuntukpembelajaranindividusehinggasiswaakanlebihmudahmenggunakansendiritanpabimbinganguru.Selainitumediapembelajarandisajikandalam3bagianyaitumatericontohsoaldansoal.Setelahdilakukanevaluasidananalisishasilmediapembelajarantersebutdiperolehkesimpulanbahwasecarakeseluruhansemuarespondenbersikappositifterhadapmediaini.