Penyusunan perangkat pembelajaran matematika konsep pecahan di kelas V sekolah dasar berdasarkan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) / Wahyu Prastyowati
Main Author: | Wahyu Prastyowati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15088/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPrastyowatiWahyu.2006.PenyusunanPerangkatPembelajaranMatematikaKonsepPecahandiKelasVSekolahDasarberdasarkanpendekatanPembelajaranMatematikaRealistik(PMR).SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Drs.EdyBambangIrawanM.Pd.(II)DarmawanSatyananda.S.TM.TKatakunciPerangkatpembelajaranPembelajaranMatematikaRealistik(PMR)PecahanGurudansiswaadalahduafaktorpentingdalammenentukankeberhasilankegiatanpembelajarandikelas.Dalamkegiatanpembelajaranmatematikaguruseharusnyamemilikiprofesionalismedalammemilihdanmenerapkanmetodepembelajaranyangtepatmemilihpendekatanpembelajaranyangsesuaidenganmateripembelajaransertamampumelibatkansiswaberpartisipasisecaraaktifdankreatifdalampembelajaran.Kenyataanmenunjukkanmasihbanyakgurumengalamikesulitandalamprosespembelajaran.Kesulitan-kesulitantersebutdiantaranyamerancangkegiatanpembelajaranmemilihpendekatanyangtepatsertamenyesuaikanmateridengankehidupansehari-harisiswa.SalahsatupendekatanyangdipertimbangkandanditetapkandalampenulisanskripsiiniadalahpendekatanPMR(PembelajaranMatematikaRealistik).PMRadalahpendekatanpembelajaranmatematikayangmendorongsiswauntukmengkonstruksisendiripengetahuannyadalammenyelesaikanmasalahrealistikbagimereka.Perangkatpembelajaranpadaskripsiiniberupasilabusrencanapembelajaranlembarkegiatansiswalembarpenilaian.Langkah-langkahdalammenyusunperangkatpembelajaraniniadalah1)melihatkurikulumyangberlakusesuaidenganmatapelajarandansatuanpendidikan2)menyusunsilabusberdasarkankoomponen-komponenpadakurikulum3)menyusunrencanapembelajaranberdasarkanpendekatanPMRyangterdiridaritigatahapyaitu1)tahapawalprinsipPMRyangdigunakanadalahtheuseofcontextdanintertwining2)tahappenelusuranprinsipPMRyangdigunakanadalahinteractifyselfdevelopmodelsstructuringandintertwining3)tahapakhirprinsipPMRyangdigunakandalamtahapiniadalahsocialcontextandinteractionreflectionandspecialassignment4)menyusunlembarkegiatansiswayangakandikerjakanolehsiswasecaraberkelompok.5)menyusunlembarpenilaianyangberisisoal-soalrealistik.Halyangperludiperhatikandalammenerapkanperangkatpembelajaraniniialahguruperlumelakukanvalidasipadaahliuntukmengetahuikelayakandariperangkatpembelajaraniniguruharusmenelitikesesuaianperangkatpembelajaraninidenganmateriperkaliandanpembagianpecahanguruharusbenar-benarmenguasaimateriperkaliandanpembagianpecahan