Penyusunan perangkat pembelajaran matematika konsep pecahan di kelas V sekolah dasar berdasarkan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) / Wahyu Prastyowati

Main Author: Wahyu Prastyowati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/15088/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrastyowatiWahyu.2006.PenyusunanPerangkatPembelajaranMatematikaKonsepPecahandiKelasVSekolahDasarberdasarkanpendekatanPembelajaranMatematikaRealistik(PMR).SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Drs.EdyBambangIrawanM.Pd.(II)DarmawanSatyananda.S.TM.TKatakunciPerangkatpembelajaranPembelajaranMatematikaRealistik(PMR)PecahanGurudansiswaadalahduafaktorpentingdalammenentukankeberhasilankegiatanpembelajarandikelas.Dalamkegiatanpembelajaranmatematikaguruseharusnyamemilikiprofesionalismedalammemilihdanmenerapkanmetodepembelajaranyangtepatmemilihpendekatanpembelajaranyangsesuaidenganmateripembelajaransertamampumelibatkansiswaberpartisipasisecaraaktifdankreatifdalampembelajaran.Kenyataanmenunjukkanmasihbanyakgurumengalamikesulitandalamprosespembelajaran.Kesulitan-kesulitantersebutdiantaranyamerancangkegiatanpembelajaranmemilihpendekatanyangtepatsertamenyesuaikanmateridengankehidupansehari-harisiswa.SalahsatupendekatanyangdipertimbangkandanditetapkandalampenulisanskripsiiniadalahpendekatanPMR(PembelajaranMatematikaRealistik).PMRadalahpendekatanpembelajaranmatematikayangmendorongsiswauntukmengkonstruksisendiripengetahuannyadalammenyelesaikanmasalahrealistikbagimereka.Perangkatpembelajaranpadaskripsiiniberupasilabusrencanapembelajaranlembarkegiatansiswalembarpenilaian.Langkah-langkahdalammenyusunperangkatpembelajaraniniadalah1)melihatkurikulumyangberlakusesuaidenganmatapelajarandansatuanpendidikan2)menyusunsilabusberdasarkankoomponen-komponenpadakurikulum3)menyusunrencanapembelajaranberdasarkanpendekatanPMRyangterdiridaritigatahapyaitu1)tahapawalprinsipPMRyangdigunakanadalahtheuseofcontextdanintertwining2)tahappenelusuranprinsipPMRyangdigunakanadalahinteractifyselfdevelopmodelsstructuringandintertwining3)tahapakhirprinsipPMRyangdigunakandalamtahapiniadalahsocialcontextandinteractionreflectionandspecialassignment4)menyusunlembarkegiatansiswayangakandikerjakanolehsiswasecaraberkelompok.5)menyusunlembarpenilaianyangberisisoal-soalrealistik.Halyangperludiperhatikandalammenerapkanperangkatpembelajaraniniialahguruperlumelakukanvalidasipadaahliuntukmengetahuikelayakandariperangkatpembelajaraniniguruharusmenelitikesesuaianperangkatpembelajaraninidenganmateriperkaliandanpembagianpecahanguruharusbenar-benarmenguasaimateriperkaliandanpembagianpecahan