pengaruh electronic word of mouth terhadap repurchase intention melalui brand awareness produk sepatu ventela (studi kasus pada konsumen ventela malang) / ikbar perdana krishna putra
Main Author: | Putra, Ikbar Perdana Krishna Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/149643/ |
Daftar Isi:
- SepatulokalmulaidigemarimasyarakatIndonesiakarenabanyaknyainfluenceryangmulaimelakukankegiatansosialisasitentangsepatulokalditambahdenganadanyaPresidenJokoWidodoyangterlihatmemakaisepatulokaldalamacaraWetheFestdiJakarta.HendriDermawanPutraselakufounderRafheoofootwearmengatakanbahwaprodukluaryangterkenaljugadiproduksidiIndonesiaolehkarenaitukualitassepatulokaldengansepatuprodukluarmirip.Melihatantusiasdarimasyarakatterhadapsepatulokalmembuatmereksepatulokalbarumulaimunculsehinggapersaingandiantaramereksepatulokalsemakinketat.SalahsatumereksepatulokalyangterlarisyaituVentelayangmanamerekadikenalluasmelaluielectronicwordofmoutholehkonsumenVentela.Electronicwordofmouthdiharapkandapatmenjadialternatifbagiperusahaanuntukmeningkatkanbrandawarenessdanrepurchaseintention.Penelitianiniadalahpenilitiankuantitatifdenganmenggunakandesainpenilitiandeskriptifdaneksplanatori.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahE-Wom(X)danvariabelterikatadalahRepurchaseIntention(X)sedangkanuntukvariabelmediasiadalahBrandAwareness(Z).PopulasiyangdiambildalampenelitianiniadalahfollowersInstagramVentelaMalang.Sampelyangdiambildalampenelitianinisebanyak200respondenyangdihitungmenggunakanpernyataanHairetal.Kemudianujikelayakaninstrumenmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknikanalisismenggunakananalisisstatistikdeskriptifdananalisisjalur(pathanalysis).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwae-womterhadaprepurchaseintentionkemudianbrandawarenessterhadaprepurchaseintentionlalue-womterhadapbrandawarenessdane-womterhadaprepurchaseintentionmelaluibrandawarenessbepengaruhpositifdansignifikan.Perusahaandiharapkanuntukbisaterusmeningkatkanbrandawarenesssepertimulaimembukastoreresmidibeberapakotadanterusberinovasimengenaidesaindankemasandariproduk.BerdasarkannilaiyangdiperolehdariefekmediasivariabelbrandawarenessdapatberkontribusidalammembentukrepurchaseintentionpadakonsumenVentelaMalang.MenuruthasilpenelitanyangtelahdilakukanrepurchaseintentionkonsumenVentelaMalangakanmeningkatjikabrandawarenessditerapkansebagaimediator.Sedangkanbagipenelitiselanjutnyadiharapkanmelakukanpenelitiansecaraluasdenganmempertimbangkanvariabel-variabellainnyayangmempengaruhirepurchaseintention.