pengaruh electronic word of mouth terhadap repurchase intention melalui brand awareness produk sepatu ventela (studi kasus pada konsumen ventela malang) / ikbar perdana krishna putra

Main Author: Putra, Ikbar Perdana Krishna Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/149643/
Daftar Isi:
  • SepatulokalmulaidigemarimasyarakatIndonesiakarenabanyaknyainfluenceryangmulaimelakukankegiatansosialisasitentangsepatulokalditambahdenganadanyaPresidenJokoWidodoyangterlihatmemakaisepatulokaldalamacaraWetheFestdiJakarta.HendriDermawanPutraselakufounderRafheoofootwearmengatakanbahwaprodukluaryangterkenaljugadiproduksidiIndonesiaolehkarenaitukualitassepatulokaldengansepatuprodukluarmirip.Melihatantusiasdarimasyarakatterhadapsepatulokalmembuatmereksepatulokalbarumulaimunculsehinggapersaingandiantaramereksepatulokalsemakinketat.SalahsatumereksepatulokalyangterlarisyaituVentelayangmanamerekadikenalluasmelaluielectronicwordofmoutholehkonsumenVentela.Electronicwordofmouthdiharapkandapatmenjadialternatifbagiperusahaanuntukmeningkatkanbrandawarenessdanrepurchaseintention.Penelitianiniadalahpenilitiankuantitatifdenganmenggunakandesainpenilitiandeskriptifdaneksplanatori.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahE-Wom(X)danvariabelterikatadalahRepurchaseIntention(X)sedangkanuntukvariabelmediasiadalahBrandAwareness(Z).PopulasiyangdiambildalampenelitianiniadalahfollowersInstagramVentelaMalang.Sampelyangdiambildalampenelitianinisebanyak200respondenyangdihitungmenggunakanpernyataanHairetal.Kemudianujikelayakaninstrumenmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknikanalisismenggunakananalisisstatistikdeskriptifdananalisisjalur(pathanalysis).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwae-womterhadaprepurchaseintentionkemudianbrandawarenessterhadaprepurchaseintentionlalue-womterhadapbrandawarenessdane-womterhadaprepurchaseintentionmelaluibrandawarenessbepengaruhpositifdansignifikan.Perusahaandiharapkanuntukbisaterusmeningkatkanbrandawarenesssepertimulaimembukastoreresmidibeberapakotadanterusberinovasimengenaidesaindankemasandariproduk.BerdasarkannilaiyangdiperolehdariefekmediasivariabelbrandawarenessdapatberkontribusidalammembentukrepurchaseintentionpadakonsumenVentelaMalang.MenuruthasilpenelitanyangtelahdilakukanrepurchaseintentionkonsumenVentelaMalangakanmeningkatjikabrandawarenessditerapkansebagaimediator.Sedangkanbagipenelitiselanjutnyadiharapkanmelakukanpenelitiansecaraluasdenganmempertimbangkanvariabel-variabellainnyayangmempengaruhirepurchaseintention.