Pengembangan buku panduan konseling kelompok rational emotive behaviour untuk mengurangi perilaku konsumerisme siswa / Erina Dwi Annisa

Main Author: Annisa, Erina Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/148210/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAnnisaErinaDwi.2020.PengembanganBukuPanduanKonselingKelompokRationalEmotiveBehaviourUntukMengurangiPerilakuKonsumerismeSiswa.SkripsiJurusanBimbingandanKonselingFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BlasiusBoliLasanM.Pd.(II)Dr.H.IM.HambaliM.Pd.KatakuncikonselingkelompokREBTperilakukonsumerismesiswaSMK.Remajamerupakanmasaperalihananakmenujudewasaremajaakanmencariidentitasdirisehinggaakanmudahdipengaruhiolehbanyakhal.Untukmengikutitrendremajacenderungberperilakukonsumerisme.Siswamenganggapbahwasuatubarangyangdiagunakanmemilikinilaiyangmampumengangkathargadirinyadanmemilikikebanggaansendirijikamemilikinya.Perilaku-perilakutersebutmerupakancerminandariperilakukonsumerisme.MakapemberianintervensidengantepatdilakukanuntukmengurangipermasalahanyangyangditimbulkansalahsatunyadenganmenggunakankonselingkelompokRationalEmotiveBehaviour.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanbukupanduankonselingkelompokRationalEmotiveBehaviouruntukmengurangiperilakukonsumerismesiswa.ModelpenelitianinidiadaptasidarimodelBorgandGallyaitu(1)Melakukanstudipendahuluan(2)Tahapperencanaanpenelitian(3)Tahappengembanganproduk(4)Tahapujicoba(5)Revisihasilujicoba.Instrumenpenelitianinimengembangkaninstrumenpenilaianujiahlidancalonpenggunayangdigunakansebagaiacuankelayakandankeberterimaanprodukini.Penelitianinimenggunakanteknikanalisisdatanumerikaldanverbal.HasildaripenelitiandanpengembanganiniyaknibukupanduankonselingkelompokRationalEmotiveBehaviouruntukmengurangiperilakukonsumerismesiswa.Padahasilujimateripresentasedarikelayakanprodukinisebesar78%padaujiahlimediapresentaseyangdidapatkansebesar98%.Setelahdilakukanperbaikandarisarandanmasukanolehujiahlikemudianprodukinidiujiolehcalonpengguna(konselor)danmendapatkanpresentasekelayakansebesar93%.Sehinggaprodukinitelahmemenuhikriteriaakseptabilitassertalayakuntukdigunakanolehkonselor.Sarandariadanyapenelitianiniyakni1)bagikonselorkonselorhendaknyamempelajaridanmemahamiprosedursecaradetailagartujuandapatterpenuhidenganoptimal2)bagipenelitiselanjutnyapengembanganpanduaninihanyasampaipadatahapujiahlidancalonpenggunasehinggadapatdilanjutkanolehpenelitiselanjutnyadenganmenggunakanpenelitiankuantitatifeskperimenuntukmengetahuipenerapankonselingkelompokRationalEmotiveBehaviouruntukmengurangiperilakukonsumerismesiswa.