pemanfaatan monumen trisula di bakung kabupaten blitar sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas x tkj 2 smk negeri 1 bakung / diky febrianto
Main Author: | Febrianto, Diky Febrianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/148118/ |
Daftar Isi:
- FebriantoDiky2021.PemanfaatanMonumenTrisulaDiBakungKabupatenBlitarsebagaiSumberBelajarSejarahSiswaKelasXTKJ2SMKNegeri1Bakung.SkripsiJurusanSejarahFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.RRezaHudiyantoS.S.M.Hum(II)RonalRidhoiS.HumM.A.KataKuncipemanfaatanMonumenTrisulasumberbelajarPenelitianinididasariolehperlunyapenggunaansumberbelajarinovatifdalampembelajaransejarahyangmampumemberikanpengetahuansejarahyangmaksimalkepadasiswa.MonumenTrisulamerupakanmonumenbersejarahdariABRIKODAMVIII/BrawijayadalampelaksanaanOperasiTrisulatahun1968yangdidirikandiDesaBakungKecamatanBakungKabupatenBlitar.Dalammonumeninimempunyaipotensisejarahyangmampuuntukmenjadisumberbelajarsejarahbagisiswa.PenelitianinibertujuanuntukmenjadikanMonumenTrisulasebagaisumberbelajarsejarahbagisiswakelasXTKJ2SMKNegeri1Bakung.HalinidikarenakanmuatansejarahdarimonumeninirelevandenganmaterisejarahsiswadanjugadapatmenanamkanpengetahuansejarahsiswatentangsejarahperjuangandaribangsaIndonesia.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Prosedurpengumpulandatadalampenelitianinimeliputiobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanmeliputireduksidatapenyajiandatadanverifikasidata.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaMonumenTrisulamemilikipotensisejarahyangdapatdigunakansebagaisumberbelajarsejarahsiswa.Halinibisadilihatdarisejarahpendirianmonumenmaknasejarahdaristrukturbangunanmonumendanadanyarelevansiantaramaterisejarahyangtermuatdalammonumendenganmaterisejarahpadayangdiajarkandikelas.SelainitupenelitianinijugamenunjukkanbahwadalampemanfaatanMonumenTrisulasebagaisumberbelajarsejarahsiswatelahmampudimanfaatkansebagaisumberbelajarsejarahdenganbaik.Haliniterbuktidarihasilpengamatankegiatansiswadanevaluasipembelajaransiswayangtelahmencapaikriteriabaik.