Pengembangan digital learning geografi berbasis learning management system moodle pada materi dinamika kependudukan kelas xi sma / Aulia Arifka

Main Author: Arifka, Aulia Arifka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/148085/
Daftar Isi:
  • Dewasainipesertadidikberadadierayangsemakinterbukapadateknologi.Eratersebutmembawadampakpadasuatuperubahandalamprosespendidikanyangdikaitkandenganteknologidigitalatauyangbiasadisebutdenganpembelajarandigital/digitallearning.Pembelajarandigitaldapatmerubahprosesbelajarmengajaryangidentikdenganpertemuanantaragurudansiswadalamsuatukelasmenjadipembelajarantanpaharusbertatapmukasecaralangsung.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmenghasilkansebuahplatformpembelajarandigitalberbasisLearningManagementSystemMoodlepadamateridinamikakependudukan.LokasipenelitianinidiSMAN1Purwosari.JenispenelitianiniadalahpenelitianpengembanganyangmenggunakanmodelpenelitianADDIE.ModelADDIEterdiridari5tahapyangterdiridari(1)Analysismelakukananalisiskurikulumdananalisiskebutuhanpesertadidik.(2)Designmerancangdesainprodukwebsite.(3)Developmentmembuatprodukwebsitesesuaidesain.(4)Implementationpenelitimelakukanujicobaprodukpadavalidatordansubjekpenelitian.(5)Evaluationmelakukananalisishasilujicobaproduk.Setelahdilakukanpenelitianhasilmenunjukkanbahwapersentasetingkatkelayakanproduksebesar89persenyangartinyaprodukwebsitesangatlayakdigunakandalampembelajaran.Sedangkanhasiltespemahamanpesertadidikpadarentangnilai76-100memperolehpersentasesebesar82persen.Hasiltersebutmenunjukkanbahwapesertadidikmemilikitingkatpemahamansangattinggisetelahmenggunakanproduk.