Pengembangan digital learning geografi berbasis learning management system moodle pada materi dinamika kependudukan kelas xi sma / Aulia Arifka
Main Author: | Arifka, Aulia Arifka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/148085/ |
Daftar Isi:
- Dewasainipesertadidikberadadierayangsemakinterbukapadateknologi.Eratersebutmembawadampakpadasuatuperubahandalamprosespendidikanyangdikaitkandenganteknologidigitalatauyangbiasadisebutdenganpembelajarandigital/digitallearning.Pembelajarandigitaldapatmerubahprosesbelajarmengajaryangidentikdenganpertemuanantaragurudansiswadalamsuatukelasmenjadipembelajarantanpaharusbertatapmukasecaralangsung.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmenghasilkansebuahplatformpembelajarandigitalberbasisLearningManagementSystemMoodlepadamateridinamikakependudukan.LokasipenelitianinidiSMAN1Purwosari.JenispenelitianiniadalahpenelitianpengembanganyangmenggunakanmodelpenelitianADDIE.ModelADDIEterdiridari5tahapyangterdiridari(1)Analysismelakukananalisiskurikulumdananalisiskebutuhanpesertadidik.(2)Designmerancangdesainprodukwebsite.(3)Developmentmembuatprodukwebsitesesuaidesain.(4)Implementationpenelitimelakukanujicobaprodukpadavalidatordansubjekpenelitian.(5)Evaluationmelakukananalisishasilujicobaproduk.Setelahdilakukanpenelitianhasilmenunjukkanbahwapersentasetingkatkelayakanproduksebesar89persenyangartinyaprodukwebsitesangatlayakdigunakandalampembelajaran.Sedangkanhasiltespemahamanpesertadidikpadarentangnilai76-100memperolehpersentasesebesar82persen.Hasiltersebutmenunjukkanbahwapesertadidikmemilikitingkatpemahamansangattinggisetelahmenggunakanproduk.