Perancangan city profile objek wisata Kota Pontianak berbasis fotografi / Dimas Rizki Ramadhan

Main Author: Ramadhan, Dimas Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/14766/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRamadhanDimasRizki.2017.PerancanganCityProfileObjekWisataKotaPontianakBerbasisFotografi.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I).Drs.SugiyonoArdjakaM.ScPh.DKataKunciPerancanganCityProfileObjekWisataKotaPontianakFotografiKotaPontianakdikenaldengansebutankotaKhatulistiwa.HaliniditandaidengankeberadaanTuguKhatulistiwayangmemilikikeistimewaandimanagarisKhatulistiwahanyamelewati13NegaradiduniasalahsatunyaadalahPontianakKalimantanBarat.NamunkebanyakanwisatawanhanyamengenalobjekwisatadiKotaPontianakhanyasebatasTuguKhatulistiwasedangkanmasihbanyakobjek-objekwisatayangberpotensidiKotaPontianak.SalahsatunyapeninggalanbersejarahdaripendiriKotaPontianakyaituSultanSyarifAbdurrahmanyangberupaMasjidJamiSultanSyarifAbdurrahmandanKeratonKadriyah.SelainituadanyabeberapaobjekbarudanbangunanlamayangtelahdirenovasisepertiRumahBetangRadakngMasjidMujahidindanGerejaKatedralSantoYosephbisamenjadidayatariktersendiribagiparawisatawan.FestivalbudayajugaseringdiselenggarakansetiaptahunsepertiFestivalMeriamKarbitdanPerayaanCapGoMeh.Minimnyainformasisertabelumadanyamediakomunikasivisualyangmembahassecaramendalammengenaisejarahdankeberadaanbeberapaobjekwisatatersebutberimbaspadaminimnyawisatawanyangberkunjung.Makaperlukiranyadiciptakanmediakomunikasivisualberupabukuesaifotografiyangmemilikikekuatandalammemvisualisasikansesuatulebihkongkritdanakuratsehinggatujuanperancangandapattercapai.Modelperancanganyangdigunakanadalahproceduraldenganbentukpenelitiankualitatifyaitumodelyangbersifatdeskriptif.Modelperancanganinimenjelaskantahapanyangdilaluidalamprosesperancanganmediakomunikasivisual.Tahapantersebutmeliputikegiatanidentifikasimasalahanalisisdatasintesasertapengumpulandataperencanaanmediaperencanaankreatifkonsepkreatifperancangantatadesaindandesainfinal.PerancanganinimenghasilkanmediautamaberupabukuesaifotografiyangberjudulPontianakKotaBersinarbesertamediapelengkapsepertiT-shirtpetaperjalananmaupunmedialaunchingsepertiposterdanx-banner.BukuinidiharapkanmenjadimediakomunikasivisualyangefektifuntukmempengaruhitargetaudienceuntukturutsertamenjagadanmelestarikansejarahmaupuncagarbudayasepertiobjekwisatamaupunbudayadiKotaPontianak.