Perancangan video promosi wisata Air Terjun Madakaripura Kabupaten Probolinggo / Hardinald Akhmad Rakhman

Main Author: Rakhman, Hardinald Akhmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/14748/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRakhmanHardinaldAkhmad.2016.PerancanganVideoPromosiWisataAirTerjunMadakaripuraKabupatenProbolinggoUntukMeningkatkanJumlahWisatawan.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MoeljadiPranataM.Pd.KatakunciPerancanganVideoPromosiAirTerjunMadakaripuraMeningkatkanJumlahWisatawanAirTerjunMadakaripuraadalahtempatwisataekstrimyangterletakdiKecamatanLumbangProbolinggo.AirterjuniniadalahsalahsatuairterjundikawasanTamanNasionalBromoTenggerSemeru.Airterjunsetinggisekitar200meterinimerupakanairterjuntertinggidiPulauJawadantertinggikeduadiIndonesia.PerancanganVideoPromosiWisataAirTerjunMadakaripuraKabupatenProbolinggountukMeningkatkanJumlahWisatawaninimenggunakanmodel4Dlangkah-langkahmodeliniadalahdefinedatadesigndandisseminate.Model4Dmerupakansalahsatumodelperancanganprosedural.Modeltersebutmenggambarkantahapanlangkah-langkahkerjasecaraprosedural.Padatahapdefinedilakukanpenetapandanbatasanperancangan.Padatahapdatadilakukaneksplorasidatareferensidanlapanganuntukdianalisissintesisupayainisebagaidasarpenentuankonsepperancangan.Padatahapdesigndilakukanperancanganmediapromosiberdasarkankonsepyangtelahditentukan.Padatahapdisseminatedilakukankegiatanpameranhasilperancangandanpenulisanartikeluntukjurnalilmiah.berjudulPerancanganVideoPromosiWisataAirTerjunMadakaripuraKabupatenProbolinggoUntukMeningkatkanJumlahWisatawanmenghasilkan2produkyakniVideoPerikalananberkonsepAdventuredanVideoPerikalananberkonsepNarrative.Denganspesifikasimasing-masingVideoformatvideo1920x1080pixelberdurasi227menitdan129menit.SoftwareyangdigunakanAdobePremiereCCPro.VideodapatdiaksesdichannelyoutubeTreeDWL.Sertalimaprodukpendukungyaknibrosurposterx-bannerkaosdansticker.Berdasarkanhasilperancangandapatdisimpulkanbahwasebelummerancangmediapromosidiperlukanresearchsebagaisumberdatadalamperancangan.Researchyangdilakukanterkaitdenganpermasalahanyangingindiselesaikandantargetaudience/calonwisawatan.Denganmelakukanresearchmemudahkankitadalammembuatperancanganuntukmenyelesaikanpermasalahanyangada.PerancanganinitelahditampilkanpadamediasosialyangdimilikiTreeDWLdanmendapatkanapresiasiyangbaikdariaudience.Mediainisebaiknyaditunjukankepadamasyarkatsebagaimediapromosi.