Perancangan county profile wisata religi Gunung Kawi / Hari Prasetyo

Main Author: Prasetyo, Hari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/14733/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrasetyoHari.2009.PerancanganCountyProfileWisataReligiGunungKawiSebagaiMediaPromosi.SkripsiProgramStudiDesainKomunikasiVisualJurusanSenidanDesainFakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PujiyantoM.Sn.KataKunciPerancanganCountyProfileGunungKawi.Pariwisatayangberkembangcukuppesatmendorongterjadinyaperubahandidalamsuatumasyarakatterutamadalambidangekonomi.SepertihalnyaberbagaimasyarakatdiseluruhduniayangberubahkarenaadanyapariwisatademikianpulamasyarakatdisekitarKawasanWisataZiarahPasareanGunungKawi.Kawasaninitelahramaisejaktahun1960-antidakmengherankanjikakawasaninitelahberkembangmenjadisalahsatuobjekwisataziarahyangterkenaldiIndonesia.PasareanGunungKawiadalahtempatpemakamanbagiduatokohkharismatisyanghinggasaatinimasihtetapdiziarahibahkanpadasaat-saattertenturibuanorangberziarahketempatini.DipasareantersebutdimakamkantokohyangberasaldarikeratonMataramabadke-19yakniKanjengKyaiZakariaIIdanRadenMasImanSoedjono.SebagaiusahauntuklebihmengenalkanpotensiwisatayangdimilikinyakepadamasyarakatluasYayasanNgestiGondosebagaipengelolawisataReligiGunungKawimembutuhkanmediaterpaduyangmampumempromosikankawasanwisataReligiGunungKawi.DalamhaliniYayasanNgestiGondoselakupengelolaWisataReligiGunungKawimenginginkansebuahCountyProfile.TujuanperancanganiniadalahuntukmenciptakansebuahcountyprofileyangmenarikdanefektifbagitargetaudiencesebagaialatuntukmempromosikanwisatareligiGunungKawi.Mediadibuatdenganilustrasidandesainyangmenarikbagitargetaudiencedengantidakmelupakanunsurkomunikatifdanpersuasif.sehinggawisatareligiGunungKawidikenalsebagaisebuahtujuanwisatareligiyangdikenalolehmasyarakatluas.ModelperancanganyangdigunakandalamperancanganCountyProfilewisatareligiGunungKawiiniadalahmodelperancanganproseduralyaitumodelyangbersifatdeskriptifdimanamenggariskanlangkah-langkahyangharusdiikutiuntukmenghasilkansebuahproduk.Modelperancangandeskriptifdiawalidaripenulisanlatarbelakangperumusanmasalahdanpengidentifikasiantujuandilanjutkandenganpengumpulandataterdiridaridatakliendengancaraobservasidokumentasiwawancara.Datayangdidapatkemudiandianalisisdanakhirnyamenjadikonsepdariperancangan.PerancanganMediaterdiridariiklansuratkabarposterhorizontalbannerverticalbannerkartuposstickerX-bannermugbannerselamatdatangsignsystembrosurkalenderdanpembatasbuku.BeberapasaranyangdapatdiberikanpadaYayasanNgestiGondoselakuyayasanpengelolawisatareligiGunungKawiadalahdiharapkandapatmeneruskankegiatanpromosinyaagardapatmencapaivisidanmisiyangdimiliki.