Perancangan county profile wisata religi Gunung Kawi / Hari Prasetyo
Main Author: | Prasetyo, Hari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/14733/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPrasetyoHari.2009.PerancanganCountyProfileWisataReligiGunungKawiSebagaiMediaPromosi.SkripsiProgramStudiDesainKomunikasiVisualJurusanSenidanDesainFakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PujiyantoM.Sn.KataKunciPerancanganCountyProfileGunungKawi.Pariwisatayangberkembangcukuppesatmendorongterjadinyaperubahandidalamsuatumasyarakatterutamadalambidangekonomi.SepertihalnyaberbagaimasyarakatdiseluruhduniayangberubahkarenaadanyapariwisatademikianpulamasyarakatdisekitarKawasanWisataZiarahPasareanGunungKawi.Kawasaninitelahramaisejaktahun1960-antidakmengherankanjikakawasaninitelahberkembangmenjadisalahsatuobjekwisataziarahyangterkenaldiIndonesia.PasareanGunungKawiadalahtempatpemakamanbagiduatokohkharismatisyanghinggasaatinimasihtetapdiziarahibahkanpadasaat-saattertenturibuanorangberziarahketempatini.DipasareantersebutdimakamkantokohyangberasaldarikeratonMataramabadke-19yakniKanjengKyaiZakariaIIdanRadenMasImanSoedjono.SebagaiusahauntuklebihmengenalkanpotensiwisatayangdimilikinyakepadamasyarakatluasYayasanNgestiGondosebagaipengelolawisataReligiGunungKawimembutuhkanmediaterpaduyangmampumempromosikankawasanwisataReligiGunungKawi.DalamhaliniYayasanNgestiGondoselakupengelolaWisataReligiGunungKawimenginginkansebuahCountyProfile.TujuanperancanganiniadalahuntukmenciptakansebuahcountyprofileyangmenarikdanefektifbagitargetaudiencesebagaialatuntukmempromosikanwisatareligiGunungKawi.Mediadibuatdenganilustrasidandesainyangmenarikbagitargetaudiencedengantidakmelupakanunsurkomunikatifdanpersuasif.sehinggawisatareligiGunungKawidikenalsebagaisebuahtujuanwisatareligiyangdikenalolehmasyarakatluas.ModelperancanganyangdigunakandalamperancanganCountyProfilewisatareligiGunungKawiiniadalahmodelperancanganproseduralyaitumodelyangbersifatdeskriptifdimanamenggariskanlangkah-langkahyangharusdiikutiuntukmenghasilkansebuahproduk.Modelperancangandeskriptifdiawalidaripenulisanlatarbelakangperumusanmasalahdanpengidentifikasiantujuandilanjutkandenganpengumpulandataterdiridaridatakliendengancaraobservasidokumentasiwawancara.Datayangdidapatkemudiandianalisisdanakhirnyamenjadikonsepdariperancangan.PerancanganMediaterdiridariiklansuratkabarposterhorizontalbannerverticalbannerkartuposstickerX-bannermugbannerselamatdatangsignsystembrosurkalenderdanpembatasbuku.BeberapasaranyangdapatdiberikanpadaYayasanNgestiGondoselakuyayasanpengelolawisatareligiGunungKawiadalahdiharapkandapatmeneruskankegiatanpromosinyaagardapatmencapaivisidanmisiyangdimiliki.