Pengaruh pembelajaran daring dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMAN 6 Malang / Sabila Ayu Kuntari
Main Author: | Kuntari, Sabila Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/146869/ |
Daftar Isi:
- ModelProblemBasedLearning(PBL)merupakanmodelyangdapatmembantupesertadidikuntukdapatmengembangkankemampuanberpikirkritis.Kemampuanberpikirkritisdinilaipentinguntukdimilikipesertadidikdalampembelajarankurikulum2013.Pembelajarandaringmemilikikelebihanyaitudapatdiaksesdimanasajadankapansajameskipundalamjarakyangjauh.ModelPBLmemilikibeberapakelebihanmelaluipembelajarandaringyangdilakukanyaitu(1)Pembelajaranyangdilakukanmendorongsiswamenjadipelajaryangmandiridanbebas(2)mendorongpesertadidikuntuklebihkolaboratifdankooperatifdalampengerjaansecaraberkelompok.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipembelajarandaringyangdilakukandenganmodelPBLdapatberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXIpadamatapelajarangeografidiSMAN6MALANG.Metodepenelitianyangdigunakanmerupakanpenelitianeksperimensemudenganmenggunakandesainposttestonlycontrolgroup.SubjekdalampenelitianiniadalahpesertadidikyangberadadikelasXIIPS3sebagaikelaseksperimendanXIIPS4sebagaikelaskontroldenganjumlahsiswa29.Instrumenteskemampuanberpikirkritisadalahsoalessaiyangberjumlah10butir.DatahasilposttestdiolahmelaluibeberapatahapyaitudenganbantuansoftwareSPSSyaituujinormalitasujihomogenitassebagaiujiprasyaratselanjutnyadilakukanuji-tsebagaiujihipotesis.Hasilpenelitianyangdilakukanmenunjukkanhasilyaitusignifikansisebesar002yangberartikurangdari005.Hasilnilairatarataposttestpadakelaseksperimenlebihtinggidaripadanilairataratakelaskontrol.Rataratanilaikelaseksperimenadalah7707dannilairataratakelaskontroladalah7238artinyasetelahadanyaperlakuandenganmodelPBLyangdilakukansecaradaringterdapatpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXIpadamatapelajarangeografidiSMANegeri6Malang.