Pengaruh pembelajaran daring dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMAN 6 Malang / Sabila Ayu Kuntari

Main Author: Kuntari, Sabila Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/146869/
Daftar Isi:
  • ModelProblemBasedLearning(PBL)merupakanmodelyangdapatmembantupesertadidikuntukdapatmengembangkankemampuanberpikirkritis.Kemampuanberpikirkritisdinilaipentinguntukdimilikipesertadidikdalampembelajarankurikulum2013.Pembelajarandaringmemilikikelebihanyaitudapatdiaksesdimanasajadankapansajameskipundalamjarakyangjauh.ModelPBLmemilikibeberapakelebihanmelaluipembelajarandaringyangdilakukanyaitu(1)Pembelajaranyangdilakukanmendorongsiswamenjadipelajaryangmandiridanbebas(2)mendorongpesertadidikuntuklebihkolaboratifdankooperatifdalampengerjaansecaraberkelompok.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipembelajarandaringyangdilakukandenganmodelPBLdapatberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXIpadamatapelajarangeografidiSMAN6MALANG.Metodepenelitianyangdigunakanmerupakanpenelitianeksperimensemudenganmenggunakandesainposttestonlycontrolgroup.SubjekdalampenelitianiniadalahpesertadidikyangberadadikelasXIIPS3sebagaikelaseksperimendanXIIPS4sebagaikelaskontroldenganjumlahsiswa29.Instrumenteskemampuanberpikirkritisadalahsoalessaiyangberjumlah10butir.DatahasilposttestdiolahmelaluibeberapatahapyaitudenganbantuansoftwareSPSSyaituujinormalitasujihomogenitassebagaiujiprasyaratselanjutnyadilakukanuji-tsebagaiujihipotesis.Hasilpenelitianyangdilakukanmenunjukkanhasilyaitusignifikansisebesar002yangberartikurangdari005.Hasilnilairatarataposttestpadakelaseksperimenlebihtinggidaripadanilairataratakelaskontrol.Rataratanilaikelaseksperimenadalah7707dannilairataratakelaskontroladalah7238artinyasetelahadanyaperlakuandenganmodelPBLyangdilakukansecaradaringterdapatpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXIpadamatapelajarangeografidiSMANegeri6Malang.