pengaruh penggunaan media pembelajaran arvolcano terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas x sman 1 talun kabupaten blitar pada materi vulkanisme / lailatun nuroh

Main Author: Nuroh, Lailatun Nuroh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/146858/
Daftar Isi:
  • MediapembelajaranARVolcanomerupakanmediadenganaplikasiAugmentedRealityyangmemuatmaterivulkanismemeliputiprosespembentukangunungapimacam-macamerupsidantipe-tipeerupsigunungapi.Aplikasiinidisertaidenganbukupenunjangyangberfungsisebagaimarkerdanmemperkuatmateriyangdisajikan.MediaARVolcanomemilikikeunggulanyaitudapatmenampilkanmateripembelajaran3Dyangseolah-olahnyatadesainmenarikdandirancangdenganmemanfaatkanperkembanganteknologisertadapatmembuatprosespembelajaranlebihinteraktif.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhMediapembelajaranARVolcanoterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXSMAN1TalunKabupatenBlitarpadamaterivulkanisme.Penelitianinimerupakaneksperimensemudengandesainpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.PenelitiandilakukandiSMAN1TalundengansubjekpenelitiankelasXIPS1sebagaikelaskontroldankelasXIPS3sebagaikelaseksperimen.Jumlahsiswadalam1kelasyaitu35untukkelaskontroldan36untukkelaseksperimen.Instrumenpenilaianyangdigunakanuntukmengukurkemampuanberpikirkritissiswayaknitesessaysebanyaklimasoal.Analisisdatamenggunakanujiindependentsamplet-test.Datayangdiolahberasaldarihasilpretesdanposteskemampuanberpikirkritissiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkannilairata-ratagainscorekelaseksperimen2850dankelaskontrol1428.Hasilujihipotesisterhadapkemampuanberpikirtingkatkritisdiperolehnilai0033lt005sehinggadapatdikatakanH0ditolakdanHaditerima.JadidapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhmediapembelajaranARVolcanoterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXSMAN1Talunpadamaterivulkanisme.Denganhasilyangdiperolehdalampenelitianinimakaterdapatsaransebagaiberikut1)Gurugeografidisarankanmenggunakanmediapembelajaraninteraktifuntukmembantumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.2)BagipenelitilainnyadisarankanmenggunakanmediapembelajarandenganteknologiAugmentedRealitypadamaterilainnya.