pengaruh penggunaan media pembelajaran arvolcano terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas x sman 1 talun kabupaten blitar pada materi vulkanisme / lailatun nuroh
Main Author: | Nuroh, Lailatun Nuroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/146858/ |
Daftar Isi:
- MediapembelajaranARVolcanomerupakanmediadenganaplikasiAugmentedRealityyangmemuatmaterivulkanismemeliputiprosespembentukangunungapimacam-macamerupsidantipe-tipeerupsigunungapi.Aplikasiinidisertaidenganbukupenunjangyangberfungsisebagaimarkerdanmemperkuatmateriyangdisajikan.MediaARVolcanomemilikikeunggulanyaitudapatmenampilkanmateripembelajaran3Dyangseolah-olahnyatadesainmenarikdandirancangdenganmemanfaatkanperkembanganteknologisertadapatmembuatprosespembelajaranlebihinteraktif.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhMediapembelajaranARVolcanoterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXSMAN1TalunKabupatenBlitarpadamaterivulkanisme.Penelitianinimerupakaneksperimensemudengandesainpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.PenelitiandilakukandiSMAN1TalundengansubjekpenelitiankelasXIPS1sebagaikelaskontroldankelasXIPS3sebagaikelaseksperimen.Jumlahsiswadalam1kelasyaitu35untukkelaskontroldan36untukkelaseksperimen.Instrumenpenilaianyangdigunakanuntukmengukurkemampuanberpikirkritissiswayaknitesessaysebanyaklimasoal.Analisisdatamenggunakanujiindependentsamplet-test.Datayangdiolahberasaldarihasilpretesdanposteskemampuanberpikirkritissiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkannilairata-ratagainscorekelaseksperimen2850dankelaskontrol1428.Hasilujihipotesisterhadapkemampuanberpikirtingkatkritisdiperolehnilai0033lt005sehinggadapatdikatakanH0ditolakdanHaditerima.JadidapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhmediapembelajaranARVolcanoterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXSMAN1Talunpadamaterivulkanisme.Denganhasilyangdiperolehdalampenelitianinimakaterdapatsaransebagaiberikut1)Gurugeografidisarankanmenggunakanmediapembelajaraninteraktifuntukmembantumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.2)BagipenelitilainnyadisarankanmenggunakanmediapembelajarandenganteknologiAugmentedRealitypadamaterilainnya.