Pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan google classroom dalam mata pelajaran PPKn kelas IX-I pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Gampengrejo Kabupaten Kediri / Nanda Nandyana Widiaswara
Main Author: | Widiaswara, Nanda Nandyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/145690/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidiaswaraNandaNandyana.2020.PelaksanaanPembelajaranDaringMenggunakanGoogleClassroomdalamMataPelajaranPPKnKelasIX-IpadaMasaPandemiCovid-19diSMPNegeri1GampengrejoKabupatenKediri.SkripsiProgramStudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.A.RosyidAlAtokM.Pd.M.H.(2)RusdiantoUmarS.H.M.Hum.KataKunciPembelajaranDaringGoogleClassroomMasaPandemiCovid-19PPKnKajianinididasarkanatasadanyapermasalahandiduniapendidikanpadasaatpandemiCovid-19yangmengharuskanpembelajarandilaksanakandirumahmasing-masingsecaradaring(dalamjaringan).Pembelajarandaring(E-Learning)merupakankonsepdanmodelpembelajaransecaraonlineyangbanyakdigunakanolehparapelajarsaatini.DigunakannyaE-Learningdalamprosespembelajaranmemangmembawabanyakkeuntunganbagiduniapendidikan.Karenapembelajaranyangefektifdapatdikatakanpembelajaranyangmemanfaatkanteknologiinformasidankomunikasisecaraoptimaldalamprosespembelajarannyasebagaialatbantu.Kelancaransuatupembelajarantidakhanyaditinjaudarisegihasiltingkatprestasibelajarpesertadidikmelainkanharuspuladitinjaudarisegiprosespembelajarandansaranapenunjangsertaharusterdapatstrategidalammengajaragarpembelajaransearahdengantujuanpembelajaran.GoogleClassroomadalahsuatuLearningManagementSystem(LMS)yangdapatdigunakanuntukmenyediakanbahanajarsecaraonlinehinggadapatmelakukanevaluasipembelajarandalamaplikasitersebut.Berbagaimatapelajarandisekolahyangdiberikankepadasiswatidaklainmemilikitujuanagarsiswadapatmemperolehbanyakpengetahuan.Namunsiswatidakcukuphanyamemilikipengetahuanyangluastetapisiswajugadituntutuntukmemilikisikapdankarakteryangbaik.SalahsatumatapelajaranyangmengajarkanmengenaikarakteradalahmatapelajaranPPKnkarenatujuanutamapembelajaranPPKnadalahterbentuknyaperilakuatausikapyangbaiksesuaipancasiladalammenjalanikehidupanbermasyarakatberbangsadanbernegara.Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk(1)mengetahuiperencanaanpembelajarandaringmenggunakanGoogleClassroomdalammatapelajaranPPKnkelasIX-IpadamasapandemiCovid-19DiSMPNegeri1GampengrejoKabupatenKediri.(2)mengetahuipelaksanaanpembelajarandaringmenggunakanGoogleClassroomdalammatapelajaranPPKnkelasIX-IpadamasapandemiCovid-19DiSMPNegeri1GampengrejoKabupatenKediri.(3)mengetahuiapasajafaktorpendukungdalampelaksanaanpembelajarandaringmenggunakanGoogleClassroomdalammatapelajaranPPKnkelasIX-IpadamasapandemiCovid-19DiSMPNegeri1GampengrejoKabupatenKediri.(4)mengidentifikasikendaladalampelaksanaanpembelajarandaringmenggunakanGoogleClassroomdalammatapelajaranPPKnkelasIX-IpadamasapandemiCovid-19DiSMPNegeri1GampengrejoKabupatenKediri.(5)mengetahuicaramengatasikendaladalampelaksanaanpembelajarandaringmenggunakanGoogleClassroomdalammatapelajaranPPKnkelasIX-IpadamasapandemiCovid-19DiSMPNegeri1GampengrejoKabupatenKediri.Penelitipadasaatmelakukanpenelitianmenggunakanpendekatankualitatifdenganmetodedeskriptif.JenispenelitianyangdigunakanadalahstudikasuskarenapenelitihanyamendeskripsikaninformasiapaadanyamengenaipelaksanaanpembelajarandaringdenganmenggunakanGoogleClassroomyangdilakukandiSMPN1GampengrejoKabupatenKediri.Pengumpulandatadilakukanolehpenelitidengancaraobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisyangdigunakanadalahmengumpulkandatayangadadilapanganreduksidatapenyajiandatalalupenarikankesimpulan.Keabsahandatadijaminolehpenelitimelaluikecermatandalampenelitiandantriangulasisumbersertateknik.HasilpenelitianmengenaipelaksanaanpembelajarandaringmenggunakanGoogleClassroomdalammatapelajaranPPKnkelasIX-IpadamasapandemiCovid-19diSMPNegeri1GampengrejoKabupatenKediridapatdijabarkansebagaiberikutpertamaperencanaanpembelajarandaringyangdilakukanolehgurutidakjauhberbedadenganperencanaanpembelajarantatapmukayaknimembuatRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)yangmembuatberbedaadalahRPPyangdigunakansaatinihanyamemuattigakomponenintiyangdapatdisusunpadasatulembarsajakarenasesuaidenganSuratEdarandariKemdikbudmengenaipenyederhanaanRPP.Perencanaanpembelajaranmeliputikegiatanperumusantujuanyangingindicapaidalamsuatukegiatanpembelajaranmetodeyangdigunakanbahanmateriyangdisajikancaramenyampaikannyasertapersiapanalatataumediayangdigunakan.Keduapelaksanaanpembelajarandibagimenjadi3tahapanyaitukegiatanpendahuluankegiatanintikegiatanpenutuplaludilanjutkandenganevaluasipembelajaran.KegiatanpendahuluandiawalidenganmengucapkansalamdanmemimpinberdoasetelahitugurumemberikandaftarhadirdiGoogleClassroommenanyakankabarsiswamenyampaikantujuanpembelajaransertamelakukanapersepsi.KegiatanintiyangdilakukanadalahpenyampaianmaterimelaluiGoogleClassroomdengandidukungvideopenjelasanmaterisetelahitugurudansiswamelakukandiskusitanyajawabtentangmateriyangdipelajari.Kegiatanterakhiradalahpenutupsebelummenutuppelajarangurumelakukanreviewmateriyangsudahdipelajarisetelahitumemberikanposttestdanmempersilahkansiswauntukmenyimpulkanmateriyangsudahdibahas.Selanjutnyagurumengevaluasihasilbelajarsiswa.Ketigafaktorpendukungpembelajarandaringiniadalahketersediaanalatkomunikasijaringaninternetyangkuatsertafasilitasyangdidapatkan.Keempatkendalayangdihadapiyaknijaringaninternetketikacuacaburukketerlambatanmengumpulkantugasperbedaantingkatpemahamansiswadankurangnyakerjasamaorangtuadengansiswa.KelimaupayauntukmengatasikendalayaitudenganmencariWifiterdekatmengingatkandengantegassiswayangbelummengumpulkantugasmencaridiberbagaisumberberupabukuGooglesertamenanyakandigurulesmengenaimateriyangbelumdipahamiuntukkendalaterakhirupayauntukmengatasinyayaitudengancaramemanggilorangtuakesekolahuntukmemotivasiorangtuasupayalebihmemperhatikananaknyaketikamelaksanakanpembelajarandaringdirumah.BerdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandanhasilpenelitianyangsudahdibahasterdapatbeberapasaranyangperludipertimbangkanyaituagargurudalammengimplementasikanaplikasiGoogleClassroompadapelaksanaanpembelajarandaringberjalansecaraoptimalmakaseharusnyagurumendapatkanpelatihantentangbagaimanamengoptimalkanaplikasiGoogleClassroomketikamengajar.SupayasiswamenjadilebihmudahdalammemahamimateriyangdiberikanmelaluiGoogleClassroom.MengingatpenelitianinimasihbanyakkekuranganbaikdariinformasipelaksanaanpembelajarandaringmenggunakanGoogleClassroomatauinformasidalamhallainnyadiharapkanadapenelitianmengenaipelaksanaanpembelajarandaringmenggunakanGoogleClassroomdengananalisisyangberbeda.