Perancangan buku pengenalan bentuk huruf dan angka untuk anak TK / L'Rhey Asmara Perdana
Main Author: | Perdana, L'Rhey Asmara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/14549/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPerdanaLRheyAsmara.2017.PerancanganBukuPengenalanBentukHurufdanAngkaUntukAnakTK.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Moch.AbdulRohmanS.SnM.Sn(II)YonAdeLoseHermantoS.SnM.SnKataKunciBukubukubelajarpengenalanhurufdanangkaanakTKPendidikanadalahhalmutlakyangharusdimilikiolehseoranganak.Tanpapendidikananakakansulituntukmenggapaiimpianmereka.Mewujudkanimpiansalahsatunyabisadicapaidengancaramenambahilmu.Ilmupengetahuandiperolehdengancarabelajardanmembaca.MenurutsurveiyangdilakukanUSAIDAmerikaEdDataIIRTIInternationalkerjasamadenganKementerianPendidikandanKebudayaanKementrianAgamadanMyriadResearchpada2013-2014masihbanyaksiswaIndonesiayangbelumbisamembaca.Halinisangatmemprihatinkankarenamembacaadalahhalpentinguntukmencariilmu.KarenaitulahsangatpentingmengajarkanhurufdanangkasejakdiniagarkelakanaklancarmembacadandapatmengurangiangkasiswaIndonesiayangtidakbisamembaca.Dataperancangandiperolehdarikajianlapanganyangmenggunakantigametodeyaituobservasiwawancaradanstudidokumentasi.ObservasidilakukanditokobukudanperpustakaanKotaMalangsedangkanwawancaradenganguruTK.Dokumentasidilakukanuntukmenunjukkanminimnyavariasibukupengenalanhurufdanangka.Perancanganbukupengenalanhurufdanangkainiberisikangambarilustrasiyangmemuatbentuksebuahhurufatauangkapadalembarkiridanpadalembarkananberisikananalogibentukhurufatauangkabesertacaramenulishuruf.Pembuatanperancangandimulaidariprosessketsacomprehensivelayoutdanfinallayout.Selainitudibuatjugamediapendukunguntukmempromosikanbukuyaitux-bannerposterbrosurgantungankuncipembatasbukustikerdantumbler.