Perancangan buku pengenalan bentuk huruf dan angka untuk anak TK / L'Rhey Asmara Perdana

Main Author: Perdana, L'Rhey Asmara
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/14549/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPerdanaLRheyAsmara.2017.PerancanganBukuPengenalanBentukHurufdanAngkaUntukAnakTK.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Moch.AbdulRohmanS.SnM.Sn(II)YonAdeLoseHermantoS.SnM.SnKataKunciBukubukubelajarpengenalanhurufdanangkaanakTKPendidikanadalahhalmutlakyangharusdimilikiolehseoranganak.Tanpapendidikananakakansulituntukmenggapaiimpianmereka.Mewujudkanimpiansalahsatunyabisadicapaidengancaramenambahilmu.Ilmupengetahuandiperolehdengancarabelajardanmembaca.MenurutsurveiyangdilakukanUSAIDAmerikaEdDataIIRTIInternationalkerjasamadenganKementerianPendidikandanKebudayaanKementrianAgamadanMyriadResearchpada2013-2014masihbanyaksiswaIndonesiayangbelumbisamembaca.Halinisangatmemprihatinkankarenamembacaadalahhalpentinguntukmencariilmu.KarenaitulahsangatpentingmengajarkanhurufdanangkasejakdiniagarkelakanaklancarmembacadandapatmengurangiangkasiswaIndonesiayangtidakbisamembaca.Dataperancangandiperolehdarikajianlapanganyangmenggunakantigametodeyaituobservasiwawancaradanstudidokumentasi.ObservasidilakukanditokobukudanperpustakaanKotaMalangsedangkanwawancaradenganguruTK.Dokumentasidilakukanuntukmenunjukkanminimnyavariasibukupengenalanhurufdanangka.Perancanganbukupengenalanhurufdanangkainiberisikangambarilustrasiyangmemuatbentuksebuahhurufatauangkapadalembarkiridanpadalembarkananberisikananalogibentukhurufatauangkabesertacaramenulishuruf.Pembuatanperancangandimulaidariprosessketsacomprehensivelayoutdanfinallayout.Selainitudibuatjugamediapendukunguntukmempromosikanbukuyaitux-bannerposterbrosurgantungankuncipembatasbukustikerdantumbler.