Iklan Sprite ÔÇØNyatanya NyegerinÔÇØ versi kenyataan yang menyegarkan pada media televisi ditinjau dari semiotika visual / Alifa Fitriani

Main Author: Fitriani, Alifa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/14523/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitrianiAlifa.2017.IklanSpriteNyatanyaNyegerinversiKenyataanyangMenyegarkanpadaMediaTelevisiditinjaudariSemiotikaVisual.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SarjonoM.Sn(II)DharaAlimCendekiaS.SnM.DsKataKunciSemiotikaRolandBarthesIklanTelevisiSpriteNyatanyaNyegerinIklanSpriteNyatanyaNyegerinversiKenyataanyangMenyegarkanmembuatprodukSpritemengalamipeningkatanpadaposisiTopBrand.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuimaknapadaiklan.Penelitianmenggunakanpendekatanmetodepenelitiankualitatifyangbersifatdeskriptif.TeoriyangdigunakanpadapenelitianiniadalahteorisemiotikaRolandBarthes.Metodeyangdigunakanadalahmetodesemiotikainterpretatif.Daripenelitianiniakanmenghasilkandatadeskriptifberdasarkanelemendesainperiklananyangmeliputigambar(ilustrasi)huruf(tipografi)warnadanlayoutdanmaknadenotasikonotasi.ObjekpenelitianadalahiklanSpriteNyatanyaNyegerinversiKenyataanyangMenyegarkanyangakandibahasdandianalisisdalamsetiapshoot.SetiapshootakandiidentifikasikemudiandilakukanpemaknaansesuaielemendesainperiklanansecarakonotasidandenotasidalamteoriRolandBarthes.HasilpenelitianmenunjukkanSpriteNyatanyaNyegerinmenggunakanjenishumorintelektualpenggunaanstrategiiklansebagairemindingpersuasivepersuadingdanpermainanemosimenghasilkandayatarikemosikodehermeneutikdantandakonotasiyangsecaraimplisitdisampaikanberpengaruhterhadapnaiknyaposisibranddanmeningkatnyapenjualanprodukSpritekepadaaudiens.TandadanmaknapadashootketigamerupakanunsurutamadalampemaknaaniklanSpriteNyatanyaNyegerinversiKenyataanyangMenyegarkanhiasanminiaturbuayamemeganglehernyamenggunakankeduatangannya.Seakanminiatursepertibuayatercekikkarenatenggelamsehinggamengeluarkangelembung.Gelembungdikonotasikansebagaibahanminumanbersoda.MakaketikabuayamengeluarkangelembungdapatdikonotasikankonsumentidakakanbisamembuatbahanyangsamakualitasnyadenganSpritekarenakualitasSpritetidaktertandingi.Pemilihanlayoutdigambarkanhiudanbuayadiakuariumakuariumdikonotasikansebagaibendabuatandantidakseoriginallaut.DapatdisimpulkanbahwakonotasidariiklanSpriteNyatanyaNyegerinversiKenyataanyangMenyegarkanmenggunakanbahanberkualitastinggiyangtidakdapatditandingi.StrategisuperAmenghasilkandayatarikemosidankodehermeneutikmenjadikaniklanSpriteNyatanyaNyegerinmeraihTopBrand.PenggunaanmaknapadatandamembuataudiensbersemiotikresponaudienstersebutmengantarkaniklanSpritemenjadiTobBrand.