Iklan Sprite ÔÇØNyatanya NyegerinÔÇØ versi kenyataan yang menyegarkan pada media televisi ditinjau dari semiotika visual / Alifa Fitriani
Main Author: | Fitriani, Alifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/14523/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFitrianiAlifa.2017.IklanSpriteNyatanyaNyegerinversiKenyataanyangMenyegarkanpadaMediaTelevisiditinjaudariSemiotikaVisual.SkripsiJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SarjonoM.Sn(II)DharaAlimCendekiaS.SnM.DsKataKunciSemiotikaRolandBarthesIklanTelevisiSpriteNyatanyaNyegerinIklanSpriteNyatanyaNyegerinversiKenyataanyangMenyegarkanmembuatprodukSpritemengalamipeningkatanpadaposisiTopBrand.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuimaknapadaiklan.Penelitianmenggunakanpendekatanmetodepenelitiankualitatifyangbersifatdeskriptif.TeoriyangdigunakanpadapenelitianiniadalahteorisemiotikaRolandBarthes.Metodeyangdigunakanadalahmetodesemiotikainterpretatif.Daripenelitianiniakanmenghasilkandatadeskriptifberdasarkanelemendesainperiklananyangmeliputigambar(ilustrasi)huruf(tipografi)warnadanlayoutdanmaknadenotasikonotasi.ObjekpenelitianadalahiklanSpriteNyatanyaNyegerinversiKenyataanyangMenyegarkanyangakandibahasdandianalisisdalamsetiapshoot.SetiapshootakandiidentifikasikemudiandilakukanpemaknaansesuaielemendesainperiklanansecarakonotasidandenotasidalamteoriRolandBarthes.HasilpenelitianmenunjukkanSpriteNyatanyaNyegerinmenggunakanjenishumorintelektualpenggunaanstrategiiklansebagairemindingpersuasivepersuadingdanpermainanemosimenghasilkandayatarikemosikodehermeneutikdantandakonotasiyangsecaraimplisitdisampaikanberpengaruhterhadapnaiknyaposisibranddanmeningkatnyapenjualanprodukSpritekepadaaudiens.TandadanmaknapadashootketigamerupakanunsurutamadalampemaknaaniklanSpriteNyatanyaNyegerinversiKenyataanyangMenyegarkanhiasanminiaturbuayamemeganglehernyamenggunakankeduatangannya.Seakanminiatursepertibuayatercekikkarenatenggelamsehinggamengeluarkangelembung.Gelembungdikonotasikansebagaibahanminumanbersoda.MakaketikabuayamengeluarkangelembungdapatdikonotasikankonsumentidakakanbisamembuatbahanyangsamakualitasnyadenganSpritekarenakualitasSpritetidaktertandingi.Pemilihanlayoutdigambarkanhiudanbuayadiakuariumakuariumdikonotasikansebagaibendabuatandantidakseoriginallaut.DapatdisimpulkanbahwakonotasidariiklanSpriteNyatanyaNyegerinversiKenyataanyangMenyegarkanmenggunakanbahanberkualitastinggiyangtidakdapatditandingi.StrategisuperAmenghasilkandayatarikemosidankodehermeneutikmenjadikaniklanSpriteNyatanyaNyegerinmeraihTopBrand.PenggunaanmaknapadatandamembuataudiensbersemiotikresponaudienstersebutmengantarkaniklanSpritemenjadiTobBrand.