Perancangan cerita bergambar kisah Nabi Yunus untuk menanamkan nilai belas kasih dan pembentukan moral pada anak-anak / Maria Vianne Setyandaru
Main Author: | Setyandaru, Maria Vianne |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/14489/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyandaruMariaVianne.2016.PerancanganCeritaBergambarKisahNabiYunusUntukMenanamkanNilaiBelasKasihdanPembentukanMoralPadaAnak-Anak.SkripsiProgramStudiDesainKomunikasiVisualJurusanSenidanDesainFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SarjonoM.Sn.KataKunciPerancanganCeritaBergambarNabiYunusKesadaranpentingnyapenanamannilaisebagaipembentukanmoralyangbaiksebaiknyadisadarisejakdinipadaanak-anak.DalamlingkupnasranipengajaranagamasejakdinipadaanakdapatdilakukanmelaluisekolahminggudenganmengenalkandanmendidikanaksesuaidenganAlkitabdanajaranYesus.SekolahminggudiGerejaSt.AlbertusDeTrapaniMalangmerupakansalahsatusekolahminggudenganintensitasminatanakdalammengikutikegiatantersebutdikategorikancukupbaik.Namunhalinimasihbertolakbelakangdenganpemahamananakakanmateriyangdisampaikankarenaketerbatasansaranayangdimilikimenjadikendalasekolahminggutersebut.KisahNabiYunusdiAlkitabPerjanjianLamamerupakansalahsatukisahyangsangatmenarikbagianak-anakdanmemilikipesan-pesanmoralyangpositifyangdapatdikutipuntukmendidikanak-anak.Selainitukisahinimudahdisampaikansingkatjelasdanmudahdicernaanak-anak.Tujuanperancanganiniadalahinginmendidikanak-anakdenganmenanamkannilaibelaskasihsejakdinisehinggaterbentukmoralitasyangbaikdewasananti.Selainitujugauntukmembantusaranapendukungbahanajardisekolahminggu.Metodeyangdigunakandalamperancanganinimenggunakanmetodeprosedural.ModelperancanganyangdipilihyaitumodelperancanganmilikBruceArcheryangtelahdikembangkansesuaidengankebutuhanperancanganyangdisusunsecarasistematisterdiridariLatarBelakangPengumpulanDataAnalisisDataKonsepPerancanganProsesPerancanganhinggaDesainAkhir.PerancanganakanmenghasilkansebuahkaryabukuceritabergambaryangberjudulKisahNabiYunusIkanBesar.Gayailustrasiyangdigunakanpadabukuceritabergambarmenggunakangayailustrasikartundenganteknikvektorsesuaigayaperancangsendiri.Bukuceritainijugamenggunakanwarna-warnayangdisukaianak-anakyaitufullcolouryangcerahdankontras(tajam).Selainmediautamaterdapatpulamediapendukungberupamerchandiseberupabonekatangankaosslingbaggantungankuncipinstikerdanpembatasbuku.KesimpulanyangdapatditarikdalamperancanganiniyaitumelaluimediabukuceritabergambarinidiharapkanmampumenyampaikanpesanmoralkepadaanakberupaajakanuntukberbelaskasihkepadasesamadimulaidenganhalsederhanasepertisalingmemaafkanselaluberdoadanpercayakepadaTuhansehinggadengandemikianmampumembentukmoralitasyangbaiksaatdewasananti.Namunsebaiknyadalammerancangsebuahmediabukubergambarlebihmemperhatikanlagitargetaudiensagarkontenbukusepertipenggunaanbahasadapatdisesuaikandenganpemahamanusiapembaca.