Perbedaan penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dipadu metode peer tutorial terhadap keaktifan dan hasil belajar pemrograman dasar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Tri Wahono
Main Author: | Wahono, Muhammad Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143725/ |
Daftar Isi:
- Permasalahanyangterjadididalamduniapendidikansalahsatunyaadalahpenerapanpelaksanaanpembelajaran.Penerapanmetodedemonstrasibelumselarasbiladikolaborasikanbersamamodelpembelajaranberorientasimasalah.Akibatnyapembelajaranberjalantidakoptimalsehinggamenyebabkansiswakurangaktifdanberefekterhadaprendahnyaperolehanprestasibelajar.Tinggirendahnyakeaktifandanhasilbelajardipengaruhiolehketepatanpengolaborasianmodeldanmetodepembelajaran.DitemukannyapencapaianprestasibelajardankeaktifansiswapadamatapelajaranProDaskelasXTKJdiSMKNegeri11Malangmenjaditujuanintipenelitianini.Rancanganpeneilitianeksperimendenganmodelquasi-experimentaldiimplementasikansebagaimetodepenelitian.Pretest-postestcontrolgroupDesignditetapkansebagaidesainpenelitianyaitudenganmelakukanpengukuransebelumdansesuaipembelajarandanpengaplikasianperlakuanpadaduakelompok.KelasXTKJ1danXTKJ4SMKNegeri11Malangdipilihmenjadisampelpenelitian.Jumlahsampelyangdiambilsebanyak59audiens.Purposivesamplingdijadikankiatmenentukankelassampel.Re-ratahasilbelajar8390dicapaikelaseksperimenAdanre-ratasebesar8790dicapaikelaseksperimenB.KelaseksperimenAmeraihre-ratahasilbelajarpengetahuan8053dankelaseksperimenBsenilai8414.Re-ratahasilbelajarketerampilan8173dicapaikelaseksperimenAdankelaseksperimenBsenilai8538.Ditemukannyasignifikansikeaktifanbelajar0022