Perbedaan penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dipadu metode peer tutorial terhadap keaktifan dan hasil belajar pemrograman dasar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Tri Wahono

Main Author: Wahono, Muhammad Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/143725/
Daftar Isi:
  • Permasalahanyangterjadididalamduniapendidikansalahsatunyaadalahpenerapanpelaksanaanpembelajaran.Penerapanmetodedemonstrasibelumselarasbiladikolaborasikanbersamamodelpembelajaranberorientasimasalah.Akibatnyapembelajaranberjalantidakoptimalsehinggamenyebabkansiswakurangaktifdanberefekterhadaprendahnyaperolehanprestasibelajar.Tinggirendahnyakeaktifandanhasilbelajardipengaruhiolehketepatanpengolaborasianmodeldanmetodepembelajaran.DitemukannyapencapaianprestasibelajardankeaktifansiswapadamatapelajaranProDaskelasXTKJdiSMKNegeri11Malangmenjaditujuanintipenelitianini.Rancanganpeneilitianeksperimendenganmodelquasi-experimentaldiimplementasikansebagaimetodepenelitian.Pretest-postestcontrolgroupDesignditetapkansebagaidesainpenelitianyaitudenganmelakukanpengukuransebelumdansesuaipembelajarandanpengaplikasianperlakuanpadaduakelompok.KelasXTKJ1danXTKJ4SMKNegeri11Malangdipilihmenjadisampelpenelitian.Jumlahsampelyangdiambilsebanyak59audiens.Purposivesamplingdijadikankiatmenentukankelassampel.Re-ratahasilbelajar8390dicapaikelaseksperimenAdanre-ratasebesar8790dicapaikelaseksperimenB.KelaseksperimenAmeraihre-ratahasilbelajarpengetahuan8053dankelaseksperimenBsenilai8414.Re-ratahasilbelajarketerampilan8173dicapaikelaseksperimenAdankelaseksperimenBsenilai8538.Ditemukannyasignifikansikeaktifanbelajar0022