Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 1 Bintan Utara / Ariana Sulistyo Ningrum

Main Author: Ningrum, Ariana Sulistyo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/143719/
Daftar Isi:
  • Penyebaranviruscorona(COVID-19)telahmemberikantantangantersendiribagilembagapendidikandiIndonesia.Kondisiinimembuatsektorpendidikansepertisekolahmenghentikanprosespembelajaransecaratatapmuka.Sebagaigantinyaprosespembelajarandilakukansecaradaringyangbisadilaksanakandarirumahmasing-masingsiswa.Permasalahanyangterjadidalampenerapanpembelajaransecaradaringyaitukurangnyakesiapangurudansiswauntukmelakukanpembelajaransecaradaringdankurangnyapemahamangurudalammerancangprosespembelajarandanmemilihmediapembelajaranyangsesuaidengankondisipembelajarandaring.Haltersebutmengakibatkanpembelajaranmenjaditidakoptimalsehinggamenyebabkanrendahnyahasilbelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodelProblemBasedLearningberbantuanGoogleClassroomterhadaphasilbelajarpengetahuansiswakelasXTKJpadamatapelajaranPemrogramanDasardiSMKNegeri1BintanUtara.Jenispenelitianinimerupakanpenelitianpre-experimentaldesigndenganmodelonegruppretest-posttestcontrolgroupdesign.VariabelyangdigunakanadalahvariabelbebasberupamodelpembelajaranProblemBasedLearningberbantuanGoogleClassroom.Variabelterikatyangdigunakanadalahhasilbelajarsiswa.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXTKJdiSMKNegeri1BintanUtaradenganjumlah35siswa.AnalisisstatistikdenganmenggunakanujiPairedSampleT-TestyaituuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningberbantuanGoogleClassroomterhadaphasilbelajarpengetahuansiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanrata-ratahasilbelajarpengetahuanpemrogramandasarsiswakelasXTKJsetelahdiberikanperlakuanmendapatkankategorisangattinggi.Hasildariujihipotesismenunjukkannilaisignifikansisebesar0000.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaberdasarkanujipairedsamplet-testyangdiperolehterdapatpengaruhyangsignifikanmodelpembelajaranProblemBasedLearningberbantuanGoogleClassroomterhadaphasilbelajarpengetahuansiswakelasXTKJpadamatapelajaranPemrogramanDasardiSMKNegeri1BintanUtara.