Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 1 Bintan Utara / Ariana Sulistyo Ningrum
Main Author: | Ningrum, Ariana Sulistyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143719/ |
Daftar Isi:
- Penyebaranviruscorona(COVID-19)telahmemberikantantangantersendiribagilembagapendidikandiIndonesia.Kondisiinimembuatsektorpendidikansepertisekolahmenghentikanprosespembelajaransecaratatapmuka.Sebagaigantinyaprosespembelajarandilakukansecaradaringyangbisadilaksanakandarirumahmasing-masingsiswa.Permasalahanyangterjadidalampenerapanpembelajaransecaradaringyaitukurangnyakesiapangurudansiswauntukmelakukanpembelajaransecaradaringdankurangnyapemahamangurudalammerancangprosespembelajarandanmemilihmediapembelajaranyangsesuaidengankondisipembelajarandaring.Haltersebutmengakibatkanpembelajaranmenjaditidakoptimalsehinggamenyebabkanrendahnyahasilbelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodelProblemBasedLearningberbantuanGoogleClassroomterhadaphasilbelajarpengetahuansiswakelasXTKJpadamatapelajaranPemrogramanDasardiSMKNegeri1BintanUtara.Jenispenelitianinimerupakanpenelitianpre-experimentaldesigndenganmodelonegruppretest-posttestcontrolgroupdesign.VariabelyangdigunakanadalahvariabelbebasberupamodelpembelajaranProblemBasedLearningberbantuanGoogleClassroom.Variabelterikatyangdigunakanadalahhasilbelajarsiswa.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXTKJdiSMKNegeri1BintanUtaradenganjumlah35siswa.AnalisisstatistikdenganmenggunakanujiPairedSampleT-TestyaituuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningberbantuanGoogleClassroomterhadaphasilbelajarpengetahuansiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanrata-ratahasilbelajarpengetahuanpemrogramandasarsiswakelasXTKJsetelahdiberikanperlakuanmendapatkankategorisangattinggi.Hasildariujihipotesismenunjukkannilaisignifikansisebesar0000.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaberdasarkanujipairedsamplet-testyangdiperolehterdapatpengaruhyangsignifikanmodelpembelajaranProblemBasedLearningberbantuanGoogleClassroomterhadaphasilbelajarpengetahuansiswakelasXTKJpadamatapelajaranPemrogramanDasardiSMKNegeri1BintanUtara.