Pengaruh penggunaan aplikasi interaktif quizizz dalam model pembelajaran SPPKB terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran sistem komputer siswa kelas X SMK Negeri 1 Blitar / Fahrina
Main Author: | Fahrina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143718/ |
Daftar Isi:
- PandemiCovid-19yangmasukdiIndonesiasejakawalMaret2020menyebabkansistempendidikandiIndonesiaterpaksadilaksanakanjarakjauhdengansiswabelajarsecaraonlinedarirumahmasing-masing.PenerapanpembelajaranonlineyangmendadakdiSMKNegeri1Blitarmenyebabkanketidaksiapansekolahdalammemanajemensistempembelajaranyangakandilakukan.MeliputimodelpembelajaranuntukbelajaronlineyangbelumjelasdanmetodebelajaryanghanyamengirimmateriberbasisteksmelaluigrupWhatsAppsajanyatanyatidakmembuatsiswamemahamimateridenganmudah.Kurangnyainteraksiantaragurudansiswasertacarabelajartanpapenjelasandarigurumembuatsiswatidaktermotivasidanmenyebabkanhasilbelajarrendah.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmengetahuipengaruhpenggunaanaplikasiinteraktifQuizizzdalammodelpembelajaranSPPKBterhadapmotivasidanhasilbelajarmatapelajaransistemkomputersiswakelasXSMKNegeri1Blitar.PenelitianinidilakukandidasariolehbeberapapermasalahanterkaitpenggunaanmediadanmodelpembelajarandiSMKNegeri1Blitaryangbelumbervariasidanbelumoptimaldigunakanuntukmencapaitujuanbelajar.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianpre-experimentaldengandesainpenelitianonegroupdesignpre-testandpost-test.Penelitiandilakukanhanyapadasatukelassampelsajauntukmengetahuiadatidaknyapengaruhvariabelbebasterhadapvariabelterikat.Tekniksamplingyangdigunakanadalahnon-probabilitysamplingdenganteknikpurposivesampling.SampeldiambildarikelompokkelasXTKJ1danXTKJ2diSMKNegeri1Blitartahunajaran2020/2021denganjumlahsiswapadatiapkelasadalah36.Setelahdiberikanperlakuanhaasilujiregresilinearsederhanadatamotivasibelajarsiswamenunjukkansignifikansiregresiliniersebesar0000denganpeningkatanrata-rataskormotivasidari7822menjadi9083.Sedangkanhasilujiregresilinearsederhanadatahasilbelajaradalah0029denganpeningkatanrata-ratanilaihasilbelajardari4527menjadi85.DenganbegitudapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranSPPKBdenganbantuanaplikasiQuizizzterbuktimemilikipengaruhpositifterhadapmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaransistemkomputerdiSMKNegeri1Blitar.