Pengaruh penggunaan aplikasi interaktif quizizz dalam model pembelajaran SPPKB terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran sistem komputer siswa kelas X SMK Negeri 1 Blitar / Fahrina

Main Author: Fahrina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/143718/
Daftar Isi:
  • PandemiCovid-19yangmasukdiIndonesiasejakawalMaret2020menyebabkansistempendidikandiIndonesiaterpaksadilaksanakanjarakjauhdengansiswabelajarsecaraonlinedarirumahmasing-masing.PenerapanpembelajaranonlineyangmendadakdiSMKNegeri1Blitarmenyebabkanketidaksiapansekolahdalammemanajemensistempembelajaranyangakandilakukan.MeliputimodelpembelajaranuntukbelajaronlineyangbelumjelasdanmetodebelajaryanghanyamengirimmateriberbasisteksmelaluigrupWhatsAppsajanyatanyatidakmembuatsiswamemahamimateridenganmudah.Kurangnyainteraksiantaragurudansiswasertacarabelajartanpapenjelasandarigurumembuatsiswatidaktermotivasidanmenyebabkanhasilbelajarrendah.PenelitianinidilaksanakandengantujuanmengetahuipengaruhpenggunaanaplikasiinteraktifQuizizzdalammodelpembelajaranSPPKBterhadapmotivasidanhasilbelajarmatapelajaransistemkomputersiswakelasXSMKNegeri1Blitar.PenelitianinidilakukandidasariolehbeberapapermasalahanterkaitpenggunaanmediadanmodelpembelajarandiSMKNegeri1Blitaryangbelumbervariasidanbelumoptimaldigunakanuntukmencapaitujuanbelajar.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianpre-experimentaldengandesainpenelitianonegroupdesignpre-testandpost-test.Penelitiandilakukanhanyapadasatukelassampelsajauntukmengetahuiadatidaknyapengaruhvariabelbebasterhadapvariabelterikat.Tekniksamplingyangdigunakanadalahnon-probabilitysamplingdenganteknikpurposivesampling.SampeldiambildarikelompokkelasXTKJ1danXTKJ2diSMKNegeri1Blitartahunajaran2020/2021denganjumlahsiswapadatiapkelasadalah36.Setelahdiberikanperlakuanhaasilujiregresilinearsederhanadatamotivasibelajarsiswamenunjukkansignifikansiregresiliniersebesar0000denganpeningkatanrata-rataskormotivasidari7822menjadi9083.Sedangkanhasilujiregresilinearsederhanadatahasilbelajaradalah0029denganpeningkatanrata-ratanilaihasilbelajardari4527menjadi85.DenganbegitudapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranSPPKBdenganbantuanaplikasiQuizizzterbuktimemilikipengaruhpositifterhadapmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaransistemkomputerdiSMKNegeri1Blitar.