hubungan motivasi belajar dengan kendala mahasiswa baru dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di program studi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / riyan andriansyah

Main Author: Andriansyah, Riyan Andriansyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/143677/
Daftar Isi:
  • PandemiCovid-19telahmengakibatkanperubahanyangsangatsignifikanbagikehidupanmasyarakatluastermasukpadapendidikan.Pembelajaranyangsemuladilaksanakansecaraluringatautatapmukadidalamkelasharusdilaksanakansecaradaring(online).Pelaksanaanpembelajarandaringbanyakditemuikendaladalampelaksanaannyaterutamabagimahasiswa.Psikologimahasiswayangtelahterbiasabelajarsecaraluringsertamelakukaninteraksidankomunikasilangsungdenganpendidikharussegeramenyesuaikandengansistempembelajarandaring.Selainituinfrastrukturteknologiinformasidipelosokdesasangatterbatassehinggamahasiswayangbertempattinggaldisanamenjadiserbakebingungan.Disisilainpembelajarandaringsemakinmenuntutmahasiswauntukbelajarsecaramandiri.Kemandirianbelajarmahasiswatentunyaharusdiiringidenganmotivasibelajaryangtinggi.MotivasiBelajarsangatmenentukankeberhasilandalamprosespembelajaran.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuikendaladanmotivasibelajarmahasiswapadaprosespembelajaranmasapandemiCovid-19sertamengetahuihubunganmotivasibelajardengankendalapembelajarandaring.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenispenelitiandeskriptifkorelasional.Populasidalampenelitianiniyaitumahasiswabaruangkatantahun2020programstudiS1PendidikanTeknikBangunanUniversitasNegeriMalangyangtelahmenjalaniperkuliahandibawahtigasemester.Tekniksamplingyangdigunakanadalahtotalsamplingdenganmengambilsemuaanggotapopulasiuntukdijadikansebagaisampel.Namunpadapelaksanaanpenelitianhanyamengambilsampelsebanyak61dari96sebabanggotapopulasiyangmeresponhanyaberjumlah61.Pengumpulandatamenggunakankuesionertertutupmenggunakanskalalikert.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifujinormalitasujilinearitasujihomoskedastisitasdanujikorelasiproductmoment.HasilpenelitianmenunjukkankendalamahasiswabarudalamprosespembelajarandaringpadamasapandemCovid-19termasukkategorisedangdenganskorrata-ratasebesar57%.Kendalapalingtinggiyangdialamiolehmahasiswayaitupadaketerbatasanjaringaninternetdenganpersentasesebesar62%.MotivasibelajarmahasiswabarudalamprosespembelajarandaringpadamasapandemCovid-19termasukkategoricukupbaikdenganskorrata-ratasebesar73%.Motivasipalingtinggiyangdimilikimahasiswayaitupadaketekunanmengerjakantugasdenganpersentasesebesar85%danpalingrendahpadacepatbosanpadatugas-tugasyangrutintidakmencontekpekerjaanoranglainsebesar66%.Padaanalisiskorelasiproductmomentdiperolehnilaikorelasisebesar-0600dansignifikansisebesar0000lt005.Dengandemikiandapatdinyatakanbahwaadanyahubunganmotivasibelajardengankendalamahasiswabarudalamprosespembelajarandaringsecarasignifikan.Hubungantersebutmerupakanhubungannegatifkarenanilaikorelasi(personcorrelation)yangdihasilkanbertandanegatif.Makasemakintinggimotivasibelajarmakakendalapembelajarandaringyangdialamimahasiswaakansemakinrendah