perbedaan variasi round roller, sliding roller dan flying roller pada continuously variable transmission (cvt) terhadap daya dan torsi sepeda motor honda vario 125 cc / prasetya santosa adji
Main Author: | Adji, Prasetya Santosa Adji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143604/ |
Daftar Isi:
- Perkembanganduniaindustridanteknologiotomotifsedangmengalamikemajuanyangsangatcepat.Halinimerupakaninovasidariprodusenotomotifuntukmemproduksikendaraandenganperformaterbaikkepadakonsumen.Salahsatukemajuanteknologinyayaitudalamotomotifdansetiapnegaradiseluruhduniaakanmerasakandarikemajuantersebut.SalahsatukemajuanteknologinyayaitudalamsistempemindahantenagayaituContinuouslyVariableTransmissionadalahtransmisiyangmenggunakansistempuliuntukmenyalurkantenagadarimesinkerodatidaklagimenggunakanrodagigisepetipadatransmisimanual.SistemCVTmerupakansistempemindahantenagapadamotormaticyangprinsipkerjanyamenggunakan6buahrolleruntukmendapatkangayasentrifugalfungsirolleradalahuntukmemberikantekanankeluarpadabagianpuliyangbergerak(slidingsheave)mendekatkesisipulitetap(fixedsheave)yangakanmemberikansebuahperubahanlingkardiameterv-beltlebihmembesarataumengecil.PenelitianinimenganalisatentangkomponenContinuouslyVariableTransmissionyaiturollerCVT.Saatinibukanhanyavariasimassarollersajayangdijualdipasarantapijugabentukrollersekarangberbedatidakbundarsepertidijumpaipadaumumnyainimengindikasikanbahwapemilihanjenisrolleryangsesuaidapatmemperbaikiperformadarikendaraanstandart.Tujuandaripenelitianiniuntukmembandingkannilaidayadantorsimaksimumkendaraanyangdihasilkanmasing-masingjenisrollerCVTterbaikuntukperformakendaraan.PengujianinimenggunakantigajenisrollerCVTdenganberatyangsama.Pengujiandilakukandenganmemasangmasing-masingrollerCVTpadakendaraandanmengambildatamelaluiprosesdynotest.Pengujianmenggunakanalatdynotestinimenghasilkannilaidayatorsidanputaranmesinyangdihasilkankendaraan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaflyingroller(variasi2)mampumenghasilkandayadantorsikendaraanterbesar.RollerCVTdenganflyingrollermampumenghasilkandayamaksimumsebesar1324HPdantorsimaksimumsebesar1656Nm.Flyingrollercocokdigunakanuntukberakselerasidijalanlurusdantanjakankarenadapatmemaksimalkandayadantorsipadakendaraan.Sedangkanvariasiroundroller(standart)cocokdigunakanuntukberakselerasidijalandalamkotakarenamenghasilkantorsilebihbesarmulaidariRPMyanglebihrendah.