perbedaan variasi round roller, sliding roller dan flying roller pada continuously variable transmission (cvt) terhadap daya dan torsi sepeda motor honda vario 125 cc / prasetya santosa adji

Main Author: Adji, Prasetya Santosa Adji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/143604/
Daftar Isi:
  • Perkembanganduniaindustridanteknologiotomotifsedangmengalamikemajuanyangsangatcepat.Halinimerupakaninovasidariprodusenotomotifuntukmemproduksikendaraandenganperformaterbaikkepadakonsumen.Salahsatukemajuanteknologinyayaitudalamotomotifdansetiapnegaradiseluruhduniaakanmerasakandarikemajuantersebut.SalahsatukemajuanteknologinyayaitudalamsistempemindahantenagayaituContinuouslyVariableTransmissionadalahtransmisiyangmenggunakansistempuliuntukmenyalurkantenagadarimesinkerodatidaklagimenggunakanrodagigisepetipadatransmisimanual.SistemCVTmerupakansistempemindahantenagapadamotormaticyangprinsipkerjanyamenggunakan6buahrolleruntukmendapatkangayasentrifugalfungsirolleradalahuntukmemberikantekanankeluarpadabagianpuliyangbergerak(slidingsheave)mendekatkesisipulitetap(fixedsheave)yangakanmemberikansebuahperubahanlingkardiameterv-beltlebihmembesarataumengecil.PenelitianinimenganalisatentangkomponenContinuouslyVariableTransmissionyaiturollerCVT.Saatinibukanhanyavariasimassarollersajayangdijualdipasarantapijugabentukrollersekarangberbedatidakbundarsepertidijumpaipadaumumnyainimengindikasikanbahwapemilihanjenisrolleryangsesuaidapatmemperbaikiperformadarikendaraanstandart.Tujuandaripenelitianiniuntukmembandingkannilaidayadantorsimaksimumkendaraanyangdihasilkanmasing-masingjenisrollerCVTterbaikuntukperformakendaraan.PengujianinimenggunakantigajenisrollerCVTdenganberatyangsama.Pengujiandilakukandenganmemasangmasing-masingrollerCVTpadakendaraandanmengambildatamelaluiprosesdynotest.Pengujianmenggunakanalatdynotestinimenghasilkannilaidayatorsidanputaranmesinyangdihasilkankendaraan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaflyingroller(variasi2)mampumenghasilkandayadantorsikendaraanterbesar.RollerCVTdenganflyingrollermampumenghasilkandayamaksimumsebesar1324HPdantorsimaksimumsebesar1656Nm.Flyingrollercocokdigunakanuntukberakselerasidijalanlurusdantanjakankarenadapatmemaksimalkandayadantorsipadakendaraan.Sedangkanvariasiroundroller(standart)cocokdigunakanuntukberakselerasidijalandalamkotakarenamenghasilkantorsilebihbesarmulaidariRPMyanglebihrendah.