analisis perbedaan performa baterai lithium-ion iron phosphate (lifepo4) dan baterai lead acid dengan pembebanan motor listrik pada sepeda motor / niken renaweni

Main Author: Renaweni, Niken Renaweni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/143602/
Daftar Isi:
  • RenaweniNiken.2021.AnalisisPerbedaanPerformaBateraiLithium-IonIronPhosphate(LiFePO4)danBateraiLeadAciddenganPembebananMotorListrikpadaSepedaMotor.SkripsiJurusanteknikMesinFakultasteknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DrsSumarliM.PdM.T.(II)DrMuchammadHarlyS.T.M.TKataKunciBateraiLithium-IonIronPhosphateBateraiLeadAcidMotorListrikSepedaMotorSumberenergisangatdibutuhkanuntukkelangsunganhidupkonsumsisumberenergisemakinmeningkatdanmengakibatkanketersediaansumberdayaalamsebagaibahanmentahsumberenergisemakinmenipis.DewasainikebutuhantenagalistrikNasionaldalamperiode20tahunkedepanakanmeningkatsekitar69%pertahun.SehinggakebutuhantenagalistrikNasionalyangdiperkirakansekitar315TWhpada2020akanmeningkatmenjadi639TWhpada2030dan1.026Twhpada2038(KeputusanMenteriESDMNo.143Tahun2019).Diperlukanenergiterbarukansebagaitempatmenyimpanenergilistrik.Tempatataumediayangdapatdigunakanuntukmenyimpanenergilistrikadalahbaterai.Sumberenergibaruterbarukanbateraidiciptakanagardigunakansecaraterusmenerus.Bateraiyangdapatdigunakansecaraterusmenerusatauberulangdinamakansecondarybattery.SalahsatujenisbateraiyangmemilikilifecyclepalingbanyakyaitubateraiLithium-Ion.Baterailithium-Ionmerupakansalahsatusecondarybatteryyangdapatmengisidayalebihcepatbertahanlebihlamakarenaself-dischargeyangkecilkepadatanenergiterbaikenergidensitastinggibobotringandanpembuanganlimbahnyalebihramahterhadaplingkungan.BateraiLeadAcid(Pb)merupakanjenissecondarybatterygenerasilamayangbanyakdigunakankarenahargayangrelatifmurahkeandalanyangtinggidankinerjayangbaik.PenelitianbertujuanuntukmelakukananalisisterhadapperbedaanperformaduajenisbateraiyaitubateraiLithium-IonIronPhosphate(LiFePO4)danbateraiLeadAcid.Penelitiandiawalidenganmelakukanstudiliteraturuntukmemahamimasing-masingkarakterbaterai.Alatyangdigunakandalampenelitianpengukuranperformamasing-masingbateraiyaitutimbangandigitalchargerbateraimultimeterkabel5mmstopwatchclambuayathermometergundanmotorlistrik.Pengambilandatachargingrateyaitupadasaatbateraidilakukanpengisianmenggunakanchargerbateraikemudiandiamatipenambahantegangandanaruspengisianbateraimenggunakanmultimeter.Dataenergydensitybateraidiperolehdenganmenghitungmenggunakanrumusenergydensitysetelahmendapatkandataarusmengukurself-dischargerateyaitudenganmeletakanmasing-masingbateraipadaruangandengansuhuyangsamakemudiandidiamkandandilakukanpengecekanteganganyanghilangpadabaterai.Capacitydanvoltagebateraidiperolehdenganmenghitungintegralarusbaterai.HasilpenelitianmenunjukkanbahwabateraiLithium-IonIronPhosphate(LiFePO4)memilikiperformayanglebihbaikdaribateraiLeadAcid.AdapunperbedaanperformabateraiLithium-IonIronPhosphate(LiFePO4)danbateraiLeadAcidmelaluikeempatparameterpengukuranadalahsebagaiberikutParameterchargingrate(tingkatpengisian)mencapaiwaktuchargingbateraiLithium-IonIronPhosphate(LiFePO4)membutuhkanwaktu180menit.WaktuchargingbateraiLeadAcidmembutuhkanwaktu300menit.Parameterenergydensity(densitasenergi)bateraiLithium-IonIronPhosphate(LiFePO4)sebesarJoule.EnergydensitybateraiLeadAcidsebesarJoule.Capacitydanvoltagecell(kapasitasdantegangansel)padabateraiLithium-IonIronPhosphate(LiFePO4).CapacitydanvoltagecellpadabateraiLeadAcidsebesar.Selama14harimengenaiself-dischargeratebateraiLithium-IonIronPhosphate(LiFePO4)mengalamiself-dischargeataupenurunanteganganhinggakehilangan002Voltsehinggateganganbateraimenjadi1206Volt.BateraiLeadAcidmengalamiself-dischargeataupenurunanteganganbateraihingga0.72Voltsehinggateganganbateraimenjadi1136Volt.