Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis adroid untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan kelas XII OTKP SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Kornelia Agata Sari
Main Author: | Sari, Kornelia Agata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143560/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANSariKorneliaAgata.2020.PengembanganMediaPembelajaranMobileLearningBerbasisAndroiduntukMeningkatkanKemandiriandanHasilBelajarPesertaDidikpadaMataPelajaranOtomatisasiTataKelolaHumasdanKeprotokolanKelasXIIOTKPSMKNegeri1BoyolanguTulungagung.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MadziatulChuriyahS.P.M.MKataKunciPenelitiandanPengembanganMediaPembelajaranAndroidAndroidStudioKemandirianBelajarHasilBelajarOtomatisasiTataKelolaHumasdanKeprotokolan.Pengembanganmediapembelajaranberbasismobilelearningmerupakansalahsatusolusiinovasidalampembelajaranjarakjauh(PJJ)yangdiberlakukanpadamasapandemiCovid-19diIndonesia.Pengembanganinibertujuanuntuk(1)MengembangkanmediapembelajaranberbasisM-LearningpadamatapelajaranOtomatisasiTataKelolaHumasdanKeprotokolankelasXIIdiSMKNegeri1BoyolanguTulungagung(2)MengetahuikelayakanpadamediapembelajaranM-LearningpadamatapelajaranOtomatisasiTataKelolaHumasdanKeprotokolanmelaluivalidasidariahlimateridanahlimedia(3)MengetahuiperbedaankemandiriandanhasilbelajarpesertadidikyangtidakmenggunakandanyangmenggunakanmediapembelajaranberbasisM-LearningpadamatapelajaranOtomatisasiTataKelolaHumasdanKeprotokolankelasXIISMKNegeri1BoyolanguTulungagung.Jenispenelitianinimenggunakanreserchanddevelopmentyangtelahdimodifikasimenjadi8tahapanmenyesuaikankebutuhanyaitu(1)PotensidanMasalah(2)PengumpulanData(3)DesainProduk(4)ValidasiDesain(5)RevisiDesain(6)UjiCobaProduk(7)RevisiDesain(8)UjiCobaPemakaian.Jenisdatapadapenelitiandanpengembanganiniberupakualitatifdankuantitatif.Teknikanalisisdatayangdigunakanyaituteknikanalisisdeskriptifdandeskriptifpresentase.HasilpenelitiandanpengembanganiniadalahsebuahmediapembelajaranberbasisandroidstudioyangbernamaSi-MasproyangmengemasmateripembelajaranOtomatisasiTataKelolaHumasdanKeprotokolankelasXIIOTKPpadaKD3.11sampaiKD3.16.Hasilvalidasiahlimateriahlimediadan6pesertadidiksebagaiujicobakelompokkeciladalahmemperilehrata-ratasebesar93%dengankategorildquosangatvalidrdquosehinggalayakdigunakandalampembelajaranmatapelajaranOtomatisasiTataKelolaHumasdanKeprotokolan.Tedapatperbedaandalamkemandirianbelajarpesertadidikdibuktikandenganperolehanskorkelaskontrolsebesar85%dankelaseksperimenmemperoleh88%.Selainituadapulaperbedaanhasilbelajarantarakelaskontrolsebesar87%dankelaseksperimensebesar98%.BerdasarkanhasiltersbeutdapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaankemandiriandanhasilbelajarpesertadidikyangtidakmenggunakandanyangmenggunakanmediapembelajaranSi-Maspro.SaranyangdapatdiberikankepadapenelitiselanjutnyayaitudapatmengembangkanmediapembelajaranpadamaterisemestergenapdimatapelajaranOtomatisasiTataKelolaHumasdanKeprotokolankelasXIIOTKPyangdapatjugadiaksesolehsistemoperasilainsepertiiOS.Selainituuntuklebihmempermudahkanpenggunanyasebaiknyapenelitiselanjutnyadapatmengembangkanmediapembelajaranyangsemuafiturnyadapatdijalankandidalamsatuaplikasitanpabantuangoogleformuliratausoftwarelainnya.