Pengembangan media pembelajaran m-learning berbasis articulate storyline 3 untuk mendukung self-regulated learning peserta didik (studi pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan kelas XI OTP SMK PGRI 2 Malang) / Kiky Arnita Sandra Mustofa
Main Author: | Mustofa, Kiky Arnita Sandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143559/ |
Daftar Isi:
- Penelitianpengembanganmediapembelajaranm-learningberbasisArticulateStoryline3untukmendukungself-regulatedlearningpesertadidikdilatarbelakangiolehkurangnyainovasimediapembelajaranyangdigunakandalampembelajarandaringselamamasapandemidiSMKPGRI2Malang.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah(1)Mengembangkanmediapembelajaranm-learningberbasisArticulateStoryline3padamatapelajaranOtomatisasiTataKelolaKeuanganKelasXIdiSMKPGRI2Malang(2)Mengetahuikelayakanmediapembelajaranm-learningberbasisArticulateStoryline3padamatapelajaranOtomatisasiTataKelolaKeuanganKelasXIdiSMKPGRI2Malangmelaluivalidasiahlimateriahlimedia(3)Mengetahuitingkatself-regulatedlearningpesertadidiksetelahmenggunakanmediapembelajaranm-learningberbasisArticulateStoryline3.Penelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembangan(RampD)yangdimodifikasimenjadi7langkahyaitu1)analisakebutuhan2)perencanaan3)pengembanganprodukawal4)pengujianterbatas5)revisihasilujiproduk6)ujicobalapanganskalaluas7)revisiprodukakhir.UjicobalapanganskalaluasdilakukanpadakelasXIOTPdiSMKPGRI2Malangdenganjumlah28pesertadidik.Selainituteknikanalisisdatapadapenelitiandanpengembangandilakukanpadadatakualitatifdankuantitatif.Hasildaripenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanmediapembelajaranm-learningberbasisArticulateStoryline3denganhasilpersentasevalidasiahlimaterisebesar87%ahlimedia96%danpenilaiandarisubjekujicobapenggunasebesar83%sehinggadapatdisimpulanbahwabahanajaryangdikembangkanlayakdigunakandalamprosespembelajaran.Mediapembelajaranm-learningberbasisArticulateStoryline3terbuktiefektifuntukmendukungself-regulatedlearningdenganskor81%atausangatpositifdanmendapatresponpositifantaralainmediamenyenangkandantidakmembosankansertamembantudalampemahamanmateri.SaranyangdiberikanuntukpengembanganprodukselanjutnyaadalahdilakukanpengembanganpadakompetensidasarlainnyasertadapatdiunggahpadaplatformdigitalsepertidiplaystoreataudiIOS.