pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana guna meningkatkan hasil belajar peserta didik / lailis syaafiyah
Main Author: | Syaafiyah, Lailis Syaafiyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143550/ |
Daftar Isi:
- Penelitianpengembanganmediapembelajaraninteraktifberbasisarticulatestoryline3gunameningkatkanhasilbelajarpesertadidikdilatarbelakangiolehkurangnyasumberbelajardaninovasimediapembelajaranyangdigunakandalampembelajarandaringselamamasapandemi.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah(1)MengembangkanmediapembelajaraninteraktifberbasisArticulateStoryline3padamatapelajaranotomatisasitatakelolasaranadanprasarana.(2)MengetahuikelayakanmediapembelajaraninteraktifberbasisArticulateStoryline3padamatapelajaranotomatisasitatakelolasaranadanprasaranamelaluihasilvalidasidariahlimateriahlimediadanujicobapesertadidik.(3)Mengetahuiefektivitasprodukmelaluiujibedahasilbelajarpesertadidikyangtidakmenggunakanmediapembelajaraninteraktifdanyangmenggunakanmediapembelajaraninteraktifpadamatapelajaranotomatisasitatakelolasaranadanprasarana.PenelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganyangdikemukakanolehBorgampGalldandimodifikasimenjadi7langkahyaitu(1)Analisakebutuhan(2)Perencanaan(3)Pengembanganformatprodukawal(4)Validasidanujicobaproduk(5)revisiproduk(6)ujicobalapanganskalaluas(7)revisiprodukakhir.UjicobalapangandilakukanpadakelasXIOTKP2diSMKNegeri2Kediridenganjumlah25pesertadidik.Selainitupenelitianinimenghasilkandatakualitatifdankuantitatifyangkemudiandianalisismeggunakanujiindependentsamplet-test.HasilprodukpenelitiandanpengembanganiniadalahmediapembelajaranmobilelearningYoB(YourOwnBook)yangdibuatdengansoftwareArticulateStoryline3danberisi4kompetensidasaryakniKD3.6menggunakanmesinkomunikasikantorKD3.7memilihperabotkantorKD3.8menatainteriorkantordanKD3.9mendesaintataruangkantor.HasilvalidasimateridarimediapembelajaranmobilelearningberbasisArticulateStoryline3padamatapelajaranOtomatisasiTataKelolaSaranadanPrasaranayangdilakukanolehahlimaterimemperolehkriterialdquoSangatValidrdquo.BerdasarkanhasilpengisianangketvalidasiolehahlimateridiketahuibahwaMediapembelajaranberbasisArticulateStoryline3inisesuaidengankurikulumsehinggalayakdandapatdigunakansebagaimediapembelajaran.HasilvalidasimediapembelajaraninidikatakanlayakuntukdigunakandalamkegiatanpembelajarankarenadarihasilpenilaianyangdiberikanolehahlimediamemperolehkriterialdquoSangatValidrdquo.Sedangkanpenilaianhasilujicobaprodukyangdilakukankepada9orangpesertadidikkelasXIOTKP1SMKNegeri2Kedirimendapatresponyangpositif.Hasilbelajarrata-ratakelaseksperimenlebihbesardarikelaskontrol.halinidilihatdarinilaiposttest.TerdapatperbedaanhasilbelajarantarapenggunamediapembelajaranmobilelearningberbasisArticulateStoryline3denganyangtidakmenggunakanmediamobilelearningberbasisArticulateStoryline3.Nilairata-ratahasilbelajarranahkognitifdanranahpsikomotorikyangdiperolehkelaseksperimenlebihtinggidarikelaskontrol.halinidiperolehdariujiindependentt-test.DiperolehbahwaH0ditolakyangartinyaterdapatperbedaanrata-rataantarakelaseksperimendankelaskontrol.Saranyangdapatdiberikanyaitumengembangkanmediapembelajaranm-learningberbasisArticulateStoryline3yangdapatmemuatmaterilebihbanyaklagisertadapatdikembangankanpadamatapelajaranlainnya.