pengembangan e-modul menggunakan android berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas xi otkp pada mata pelajaran administrasi keuangan di smk negeri 2 singkawang) / mega riska
Main Author: | Mega Riska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143549/ |
Daftar Isi:
- RiskaMega.2021.PengembanganE-ModulMenggunakanAndroidBerbasisAdobeFlashUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudiPadaKelasXIAdministrasiKeuangandiSMKNegeri2Singkawang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingYuliAgustinaS.EM.M.KataKunciE-ModulAndroidAdobeFlashHasilBelajarAdministrasiKeuangan.Penelitianpengembangane-modulmenggunakanandroidberbasisAdobeFlashuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranAdministrasiKeuanganinidilatarbelakangiolehkondisiCovid-19yangterjadisekaranginidanmengakibatkansiswaharusmelakukanpembelajaransecaradaringdirumah.DenganpembelajarandaringyangdilakukansiswaterjadipenurunanhasilbelajaryangdialamisiswadiSMKNegeri2Singkawang.Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalah(1)MengembangakanE-ModulberbasisAdobeFlashpadaMataPelajaranAdministrasiKeuanganuntukKelasXIOTKPdiSMKNegeri2Singkawang(2)Mengetahuikelayakane-modulmenggunakanandroidberbasisAdobeFlashuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranAdministrasiKeuanganmelaluivalidasiahlimateridanahlimedia(3)MengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswayangmenggunakanmodulelektronikdanyangtidakmenggunakanmodulelektronikpadakelasXIOTKPdiSMKNegeri2Singkawang.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganRampDdenganmengambilteoridariBorgampGallyangdimodifikasimenjadi7langkahyaitu(1)PotensidanMasalah(2)Pengumpulandata(3)Pengembanganformatprodukawal(4)Validasidanujicobaproduk(5)Revisihasilujicobaproduk(6)Ujicobalapanganskalaluas(7)Revisiprodukakhir.Selainituteknikanalisisdatapadapenelitiandanpengembangandilakukanpadadatakualitatifdankuantitatif.Ujicobaprodukyangdilakukanyaitu1)Desainujicobamerupakanhasilpenilaiandarivalidatorahlimateridanmediasertaujicobapenilaiankelompokkecil2)SubjekujicobapenelitianyaitusiswakelasXIOTKPSMKNegeri2Singkawang3)Jenisdatayangdidapatkanmerupakanjenisdatakuantitatifdankualitatif4)Instrumenpengumpulandatapadapadapenelitianiniberupahasilwawancaradankuisioner5)Teknikanalisisdatayangdigunakanuntukmelihatperbedaandarihasilbelajarsiswamenggunakanujimann-whitney.Hasilakhirdaripenelitianberupamediapembelajaranberupae-modulberbasisAdobeFlashyangdikemasdanmampudioperasikanmelaluismartphoneandroidyangdiperuntukkanuntukmatapelajaranAdministrasiKeuangankelasXIOTKPyangmanadifokuskanpadaKD3.6MenganalisisbuktindashbuktipenerimaandanpengeluaranuangdiSMKNegeri2Singkawang.Mediapembelajarane-modulberbasisAdobeFlashinidapatdiaksessecaraofflinedandapatdigunakandimanasajabagiyangmemakaisistemoperasiandroid.HasilvalidasidariahlimateridanmediamenunjukkanhasilbahwaaplikasildquosangatvalidrdquosehinggadapatdisimpulkanAplikasiE-Modulinilayakdigunakanuntukmenunjangpembelajaran.Haliniberdasarkanolehhasilpenilaianvalidasiahlimediayangdiperolehnilaisebesar875%validasiahlimateridiperolehnilaisebesar925%sehinggapengembanganmediapembelajarane-modulberbasisandroidlayakuntukdigunakan.Hasilanalisiskelaseksperimendankelaskontrolmemilikiperbedaanyangsangatsignifikan.Hasilanalisiskelaseksperimensetelahdiujimelaluiujimen-whitneymenunjukkanperolehansig0004yangberartimemilikiperbedaanhasilbelajaryangsangatsignifikandimanahasilyangdiperolehkelaseksperimendiatasnilairatandashrata.Sedangkankelaskontrolnilaiyangdiperolehsiswadibawahratandashrata.Saranyangdiberikanuntukpengembanganprodukselanjutnyadiharapkanmelakukanpengembanganuntukmatapelajaranyangberbedadandapatmengembangkandesaindanfungsindashfungsilainyanglebihmenarik.