pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas xii progam keahhlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran di smk pgri turen kabupaten malang) / khoirotul amanah

Main Author: Amanah, Khoirotul Amanah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/143548/
Daftar Isi:
  • Eraglobalisasimerupakaneradimanaperkembangandankemajuanjamansecaramenyeluruhmenghasilkankemajuanteknologiyangsemakinmaju.Secaratidaklangsungperkembanganteknologimemangsangatberpengaruhterhadapberbagaibidangtermasuksalahsatunyadalambidangpendidikan.Teknologidapatdimanfaatkandalamuntukmembuatdanmenerapkanmediadalamkontekspembelajaran.Mediadiperlukansebagaipenyampaikonsepdengantujuanefisiensidanefektifitasdalampenyampaiansertapemahamankonsepbagigurudanpesertadidik.LectoraInspiremerupakansoftwareyangdapatdigunakansebagaimediapembelajaraninteraktifmenunjangpemahamanpesertadidikdandapatmeningkatkanhasilbelajar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)MenghasilkanprodukberupamediapembelajaranberbasisLectoraInspireyanglayakdanefektifdigunakanuntukpesertadidik(2)MengetahuikelayakanpadamediapembelajaranberbasisLectoraInspiremelaluiahlimediadanahlimateri(3)MengetahuipeningkatanhasilbelajarpesertadidikyangmenggunakanmediapembelajaranbebrbasisLectoraInspire.PenelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganRampDmengambilteoridariBorgampGallyangdimodifikasimenjadi8langkahyaitu(1)PotensidanMasalah(2)Pengumpulandata(3)Desainproduk(4)Validasidesain(5)Revisidesain(6)UjicobaProduk(7)revisiproduk(8)Ujicobapemakaian.SubjekujicobapadapenelitianiniadalahpesertadidikkelasXIIOTKPSMKPGRITuren.Jenisdatayangdigunakanialahdatakuantitatifdankualitatatif.HasilpenelitiandanpengembanganiniberupamediapembelajaranberbasislectorainspirepadamatapelajaranOtomatisasiTataKelolaSaranadanPrasaranadenganKD3.14MenerapkanPemanfaatanSaranadanPrasaranayangdisimpandalamformat.exedidalamCompactDisk(CD).Hasilvalidasiolehahlimateridiperolehpersentase94.4%danhasilvalidasiolehahlimediadiperolehpersentase925%.DarihasilvalidasiolehkeduavalidatortersebutmenyatakanmediapembelajaranberbasislectorainspirevalidefektifdandapatdipergunakantanparevisiHasilbelajarpesertadidikpadaujicobalapanganpadakelasXIIOTKPdenganrata-ratanilaiposttestmendapatkannilai87.80lebihtinggidaripadarata-ratanilaipretest78.95.Jadipenggunaanmediapembelajaranberbasislectorainspireinidapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.BeberapahaluntukmemaksimalkanpemanfaatanmediapembelajaranberbasisLectoraInspireadalaha)mempersiapkandenganbaikdanmemahamimateriuntukkelancarandalamprosespembelajaranb)harusmengertibeberapaurutananimasididalammediasupayatidaksampaisalahdalampenyampaianc)lebihpekaterhadappermasalahanyangterdapatdalamkelasdanberusahauntukmencarisolusidalamrangkamencapaitujuanpembelajaran.emsp