pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas xii progam keahhlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran di smk pgri turen kabupaten malang) / khoirotul amanah
Main Author: | Amanah, Khoirotul Amanah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143548/ |
Daftar Isi:
- Eraglobalisasimerupakaneradimanaperkembangandankemajuanjamansecaramenyeluruhmenghasilkankemajuanteknologiyangsemakinmaju.Secaratidaklangsungperkembanganteknologimemangsangatberpengaruhterhadapberbagaibidangtermasuksalahsatunyadalambidangpendidikan.Teknologidapatdimanfaatkandalamuntukmembuatdanmenerapkanmediadalamkontekspembelajaran.Mediadiperlukansebagaipenyampaikonsepdengantujuanefisiensidanefektifitasdalampenyampaiansertapemahamankonsepbagigurudanpesertadidik.LectoraInspiremerupakansoftwareyangdapatdigunakansebagaimediapembelajaraninteraktifmenunjangpemahamanpesertadidikdandapatmeningkatkanhasilbelajar.Tujuanpenelitianiniadalah(1)MenghasilkanprodukberupamediapembelajaranberbasisLectoraInspireyanglayakdanefektifdigunakanuntukpesertadidik(2)MengetahuikelayakanpadamediapembelajaranberbasisLectoraInspiremelaluiahlimediadanahlimateri(3)MengetahuipeningkatanhasilbelajarpesertadidikyangmenggunakanmediapembelajaranbebrbasisLectoraInspire.PenelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganRampDmengambilteoridariBorgampGallyangdimodifikasimenjadi8langkahyaitu(1)PotensidanMasalah(2)Pengumpulandata(3)Desainproduk(4)Validasidesain(5)Revisidesain(6)UjicobaProduk(7)revisiproduk(8)Ujicobapemakaian.SubjekujicobapadapenelitianiniadalahpesertadidikkelasXIIOTKPSMKPGRITuren.Jenisdatayangdigunakanialahdatakuantitatifdankualitatatif.HasilpenelitiandanpengembanganiniberupamediapembelajaranberbasislectorainspirepadamatapelajaranOtomatisasiTataKelolaSaranadanPrasaranadenganKD3.14MenerapkanPemanfaatanSaranadanPrasaranayangdisimpandalamformat.exedidalamCompactDisk(CD).Hasilvalidasiolehahlimateridiperolehpersentase94.4%danhasilvalidasiolehahlimediadiperolehpersentase925%.DarihasilvalidasiolehkeduavalidatortersebutmenyatakanmediapembelajaranberbasislectorainspirevalidefektifdandapatdipergunakantanparevisiHasilbelajarpesertadidikpadaujicobalapanganpadakelasXIIOTKPdenganrata-ratanilaiposttestmendapatkannilai87.80lebihtinggidaripadarata-ratanilaipretest78.95.Jadipenggunaanmediapembelajaranberbasislectorainspireinidapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.BeberapahaluntukmemaksimalkanpemanfaatanmediapembelajaranberbasisLectoraInspireadalaha)mempersiapkandenganbaikdanmemahamimateriuntukkelancarandalamprosespembelajaranb)harusmengertibeberapaurutananimasididalammediasupayatidaksampaisalahdalampenyampaianc)lebihpekaterhadappermasalahanyangterdapatdalamkelasdanberusahauntukmencarisolusidalamrangkamencapaitujuanpembelajaran.emsp