pengembangan media pembelajaran video tutorial berbasis media sosial instagram pada mata pelajaran penataan produk dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas xi bdp 1 smk negeri 1 udanawu blitar / haliza febriani

Main Author: Febriani, Haliza Febriani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Online Access: http://repository.um.ac.id/143511/
Daftar Isi:
  • RINGKASANFebrianiHaliza.2021.PengembanganMediaPembelajaranVideoTutorialBerbasisMediaSosialInstagramPadaMataPelajaranPenataanProdukDalamUpayaMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidikKelasXIBDP1SMKNegeri1UdanawuBlitar.Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingHandriDianWahyudiS.PdM.Sc.KatakuncimediapembelajaranhasilbelajarvideotutorialmediasosialInstagram.PadadasarnyaSMKmembekalipesertadidikuntuksiapmenghadapiduniakerja.Sehinggapembelajaranyangditerapkanmenekankanpadakualitasketerampilan.Namunketerbatasanruangdansaranapedukungpraktikumsertapesatnyaperkembanganteknologipembelajaranyangtidakdiimbangikemampuanadaptasisiswadanpengajarmengakibatkankualitasketerampilansiswaturutmenurun.SalahsatunyaialahpadaketerampilanPenataanProdukjurusanBDPyangrendahberdasarkanhasildatabelajarsiswa.Untukituperlunyaalternatifcarasebagaiupayapeningkatanhasilbelajarsiswa.PenelitianinidilaksanakandalampenelitianRampD(ResearchandDevelopment)denganmenggunakanmodeldariBorgampGalldengan6tahapanyangsudahdimodifikasiolehpenelitiyaituPotensidanmasalahPengumpulandataDesainprodukValidasiDesainRevisiDesaindanPenerapanProduk.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahangketvalidasiahlimateriahlimediaresponpesertadidiksertahasiltest.Teknikanalisadatamenggunakanujivaliditasuntukmengetahuitingkatkelayakansertaujiefektivitasuntukmengujikeefektivitasanmediapembelajaran.Dalampenelitiantujuanutamayangdicapaiialah(1)MenghasilkanprodukmediapembelajaranvideotutorialberbasismediasosialInstagramuntukmengatasiketerbatasanfasilitaspraktikumkelasXIBDP1SMKNegeriUdanawuBlitar(2)MengetahuikelayakanmediapembelajaranvideotutorialberbasismediasosialInstagrampadamatapelajaranPenataanProdukkelasXIBDP1diSMKNegeri1UdanawuBlitar(3)MengetahuiresponsiswaXIBDP1dalampenggunaanmediapembelajaranvideotutorialberbasismediasosialInstagrampadamatapelajaranPenataanProdukdiSMKNegeri1UdanawuBlitar(4)MengetahuiefektifitasmediapembelajaranvideotutorialberbasismediasosialInstagrampadamatapelajaranPenataanProdukdalamupayameningkatkanhasilbelajarpesertadidik.DantelahdiperolehhasilpenelitianberupaprodukvideotutorialberbasismediasosialInstagramdengannilaivalidasiolehahlimediasebesar96%danpadaahlimaterisebesar96%.Sedangkanuntukhasilpenerapanprodukialahsebesar8730%.SelamaprosespembelajaranmenggunakanmediapembelajaranvideotutorialberbasismediasosailInstagramhasilbelajardapatmeningkatdaripembelajaransebelumnyayaitumemilikiselisihantararata-ratahasilbelajarsetelahmenggunakanmediadansebelummenggunakanmediasebesar81.SehinggadapatdikatakanbahwamediayangdikembangkanolehpenelitisudahlayakdigunakandanditerapkanpadapembelajaranPenataanProduktanpaharusmelaluitahapperbaikan.Responpesertadidikterhadapmediasangatpositifmenurutpesertadidikmediayangdibuatsangatmenarikdanmudahdipahami.