pengembangan rancangan dan perangkat pembelajaran keanekaragaman tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan berpikir kritis siswa kelas x di sman 8 malang karya witia ardipeni / witia ardipeni

Main Author: Ardipeni, Witia Ardipeni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/143486/
Daftar Isi:
  • Padaabadke-21kemajuanteknologiberkembangpesatdalamberbagaisektorkehidupantermasukdalampendidikan.US-basedPartnershipfor21stCenturySkills(P21)mengidentifikasiketerampilanyangdibutuhkandalamabadke-21yaituberpikirkritisberpikirkreatifkomunikasidankolaborasiyangdikenaldenganistilah4C.Dalamupayauntukmenghadapitantanganabadke-21PemerintahIndonesiamembuatKurikulum2013atauK-13.SalahsatukompetensiyangharusdimilikisiswaSMAdalammatapelajaranBiologidiK-13adalahmenerapkanproseskerjailmiah.SalahsatumodelpembelajaranyangmendukungpembelajaranK-13danmengasahkerjailmiahadalahinkuiriterbimbing.AkibatPandemiCovid-19kegiatanbelajarharusdilakukansecaraonline.Untukmendukungpembelajaranbiologisecaraonlinetelahdilakukanpenelitiandengantujuan(1)Menghasilkanrancangandanperangkatpembelajarankeanekaragamantumbuhanberbasisinkuiriterbimbingdenganbantuanpodcastdangoogleclassroomyangvalidpraktisdanefektifdigunakan(2)MeningkatkanketerampilankerjailmiahdankemampuanberpikirkritissiswakelasXSMAN8Malangmelaluiimplementasirancangandanperangkat.PenelitianinimerupakanpenelitiandanpengembanganatauResearchandDevelopment(RampD).ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahADDIE.ModelpengembanganADDIEterdiridarilimatahapanyaituanalisisdesainpengembanganimplementasidanevaluasi.SubjekdalampenelitiandanpengembanganadalahsiswakelasXMIA4SMAN8Malang.Datayangdiperolehberupadatakualitatifdankuantitatif.Datakualitatifdiperolehdarikomentardansarandarivalidator.Datakuantitatifberupapenilaianskoryangdiperolehdariangketvalidasiolehvalidatorangketkeefektifansiswadanskorn-gainhasilpretest-posttest.Hasilujivalidasiprodukyangdikembangkanmenunjukkanrerataskorsilabussebesar871%dengankriteriavalidRPPsebesar912%dengankriteriasangatvalidLKSsebesar797%dengankriteriavalidinstrumenpenilaiankerjailmiahsebesar824%dengankriteriavalidinstrumenpenilaianberpikirkritissebesar808%dengankriteriavaliddanpodcastsebesar793%dengankriteriavalid.Hasilujiketerlaksanaanperangkatpembelajaransebesar89%dengankriteriasangatpraktis.Hasilujikepraktisanberdasarkanangketresponsiswasebesar823%dengankriteriasangatpraktis.Hasilujikeefektifanketerampilankerjailmiahdanberpikirkritisberturut-turutsebesar02dan006dengankategorirendah.