pengembangan multimedia interaktif mobile learning berbasis problem based learning pada materi ekosistem untuk melatih keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa sma negeri 7 malang / mawaddatul hasanah

Main Author: Mawaddatul Hasanah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/143485/
Daftar Isi:
  • RINGKASANHasanahMawaddatul.2021.PengembanganMultimediaInteraktifMobileLearningberbasisproblembasedlearningpadaMateriEkosistemuntukMelatihKeterampilanBerpikirKreatifdanHasilBelajarSiswaSMANegeri7Malang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)AmyTenzerDra.M.S.(2)Dr.AviaRizaDwiKurniaS.Pd.M.PdKatakuncimultimediainteraktifmobilelearningketerampilanberpikirkreatifekosistemproblembasedlearning.Keterampilanberpikirkreatifmerupakansalahsatuketerampilanberpikirtingkattinggiyangsangatdiperlukanolehsiswadalammenghadapipermasalahandizamanpenuhtantangan.NamunhasilwawancaradengangurubiologidanhasiltesmateriplantaebermuatanindikatorketerampilanberpikirkreatifsiswakelasXIPA2diSMAN7Malangmenunjukkanketerampilanberpikirkreatifsiswatergolongkurang.OlehkarenaitualternatifpemecahanmasalahinidapatdilakukanmelaluipemanfaatanmodelyanginovatifdanmediapembelajaranyangmenarikyaitupengembanganmultimediainteraktifmobilelearningberbasisproblembasedlearningsehinggadapatmelatihketerampilanberpikirkreatifsiswakelasXIPA2SMAN7Malang.PenelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmultimediainteraktifmobilelearningmateriEkosistemyangterujikevalidandankepraktisannyasebagaiupayamelatihketerampilanberpikirkreatif.PenelitianinimenggunakanmodelpengembanganADDIE(Branch2009)dengantahapansebagaiberikutanalyze(menganalisis)design(merancang)develop(mengembangkan)implement(mengimplementasikan)danevaluate(mengevaluasi).Padapenelitianinitahapimplement(mengimplementasikan)tidakdapatdilaksanakankarenaadanyakebijakankegiatanpembelajarantatapmukatidakdapatdilaksanakanterkendalaolehpandemicorona.SubjekujicobaonetoonetrialmeliputisiswakelasXIIPA2sebanyak3orangdengankriteriakognitifrendahsedangdantinggi.Smallgrouptrialterdiridari10orangsiswaXIIPA2yangtelahmenempuhmateriekosistem.FieldtrialdiberikankepadasiswakelasXIIPA2yangterdiridari35siswa.CounductpilottestdiberikankeapadasiswakelasXIPA2yangterdiridari36siswadangurubiologidariSMAN7MalangyangmengajarkelasXIPA2.Hasilvalidasimaterimediapraktisipendidikanolehvalidatorsecaraberurutanmemperolehnilaisebesar100%97%dan90%dengankriteriasangatlayakdigunakandalamprosespembelajaranmelatihketerampilanberpikirkreatifsiswadantetapdirevisiberdasarkansarandanmasukandarivalidator.Persentasetersebutmenunjukkanbahwamateriyangdigunakantelahsesuaidengankonsepdankedalamannyamediajugatelahvaliddandapatdigunakandalamprosespembelajaranuntukmelatihketerampilanberpikirkreatifsiswadanmencipatkansuasanapembelajaranyangmenarikkreatifdaninovatif.Hasilujikepraktisanolehgurusebesar875%sedangkanhasilujikepraktisanolehsiswasebesar88%.Persentasetersebutmenunjukkanbahwamediayangtelahdigunakantergolongmudahdigunakanmenarikdanmudahdipahamiuntukdigunakandalamprosespembelajarangunamelatihketerampilanberpikirkreatifsiswa.Berdasarkanhasilpenelitianpengembanganmultimediainteraktifmobilelearningberbasisproblembasedlearningsudahlayakdigunakandalamprosespembelajaranmateriekosistemuntukmelatihketerampilanberpikirkreatifsiswa.Saranpengembanganuntukproduklebihlanjutyaituperluadanyapengembanganlebihlanjutagaraplikasiagardapatdiinstaldiseluruhtipegawai.