Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis problem based learning (pbl) berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas xi di sman 1 turen / Ratna Putri Kusuma Wardhani
Main Author: | Wardhani, Ratna Putri Kusuma Wardhani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143476/ |
Daftar Isi:
- SeiringperkembanganteknologisaatinisetiapindividudapatbelajardariberbagaisumberdanmediapembelajaranyangtersediaterlebihsaatkondisipandemiCOVID-19yangmembuatsiswaharusbelajarsecaradaringdarirumah.Namunpelaksanaanpembelajarandaringdinilaimonotondankurangdapatmeningkatkanketerampilanabad21siswa.US-BasedPartnershipfor21stCenturySkillmenjelaskan4keterampilanyangpentinguntukdikuasaidalamabad21yaknikomunikasikolaborasikreativitassertaberpikirkritisdanpemecahanmasalah.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatmengembangkanketerampilanabad21khususnyaketerampilanberpikirkritisdanpemecahanmasalahadalahmodelProblemBasedLearning(PBL).Untukitutujuandaripenelitianpengembanganiniadalah(1)menghasilkanperangkatpembelajaranberupasilabusRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)LembarKerjaSiswa(LKS)podcastdanlembarpenilaiandenganmenggunakanmodelpembelajaranPBLdan(2)mengukurtingkatketerampilanberpikirkritisdanpemecahanmasalahsiswakelasXIdiSMAN1Turenmelaluiimplementasiperangkatpembelajaranyangtelahdisusun.PenelitianinimerupakanjenispenelitianpengembanganyangmenggunakanmodelADDIEuntukmenghasilkanprodukyangvalidpraktisdanefektif.ModelADDIEterdiridari5tahapyakniAnalyzeDesignDevelopImplementdanEvaluation.SubjekdalampenelitianpengembanganiniadalahsiswakelasXIMIPA1SMAN1Turen.Datayangdidapatkanberupadatakuantitatifdandatakualitatif.DatakuantitatifdidapatkandarihasilvalidasiolehvalidatorangketresponssiswaangketketerbacaanangketketerlaksanaansintakssertanilaiN-gain.Datakualitatifdidapatkandarisarandankomentarparavalidator.Hasildariujivaliditasprodukyangdikembangkanyaknisilabusmemilikirerataskor94%dengankategorisangatvalidRPPmemilikirerataskor958%dengankategorisangatvalidlembarpenilaianmemilikirerataskor96%dengankategorisangatvalidLKSmemilikirerataskor959%dengankategorisangatvalidsertapodcastmemilikirerataskor962%dengankategorisangatvalid.Hasilujikepraktisanberdasarkanangketketerlaksanaansintaksmemilikiskor93%dengankategorisangatpraktishasilujikepraktisanberdasarkanangketresponssiswamemilikiskor82%dengankategorisangatpraktis.HasilujikeefektifanberupanilaiN-gainyangdidapatkandarinilaisiswasaatmengikutipretestdanposttestsebesar03dengankategorisedanguntukketerampilanpemecahanmasalahdansebesar04dengankategorisedanguntukketerampilanberpikirkritis.