pengembangan mobile learning berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sma negeri 10 malang / ayu noerfitriah
Main Author: | Noerfitriah, Ayu Noerfitriah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143468/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilobservasididapatkaninformasibahwaketerampilanberpikirkritissiswaSMANegeri10Malangmasihtergolongrendah.Rendahnyatingkatketerampilanbeprikirkritissiswadikarenakankurangoptimalnyamediapembelajaranyangdigunakanguru.Solusidaripermasalahaniniadalahdenganmenghasilkanmediapembelajaranyangmampumelatihketerampilanberpikirkritissiswa.Tujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukaplikasimobilelearningberbasisproblembasedlearningyangvalidpraktisdanefektifuntukmelatihketerampilanberpikirkritissiswapadamateriperubahanlingkungan.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahmodelpengembanganLeedanOwen.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXdiSMANegeri10Malangberjumlah33siswa.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanadalahlembarwawancaraangketdantes.Teknikanalisisdatayangdigunakanmeliputiteknikanalisisdeskriptifkuantitatifperhitunganpersentasedanperhitungann-gainscoresertateknikanalisisdeskriptifkualitatifyangdiperolehdarikomentarmaupunsaran.Hasilujikevalidanolehahlimediasebesar100%ahlimaterisebesar93%danahliasesmensebesar931%.Hasilujikepraktisanmenunjukkanbahwaaplikasimobilelearningyangdikembangkanmudahdiinstalldandigunakanpersentasehasilkepraktisansebesar9267%dan9203%.Hasilujikeefektifanmenggunakanperhitungann-gainscorediperolehrerataskorsebesar077dengankriteriakeefektifandansebagianbesarsiswamengalamipeningkatanpadasetiapindikatorberpikirkritisyangdigunakan.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwamobilelearningberbasisPBLyangdikembangkanvalidpraktisdanefektifuntukmelatihketerampilanberpikirkritissiswa.