pengembangan mobile learning berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sma negeri 10 malang / ayu noerfitriah

Main Author: Noerfitriah, Ayu Noerfitriah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/143468/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilobservasididapatkaninformasibahwaketerampilanberpikirkritissiswaSMANegeri10Malangmasihtergolongrendah.Rendahnyatingkatketerampilanbeprikirkritissiswadikarenakankurangoptimalnyamediapembelajaranyangdigunakanguru.Solusidaripermasalahaniniadalahdenganmenghasilkanmediapembelajaranyangmampumelatihketerampilanberpikirkritissiswa.Tujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukaplikasimobilelearningberbasisproblembasedlearningyangvalidpraktisdanefektifuntukmelatihketerampilanberpikirkritissiswapadamateriperubahanlingkungan.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahmodelpengembanganLeedanOwen.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXdiSMANegeri10Malangberjumlah33siswa.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanadalahlembarwawancaraangketdantes.Teknikanalisisdatayangdigunakanmeliputiteknikanalisisdeskriptifkuantitatifperhitunganpersentasedanperhitungann-gainscoresertateknikanalisisdeskriptifkualitatifyangdiperolehdarikomentarmaupunsaran.Hasilujikevalidanolehahlimediasebesar100%ahlimaterisebesar93%danahliasesmensebesar931%.Hasilujikepraktisanmenunjukkanbahwaaplikasimobilelearningyangdikembangkanmudahdiinstalldandigunakanpersentasehasilkepraktisansebesar9267%dan9203%.Hasilujikeefektifanmenggunakanperhitungann-gainscorediperolehrerataskorsebesar077dengankriteriakeefektifandansebagianbesarsiswamengalamipeningkatanpadasetiapindikatorberpikirkritisyangdigunakan.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwamobilelearningberbasisPBLyangdikembangkanvalidpraktisdanefektifuntukmelatihketerampilanberpikirkritissiswa.