Pengembangan buku petujuk pratikum kimia perubahan materi dan uji daya hantar listrik larutan berbasis inkuiri terbimbing berlandaskan green chemistry untuk siswa SMA/MA Kelas x / Suci Ramadhani

Main Author: Ramadhani, Suci
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/143460/
Daftar Isi:
  • PerkembanganIPTEKSyangsangatpesatmampumemberikandampaknegatifbagilingkungansehinggadibutuhkanpenanganansecaraterencanauntukmengatasinya.Pembangunanberkelanjutan(sustainabledevelopment)dianggapsebagaistrategiyangsesuaiuntukmengatasinyadanpendidikanmerupakanajangyangpasuntukmemperkenalkannyakepadasiswamelaluipembelajaran.Penerapanpembangunanberkelanjutan(sustainabledevelopment)dalampembelajarandapatdilakukandenganmengintergrasikankonsepgreenchemistry(sustainableinchemistry)padapembelajarankimiaberbasispraktikum.Melaluipenerapantersebutdiharapkandapatmembuatsiswasadarakanpentingnyamenjagakeberlanjutanlingkungan.Selainpenerapankonsepgreenchemistrydalampraktikumkimiajugadiperlukanbukupetunjukpraktikumyangdapatmembantusiswauntukaktifmembangunpengetahuannyasecaramandiri.Berdasarkanhaltersebutmakadiperlukanadanyabukupetunjukpraktikumberbasisinkuiriterbimbingberlandaskangreenchemistry.TujuandaripenelitianpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanbukupetunjukpraktikumkimiaperubahanmateridanujidayahantarlistriklarutanberbasisinkuiriterbimbingberlandaskangreenchemistryuntuksiswaSMA/MAkelasXyanglayak.PengembanganbukupetunjukpraktikuminimengadaptasimodelpengembanganFour-D(4D).Modelpengembanganiniterdiridari4tahapyaitutahappendefinisian(define)tahapperancangan(design)tahappengembangan(develop)dantahappenyebaran(disseminate).Penelitianinihanyadilakukanhinggatahappengembangan(develop).Untukmengetahuitingkatkelayakandariprodukyangtelahdikembangkandilakukanvalidasiisidanujiketerbacaanterbatasterhadapprodukyangdihasilkan.Validasiisidilakukanolehsatudosendansatuoranggurukimiasedangkanujiketerbacaanterbatasdilakukanoleh25orangsiswaSMANegeri1Lawang.Datayangdiperolehberupadatakuantitatifdandatakualitatif.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisispersentase.Berdasarkanvalidasiisiyangtelahdilakukandiperolehhasilsebesar916%untukbukugurudan9317%untukbukusiswa.Hasiltersebutmenunjukkanbahwabukugurudanbukusiswayangdihasilkantergolongsudahsangatlayak.Ujiketerbacaanterbatasyangtelahdilakukanmemberikanhasilsebesar8706%dengankriteriatinggisehinggamenunjukkanbahwabukuyangdihasilkantergolongmudahuntukdibaca.Namunpenelitianpengembanganbukupetunjukpraktikuminimasihperluditeruskanhinggatahappenyebaran(disseminate)agarprodukyangdikembangkansiapdigunakansebagaibahanajarpenunjangpembelajarandiLaboratoriumyanglayakdanefektifsecaramasal.