Efektivitas penggunaan UKBM terhadap literasi sains materi alat optik dalam PjBL -STEM dengan asesmen formatif pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Malang / Choirun Nisah Alifiyah

Main Author: Alifiyah, Choirun Nisah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/143375/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAlifiyahChoirunNisah.2020.EfektivitasPenggunaanUKBMTerhadapLiterasiSainsMateriAlatOptikDalamModelPjBL-STEMDenganAsesmenFormatifPadaPesertaDidikKelasXIMIASMANegeri9MalangSkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.ParnoM.Si(2)SentotKusairiKataKunciUKBMberbasisPjBL-STEMPjBL-STEMAsesmenFormatifLiterasiSainsPerkembanganilmupengetahuandanteknologimenuntutpesertadidikuntukmemilikemampuanliterasisains.StudiPISAtahun2015menyatakanbahwakemampuanliterasisainspesertadidiksaatinimasihtebilangrendah.Rendahnyaliterasisainspesertadidikdapatterjadiakibatprosesbelajaryangbelummengalamiprosesbelajaryangsecarautuhkarenapembelajaranyangditerapkanmasihbersifatkonvensionaldalamartianpesertadidiktidakdilatihuntukmenyelesaikanpermasalahandikehidupansehari-harisecarailmiah.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengujiefektivitaspenggunaanUKBMberbasisPjBL-STEMterhadapliterasisainsmaterialatoptikpadapesertadidikkelasXIMIASMANegeri9Malang.Penelitianinimenggunakanjenisrancannganpenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)dengandesainpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.SampeldalampenelitianiniadalahkelasXIMIA2sebagaikelaseksperimendankelasXIMIA3sebagaikelaskontrol.KelaseksperimendiberikanperlakuanberupapembelajaranyangmenggunakanUKBMberbasisPjBL-STEMdenganasesmenformatifsedangkankelaskontrolperlakuanyangdiberikandenganmodelpembelajaranPjBL-STEMdenganasesmenformatiftetapitidakmenggunakanUKBM.Hasilpretestdanposttestkemampuanliterasisainspesertadidikdilakukanujiprasyaratyangmeliputiujinormalitasujihomogentiasdanujihipotesis.Berdasarkanhasilanalisisdatadariujihipotesisdiperolehthitungttabel6890167dengantarafsignifikansi005.HasilhitungmenunjukkanbahwaH0ditolakdanH1diterima.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapesertadidikkelasXIMIASMANegeri9MalangpadapokokbahasanalatoptikyangdiberiperlakuanmenggunakanUKBMberbasisPjBL-STEMdenganasesmenformatifmemilikipeningkatankemampuanliterasisainsyanglebihtinggidibandingkandenganyangdiberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranPjBL-STEMdenganasesmenformatiftanpamenggunakanUKBM.