pengembangan e-modul interaktif berbasis multimedia untuk meningkatkan pemahaman konsep fluida statis pada siswa kelas xi sma / muhammad imam muslim

Main Author: Muslim, Muhammad Imam Muslim
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.um.ac.id/143366/
Daftar Isi:
  • E-modulInteraktifadalahbahanajaryangberisibatasan-batasanmaterimetodedanteknikmelaksanakanevaluasipembelajaranyangdirancangdenganmenarikdansistematisdalamupayamemenuhikompetensi/subkompetensisekolahyangdiharapkandapatsesuaidengantingkatancapaiannya.Kriteriae-modulinteraktifiniadalahkemampuanbahanajariniuntukmembelajarkansiswasecaramandiri.DaribeberapapenelitiantentangE-ModulsemuanyahasilnyasamayaitupengembanganE-Moduldapatmenunjukkanpeningkatanhasilbelajardanpemahamankonsepsiswa.PenelitianinidikategorikanResearchandDevelopment(RampD).PadapenelitianinipenelitimenggunakanpenelitianmodelADDIE.ModelADDIEiniada5tahapyaitu(1)Analysis(analisis)(2)Design(desain/perancangan)(3)Development(pengembangan)(4)Implementation(implementasi/eksekusi)(5)Evaluation.Teknikpengumpulandatayangdipakaipadapenelitianpengembangane-modulinteraktifiniadalahangket.Jenisdatayangdipakaiadalahdatadeskriptifkuantitatif.Hasilprodukmemilikiformataplikasi.apkdan.exemakadariituprodukinidapatdigunakandalamsistemandroidmaupuncomputer.Berdasarkanujivalidasiprodukolehvalidatordiperolehhasilvalidasimaterisebesar361validasimediasebesar365sehinggaprodukdikategorikansangatvaliddanuntukujikelayakanolehsiswadiperolehhasilpersentasesebesar9594%sehinggaprodukdikatergorikanlayakdigunakanuntukprosesbelajarmengajar