pengembangan e-modul interaktif berbasis multimedia untuk meningkatkan pemahaman konsep fluida statis pada siswa kelas xi sma / muhammad imam muslim
Main Author: | Muslim, Muhammad Imam Muslim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143366/ |
Daftar Isi:
- E-modulInteraktifadalahbahanajaryangberisibatasan-batasanmaterimetodedanteknikmelaksanakanevaluasipembelajaranyangdirancangdenganmenarikdansistematisdalamupayamemenuhikompetensi/subkompetensisekolahyangdiharapkandapatsesuaidengantingkatancapaiannya.Kriteriae-modulinteraktifiniadalahkemampuanbahanajariniuntukmembelajarkansiswasecaramandiri.DaribeberapapenelitiantentangE-ModulsemuanyahasilnyasamayaitupengembanganE-Moduldapatmenunjukkanpeningkatanhasilbelajardanpemahamankonsepsiswa.PenelitianinidikategorikanResearchandDevelopment(RampD).PadapenelitianinipenelitimenggunakanpenelitianmodelADDIE.ModelADDIEiniada5tahapyaitu(1)Analysis(analisis)(2)Design(desain/perancangan)(3)Development(pengembangan)(4)Implementation(implementasi/eksekusi)(5)Evaluation.Teknikpengumpulandatayangdipakaipadapenelitianpengembangane-modulinteraktifiniadalahangket.Jenisdatayangdipakaiadalahdatadeskriptifkuantitatif.Hasilprodukmemilikiformataplikasi.apkdan.exemakadariituprodukinidapatdigunakandalamsistemandroidmaupuncomputer.Berdasarkanujivalidasiprodukolehvalidatordiperolehhasilvalidasimaterisebesar361validasimediasebesar365sehinggaprodukdikategorikansangatvaliddanuntukujikelayakanolehsiswadiperolehhasilpersentasesebesar9594%sehinggaprodukdikatergorikanlayakdigunakanuntukprosesbelajarmengajar