Penggunaan metode amtsilati dalam pembelajaran membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Falah Jepara / Muhammad Taufik

Main Author: Taufik, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/143282/
Daftar Isi:
  • RINGKASANTaufikMuhammad.2019.PenggunaanMetodeAmtsilatidalamPembelajaranMembacaKitabKuningdiPondokPesantrenDarulFalahJepara.SkripsiJurusanSastraArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Dosenpembimbing(1)Dr.NurhidayatiM.pd.(2)Dr.LilikNurKholidahM.pd.I.KatakunciMetodeAmtsilatiKitabKuningPondokPesantrenDarulFalahJepara.PenelitianinimembahastentangpenggunaanmetodeAmtsilatidalampembelajaranmembacakitabkuningdipondokpesantrenDarulFalahJepara.Metodeinimerupakanmetodeyangterbilangefektifdalampembelajaranmembacakitabkuning.PondokpesantrenDarulFalahJeparatermasuksalahsatupondokpesantrenyangterusberkembangkarenamemilikisuatukarakteristikyangberbedadenganpesantrenlaindengankeunggulanmetodeAmtsilatiyangditemukanolehpengasuhnyasendiri.Selainitumetodeinimerupakansebuahmetodepembelajaranmembacakitabkuningdenganpembelajaranyangpraktisdancepat.Halinimendorongpenelitiuntukmenelitipembahasanini.Tujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikan1)penggunaanmetodeAmtsilatidalampembelajaranmembacakitabkuning.2)faktorpendukungdanpenghambatpenggunaanmetodeAmtsilatidalampembelajaranmembacakitabkuning.3)solusifaktorpenghambatpenggunaanmetodeAmtsilatidalampembelajaranmembacakitabkuning.Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatifdenganpendekatanstudikasus.DatakualitatifdalampenelitianinimeliputikegiatanpenggunaanmetodeAmtsilatifaktorpendukungfaktorpenghambatpenggunaanmetodeAmtsilatidansolusiuntukfaktorpenghambat.SumberdatapenelitianiniadalahpengasuhPondokPesantrenDarulFalahJeparagurudansantri.Instrumenpenelitianiniadalah(1)pedomanobservasi(2)penelitidan(3)pedomanwawancara.Pengumpulandatadiperolehmelalui(1)observasidan(2)wawancara.Adapunlangkah-langkahanalisisdatapenelitianadalah(1)pengumpulandatadanpengecekandata(2)reduksidatapenelitimenyeleksidatayanglayakdipakaisesuaidengantujuandanmasalahpenelitian(3)penyajiandatadan(4)penyimpulan.Hasilpenelitianiniadalah(1)penggunaanmetodeAmtsilatidalampembelajaranmembacakitabkuningterdiriatasa)kegiatanpembukaanmeliputipembacaandoadansalampengondisiankesiapansantrimotivasipembelajaranpenjelasanmaterisecaraumumdanpengulanganmaterisebelumnyab)kegiatanintimeliputipenyampaianmateridenganmetodeceramahpenyampaianmateridenganmetodetanyajawabhafalanbaitpembacaanulangmaterihafalanbaitdidepankelaspertanyaantentangkosakatabarudanpencatatankosakatabaruc)kegiatanpenutupmeliputipengecekanulangpemahamansantripemberiantugaspemberitahuanmateriselanjutnyadanpenutupanpembelajarandengandoadansalam(2)faktorpendukungdanfaktorpenghambatfaktorpendukungterdiriatasa)metodeAmtsilatimenyenangkandanbisaditerimaolehsemuakalanganusiab)fasilitasyangmemadaidankegiatanpondokc)pengulanganbersamad)pengajaryangmumpunie)kitabyangdigunakanf)semangatbelajarsantrig)temanyangmendukung.Faktorpenghambatterdiriatasa)kesulitanmenerjemahkitabkuningb)rasamalasbelajarc)lingkungankurangmendukungd)terpaksabelajardipondoke)kesulitanmenghafalf)adanyasantriyangbelumbisabacatulisal-Qurrsquoang)temanyangmalas(3)Solusiuntukfaktorpenghambatterdiriatasa)programkhususdanprogampascaAmtsilatiuntukmendalamikitabkuningbagisantriyangkesulitanmenerjemahkitabkuningb)motivasidanwejanganbagibeberapasantriyangmalasbelajarc)kenyamanandalambelajardiPondokPesantrenbagibeberapasantriyangmerasaterpaksa.d)tiqroranbagisantriyangkesulitandalammenghafalkanbait-baitdalamkitabAmtsilatie)kelaspraAmtsilatibagisantriyangtidakbisabacatulisal-Qurrsquoanf)menciptakanlingkungansekitaryangmendukungg)bertemandengantemanyangrajin.Selanjutnyabagi(1)Lembagaformalmaupunlembaganon-formallainyangtengahmelangsungkanpembelajaranmembacakitabkuningdapatmenggunakanmetodeAmtsilatidenganmelihatdanmempertimbangkanbeberapamanfaatdanfaktoryangterdapatpadametodetersebut.(2)Penelitilainyangakanmelakukanpenelitianlebihlanjuttentangstudikasuspembelajaranmembacakitabkuningdiharapkanmempersiapkansemuainstrumenpenelitiandenganbaikdanmengumpulkandatasebanyakmungkinsebagaibahananalisis.