Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan strategi pemodelan untuk siswa SMA/MA kelas X / Ruli Andayani
Main Author: | Andayani, Ruli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143188/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAndayaniRuli.2010.PengembanganBahanAjarMenulisCerpendenganStrategiPemodelanuntukSiswaSMA/MAKelasX.SkripsiJurusanSastraIndonesiaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.YuniPratiwiM.Pd.(II)AzizatusZahroS.Pd.M.Pd.KatakuncipengembanganbahanajarmenuliscerpenstrategipemodelanPenelitianpengembanganinidilatarbelakangiolehsejumlahmasalahyaknicerpen-cerpenkaryasiswasebagaipenulispemulamasihmemilikibanyakkelemahan.Kelemahan-kelemahanumumyangseringdilakukanadalah(1)masalahpembukaancerpenyangterlalubertele-tele(2)komposisiyangtidakproporsional(3)bahasayangtidaksesuaidenganperkembanganzamandantidakmemerhatikanketepatanejaan(4)penutupcerpenyangmudahditebakdan(5)judulyangtidaksesuaidenganisi.Selainitusiswajugaseringmengalamikesulitandalammenuliscerpenterutamadalamhalmencariidesehinggaacapkalisiswamalasuntukmenulis.Agarprosespembelajaranmenuliscerpendapatberlangsungdenganbaiksehinggadapatmencapaitujuanyaknisiswamemilikiketerampilanmenuliscerpenpalingtidakadaduahalharusdipenuhiolehparagurusebagaipembimbing.Pertamaguruharusmampumenyusunstrategipembelajaranmenuliscerpenyangtepatdanmendukungkelancaranprosespembelajaran.Strategiadalahsuatupolaumuminteraksikegiatanpembelajaranuntukmencapaikompetensiyangtelahditargetkan.StrategiiniharustercermindalamRencanaPelaksanaanPembelajaran.Keduagurudituntutagarmampumenyediakanbahanajaryangsesuaidengankebutuhansiswa.Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkan(1)modelRencanaPelaksanaanPembelajaranmenuliscerpendan(2)modelbahanajarpembelajaranmenuliscerpendenganstrategipemodelanyangdikemukakanolehAlbertBandura.Dalamteoripemodelanpembelajarandilakukandalam4faseyaknifaseattention(perhatian)faseretensi(mengulangkembali)fasereproduksi(menghasilkankarya)danfasemotivasi(pemberiansemangatkepadasiswadalambentukpujianpenghargaandanhadiahagarsiswatetapgiatbelajar).RancanganpenelitianinidiadaptasidarimodeldesainsistempembelajaranDickdanCareytahun2005.Berdasarkanmodeltersebutdalampenelitianiniada4tahappengembanganyangdilakukanyakni(1)tahapprapengembangan(2)tahappengembangan(3)tahapujicobadan(4)tahaprevisi.Pelaksanaanpengembangandilakukanberdasarkantemuananalisiskebutuhanbahanajaryangdilakukanpadatahapprapengembangan.Produkhasilpengembanganselanjutnyadiujicobakanuntukmengetahuikelayakanprodukyaknimelaluiujiahliujipraktisidanujikelompokkecil(siswaSMA).Datadalampenelitianiniberupadatanumerikdandataverbal.Datanumerikdiperolehdarihasilpenilaianahlipraktisidansiswaterhadapprodukyakniberupaskor.Dataverbaldibedaakanmenjadidatatertulisdandatalisan.Datatertulisberupacatatankomentarkritikmaupunsaran-saranyangdituliskanolehsubjekcobapadalembarpenilaiansedangkandataverballisanberupaviviiinformasilisanketikawawancaralangsungdenganketigakelompokuji.Hasilwawancaraselanjutnyaditranskripsikanagardapatdianalisis.Padapenelitianinipenelitibertindaksebagaihumaninstrument.Sebagaiinstrumenpenunjangdigunakanangketpenilaiandanpedomanwawancarabebas.Analisisdatadilakukandengancara(1)mengumpulkandataverbaltertulisyangdiperolehdariangketpenilaian(2)mentranskripdataverballisan(3)menghimpunmenyeleksidanmengklasifikasidataverbaltulisdanhasiltranskripverballisanberdasarkankelompokujidan(4)menganalisisdatadanmerumuskansimpulananalisissebagaidasaruntukmelakukantindakanterhadapprodukyangdikembangkanapakahharusdirevisiataudiimplementasi.Penelitianpengembanganinimenghasilkanduaprodukyakni(1)RencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)menuliscerpendan(2)bahanajarmenuliscerpen.KeduaproduktersebutdisusunberdasarkanstrategipemodelanAlbertBandura.KegiatanpembelajarandalamRPPdibagimenjadi3tahapyaknitahappembukaintidanpenutup.Sedangkanfase-fasepemodelandijabarkansebagaiberikutfaseperhatian(attention)danretensitercerminpadapertemuanpertamafasereproduksipadapertemuankeduasedangkanfasemotivasipadapertemuanketiga.Padafaseperhatiankegiatanyangdilakukansiswaadalahmembacacontohcerpenyangmenariksecarabergantian.Padafaseretensikegiatanyangdilakukanadalahmenuliskankembalicerpenyangsudahdibaca.Padafasereproduksikegiatanyangdilakukanadalahlatihanmenuliscerpensampaibenar-benarmenghasilkancerpenutuh.Kegiatanpadatahapmotivasiadalahmemajangcerpenkaryasiswayangdilanjutkandenganpemberianhadiahkepadasiswayangpalingaktifselamapembelajarandansiswayangdengankaryacerpenterbaik.Bahanajariniberisipetunjuk-petunjukmenuliscerpensecarabertahapyaknisejakmencariidemengembangkanidemenjaditahapan-tahapanalurlatihanmendeskripsikantokohlatarperistiwasampaipadatahapmenghasilkancerpensecarautuh.Sistematikapenulisanbahanajardilakukansecaraberurutanmengikutilangkah-langkahmenuliscerpen.BahasayangdigunakanadalahragamformaldankomunikatiftampilanbahanajardibuatmenarikdandicetakdikertasA480gramdengandominasiwarnabiru.DaripenelitianpengembanganyangtelahdilakukandiperolehsimpulanbahwaRPPdanbahanajaryangdikembangkandisusunberdasarkanteoripemodelan.Produkpengembanganinidapatdigunakanuntukmengatasikesulitan-kesulitansiswadalammenuliscerpensebabdidalamproduktersebutditawarkansejumlahsolusipemecahanmasalah.Bahanajaryangdikembangkantelahsesuaidengankebutuhansiswa.Sebagailangkahpemanfaatanprodukhasilpengembangandisarankansiswamenggunakanbahanajarinidalampembelajaranmenuliscerpenmencermatisetiaplangkah-langkahpembelajarandanmenanyakankepadagurujikaadayangtidakdimengerti.Sedangkangurudisarankanuntukmenggunakanbahanajarinisebagaisumberutamadalampembelajaranmenuliscerpen.SelanjutnyaprodukpengembangandapatdisebarluaskandalamforumMGMPdanditulisdalamjurnalpenelitian.Langkah-langkahpengembanganyangdilakukanpadapenelitianinidapatdijadikanacuandalampengembanganbahanajarmenuliskreatiflainbaikmenulissastrakaryatulisilmiahmaupunkaryatulisilmiahpopuler.