Peningkatan kemampuan menulis pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun siswa kelas VII Mts Al Hidayah Karangploso Malang dengan menggunakan media daftar kosakata / Erna Fitriyah
Main Author: | Fitriyah, Erna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143148/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipantundaftarkosakataMatapelajaranBahasaIndonesiadilaksanakanmelaluipengembanganempatketrampilanberbahasayaknimendengarkanmenulismembacadanberbicara.Menulispantunmerupakansalahsatukompetensiberbahasadanbersastrakurikulum2006SMP/MTSmatapelajaranbahasadansastraindonesia.Pembelajaranmenulispantunmenekankanpadakemampuansiswadalammenulispantunyangsesuaidengansyarat-syarattertentupantunyangperludikuasaiolehsiswa.Prosespembelajaranyangmenarikdanmenyenagkansiswadapatmenghasilkansiswayangkompetendalammenulispantunyangsesuaidengansyarat-syaratpantunyaituterdiriatasempatlarikataubarispadatiapbaitbersajaksilangataua-b-a-bduabarispertamamerupakansampiranduabaristerakhirmerupakanisidanbanyaknyasukukatatiaplarikataubarisantaradelapansampaidubelassukukatasesuaidengankompetensiyangharusdicapaipadakurikulum2006.Untukmencapaitujuantersebutguruharusmemilikimediayangtepatdalampembelajaranmenulispantun.Mediatersebutdigunakanuntukmembantusiswadalammenulispantunyangsesuaidengansyarat-syaratpantun.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)bagaimanaprosesdanhasilpeningkatankemampuanmenulispantunyangsesuaidengansyaratpantunsiswakelasVIIMTsAlHidayahKarangploso-Malangdenganmenggunakanmediadaftarkosakatapadatahappramenulis(2)bagaimanaprosesdanhasilpeningkatankemampuanmenulispantunyangsesuaidengansyaratpantunsiswakelasVIIMTsAlHidayahKarangploso-Malangdenganmenggunakanmediadaftarkosakatapadatahapmenulisdan(3)bagaimanaprosesdanhasilpeningkatankemampuanmenulispantunyangsesuaidengansyaratpantunsiswakelasVIIMTsAlHidayahKarangploso-MalangdenganmenggunakanmediadaftarkosakatapadatahappascamenulisPenelitianinidilakukandiMTsAlHidayahKarangploso-MalangdifokuskanpadasiswakelasVIIsebagaisubjekpenelitian.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahRancanganPenelitianTindakanKelas(PTK).Datayangdigunakanberupadataverbaldataperilakusiswadalampembelajaranmenulisdatanumerikyangberupaskorhasilpadatahappramenulismenulisdanpascamenulisdandatanonverbalyangberupadokumentasifotosiswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniyaknilembarobservasidanangket.Penelitianinidilakukanhinggaduasiklusuntukmencapaitujuanpenelitianyaitupeningkatankemampuanmenulispantundenganmenggunakanmediadaftarkosakata.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwamediadaftarkosakatadapatmeningkatkankemampuanmenulispantun.PadasiklusItahappramenulisdari24siswayangmendapattindakan18siswadikatakanberhasilmencapainilairata-iiratakelasdiatasSKM(70)denganrincian9siswamencapaikriteriasangatbaikdenganrentangannilai100-907siswamencapaikriteriabaikdenganrentangannilai89-80dan1siswamencapaikriteriacukupdenganrentangannilai79-71.Dalamtahappramenulismasihterdapat6siswayangmendapatnilairata-ratakelasdibawahSKM(70)denganrincian10siswamencapaikriteriasangatbaikdenganrentangannilai100-906siswamencapaikriteriabaikdenganrentangannilai89-80dan1siswamencapaikriteriacukupdenganrentangannilai79-71.Dalamtahapiniditemukan7siswayangmencapainilairata-ratakelasdibawahSKM(70)denganrincian20siswamencapaikriteriasangatbaikdan4siswamencapaikriteriabaik.PadasiklusIIdidapatkanhasilsemuasiswamengalamipeningkatannilairata-ratakelasdiatasSKM(70).Berdasarkandata-datayangsudahdicapaipadasiklusIdansiklusIIsiswasudahmampumenulispantunsecarautuhdantepatsesuaidengansyaratpantundenganmenggunakanmediadaftarkosakata.Mediadaftarkosakatadapatmenjadiinspirasibagisiswadenganbuktisiswamampumenulispantundenganutuhdantepatsesuaidengansyaratpantun.Temayangsudahdipilihdansyarat-syaratpantunyangtelahditentukanmembantusiswauntukmenuangkangagasanyamenjadipantunyangutuhdantepatsesuaidengansyaratpantun.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanuntukkepalasekolahdanguruagarmenggunakanmediadaftarkosakatasebagaisalahsatumediapembelajaranmenulispantunataupuisisebabdaftarkosakatamerupakansebuahdaftaryangberisisejumlahnamabendayangseringditemuidalamkehidupansiswasekaligusdapatmemperluaskosakatasiswadanmudahdipahamisertadaptmembantusiswadalammengaturpolasajakpantunyangharusabab.