Pengembangan bahan ajar menulis dongeng menggunakan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP kelas VII / Encil Puspitoningrum

Main Author: Puspitoningrum, Encil
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/143136/
Daftar Isi:
  • KatakuncipengembanganbahanajarmenulisdongengpendekatankontekstualSalahsatustandarkompetensi(SK)dalampembelajaranmenuliskreatifsastrapadajenjangpembelajaranmenulissastraIndonesiadiSMPkelasVIIdalamKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)adalahmengekspresikanpikiranperasaandanpengalamanmelaluipantundandongeng.Salahsatukompetensidasar(KD)untukmencapaimaksudyangterkandungdalamSKtersebutyaknimenuliskembalidenganbahasasendiridongengyangpernahdibacaataudidengar.SecaraumumtujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkanmodelbahanpembelajaranmenuliskembalidongengyangdibacamenggunakanpendekatankontekstualuntuksiswaSMPkelasVII.Elemen-elemenbahanajaryangdikembangkandalampenyusunanbahanajarinimeliputibahasanisipenggunaanbahasasistematikapenulisandantampilanprodukbahanajar.Penelitianinimengkhususkanpadakegiatanmenuliskembalidongengyangtelahdibacadenganmenggunakanpendekatankontekstual.Menulismerupakankegiatanyangmembutuhkanprosesberkesinambungansalahsatujenismenulisyangmembutuhkanprosesberkesinambunganadalahmenuliskreatifsastra.Dalammenuliskreatifsastrapenulisharusmampumenghubungkandanmemanfaatkanskematayangdimilikinyasehinggamenghasilkantulisanyangbaikdanmenarikuntukdibaca.Adapunartidongengmerupakanceritaprosarakyatyangyangbersifatrekaanataukhayalyangdidalamnyamengandungfantasitetapimengandunghiburanpesanmoraldansindiran.Pendekatankontekstualadalahsuatukonseppembelajaranyangmengembangkankemampuansiswasecarabertahapdenganpengalamandanmenghubungkanmateriyangdidapatdengankehidupannyatasertadapatmengaplikasikanpengetahuanyangdiperolehnyadalamkehidupannyata.Penelitianinimenggunakanmetodepengembangandeskriptifkuantitatif.MetodepengembangandigunakanuntukmengembangkanprodukyangberupabahanajarmenulisdongengdanmengembangkannyadalambentukbukuajarmenulisdongengmenggunakanpendekatankontekstualuntuksiswaSMPkelasVII.Untukmengetahuivalidasiprodukbukuajardiujicobakankepadaduapakarsatugurudansiswa.Ujicobabukuajardilakukanuntukmendapatkanmasukanberupapenilaiankomentarkritikdansaranyangrelevansebagaibahanuntukrevisi.Datadalampenelitianiniberupadatanumerikdandataverbal.Datanumerikdiperolehdarihasilpenilaianahlipraktisigurudansiswaterhadapprodukyakniberupaskor.Dataverbaldibedaakanmenjadidatatertulisdandatalisan.Datatertulisberupacatatankomentarkritikmaupunsaran-saranyangdituliskanolehsubjekcobapadalembarpenilaiansedangkandataverballisanberupainformasilisanketikawawancaralangsungdenganketigakelompokuji.Hasilwawancaraselanjutnyaditranskripsikanagardapatdianalisis.Padapenelitianinipenelitibertindaksebagaihumaninstrument.Adapuninstrumenpenunjangdigunakanangketpenilaiandanpedomanwawancarabebas.RancanganpenelitianinidiadaptasidarimodeldesainsistempembelajaranPannendanPurwanto2001.Melaluiadaptasimodeltersebutmetodepengembanganiniterdiriatasprosedurpengembangandanujicobadanrevisiproduk.Prosedurpengembangandirumuskandalambeberapatahapyaitu1)tahappertamaterdiriatasanalisiskebutuhan(analisiskurikulum)2)tahapkeduaterdiridarianalisiskarakteristiksiswapenentuanstrategipembelajarandanpenyusunanRPP3)tahapketigaterdiriataspenulisandanpenyusunanbahanajar4)tahapkeempatyaituujicobaproduk5)tahapkelimayaiturevisiproduk6)tahapkeenamyaituprodukakhir.Ujicobadanrevisiprodukbahanajardirumuskantigatahapyaitu1)padatahappertamaujicobadilakukanpadaahli/pakaryaituahlisastradanahlipembelajaran2)ujicobakeduadilakukanpadagurupengajardanterakhir3)ujicobadilakukanpadasiswaSMPNegeri3KedirikelasVIIyangberjumlah36siswa.Dariketigatahaptersebutditentukanprodukditindaklanjutirevisiatauimplementasihinggamenjadiprodukjadi.Hasilujibahanajardenganahlisastramenghasilkanrata-ratakelayakansebesar6818%ahlipembelajaran8235%guruBahasaIndonesia9117%dansiswa8812%.Hasilujidenganahlisastramenunjukkanbahanajartergolongcukuplayakdanbeberapasubstansiharusdirevisisedangkanmenurutahlipembelajaransastraproduktergolonglayakdandapatdiimplementasikandengandemikianbahanajarinitelahlayakuntukdiimplentasikandalampembelajaransebabdarikeempataspekyangdiujikansemuanyatelahmemenuhisyaratkelayakanproduk.HasilujipadagurubahasaIndonesiadansiswamenunjukkanbahanajartergolonglayakdansiapdiimplementasikan.Dataverbaldariahlisastramenitikberatkanpadabahwaketidakseimbanganpadaaspekmembacadongengdengankegiatanmenuliskembalidongengyangdibaca.Dataverballisandariahlipembelajaranmenitikberatkanpadatataletakpenulisanbahanajar.Dataverbaldarigurumrnitikberatkanpadatatatulisbahanajarpadapemilihanhuruf.Dandataverbaldarisiswaadalahbahanajarsecarakeseluruhanbagustetapimasihkurangpadaaspekbahasauntukmemotivasisiswa.Simpulanpenelitianpengembanganiniadalahbahanajardikembangkandenganmenggunakanpendekatankontekstualdanhasilujimenunjukkanprodukbahanajartergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Berdasarkanhasilpenelitianpengembanganbahanajarinidiharapkandapatmemberikanmanfaatdansaranbagibeberapapihak.Bagikepalasekolahbahanajarinidapatmemberikankesempatanuntukguruuntukmengembangkanbahanajarsecaramandiri.Bagigurudapatmenyusunbahanajarsecaramandiridanlebihkreatif.BagipenelitilainProsedurpenelitianpengembanganbahanajarinidapatmenjadipedomanbagipenelitilainuntukmelakukanpenelitianserupa.Denganmenggunakanbahanajaryangberfungsisebagaialternatifbahanpembelajaranmenulisdongengdiharapkanpembelajaranmenulisdongenglebihbermaknadanmenarikbagisiswa.SelanjutnyaprodukpengembangandapatdisebarluaskandalamforumMGMPdanditulisdalamjurnalpenelitian.