Pengembangan media pembelajaran "Cangkriman Prapatan" sebagai media pembelajaran bahasa Jawa siswa kelas V di SDN Songgokerto III Batu / Dendik Sumantriyo

Main Author: Sumantriyo, Dendik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/143108/
Daftar Isi:
  • KataKuncimediapembelajaranCangkrimanPrapatanbahasaJawaPengajaranbahasaJawadisekolahpadaumumnyalebihbanyakberisikonsep-konseptentangstrukturbahasaJawayanglebihmenitikberatkanberdasarkantatabahasatradisionalmengesampingkanpembelajaranterapan/aplikasi.BukantidakmungkinpelajaranbahasaJawauntukanak-anakmudaakankembalitampildenganwajahyangmenjemukan.JikahalituyangterjadibukanpembinaanyangdiperolehmelainkanpembinasaanterhadapbahasaJawadidepanparacalonpendukungnya.Untukitusebagaisalahsatualternatifuntukmengatasimasalahyangterjadibisadimaksimalkanpemanfaatanmediapembelajaran.Mediapembelajaranyangbersifattradisionalbisadirubahmenjadisuatumediapembelajaranyangmenyenangkandanmengasikkanbagisiswa.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranCangkrimanPrapatanyaknibentukmediacarapenggunaanmediasertamediayangmenyenangkandanmenarikbagisiswa.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmerupakandasaruntukmengembangkanprodukyangakandihasilkan.Modelpenelitianpengembanganinimenggunakanmodelproseduralyaknimodelyangbersifatdeskriptifmenunjukkanlangkah-langkahyangharusdiikutiuntukmenghasilkanproduk.Jenisdatayangdiperolehdaripenelitianiniyaknidatakualitatifdankuantitatif.Datakualitatifdiperolehpenelitiberdasarkansarandanmasukanyangdiberikanolehpereviewberdasarkanujicobayangdilakukan.Datakuantitatifdiperolehdarihasilujicobakepadatimahlidanpraktisiberupapenilaiandalamlembarbalikansertaangketkuisioneryangtelahdiisisiswa.Sumberdatadiperolehdarisubjekujicobayangterdiridari(a)timahli(b)praktisi(c)sertasiswa.UntukpelaksanaanujicobapenelitimelakukanujicobasiswakelasVdiSDNSonggokertoIIIBatusebagaitahapakhirujicobaproduksertaberbagaimacamrevisiyangdilakukanolehpeneliti.Hasilanalisaujicobapertamaolehtimahliyangdilakukanolehuaorangahli(DosenSastraJawaUniversitasNegeriMalang)terhadapmediaCangkrimanPrapatandiperolehskor86%.UjicobayangkeduadilakukanolehpraktisiyaknigurubahasaJawadiSDNSonggokertoIIIBatudiperolehskor100%.Ujicobayangterkahiryakniyangketigadilakukanoleh22siswakelasVdiSDNSonggokertoIIIBatudiperolehskorrata-rata87%.Berdasarkanskoryangdiperolehdariketigaujicobatersebutdiperolehskor91%yaknidariskorrata-ratasetelahmenjumlahkanketigaskorujicobayangdiperoleh.BerdasarkankriteriayangditentukandandapatdikatakanbahwamediapembelajaranCangkrimanPrapataninimemenuhikriteria80%-100%sehinggamediainidapatdigunakandiSDNSonggokertoIIIBatuuntuksiswakelasVdanbisadikatakansudahbaik.DarihasilmasukanolehparaahlipraktisisertasiswapadasaatujicobadihasilkanprodukmediapembelajaranCangkrimanPrapatanyangberjudulAyoSinauCangkrimanPrapatan.SetelahdilakukananalisisterhadapmediayangdikembangkanmakadiperolehhasilmediapembelajaranCangkrimanPrapatansebagaimediadalampembelajaranbahasaJawasiswakelasVdiSDNSonggokertoIIIBatuinidapatdigunakan.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagardilakukanujicobasecaraberulang-ulangpadasubyekyanglebihbesardandiharapkandapatdisosialisasikankepadagurubahasaJawadisekolahlainsebagaitambahanpengetahuansertasaranapengajaranuntukmendukungpembelajaranbahasaJawa.