Pengembangan media pembelajaran "Cangkriman Prapatan" sebagai media pembelajaran bahasa Jawa siswa kelas V di SDN Songgokerto III Batu / Dendik Sumantriyo
Main Author: | Sumantriyo, Dendik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143108/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimediapembelajaranCangkrimanPrapatanbahasaJawaPengajaranbahasaJawadisekolahpadaumumnyalebihbanyakberisikonsep-konseptentangstrukturbahasaJawayanglebihmenitikberatkanberdasarkantatabahasatradisionalmengesampingkanpembelajaranterapan/aplikasi.BukantidakmungkinpelajaranbahasaJawauntukanak-anakmudaakankembalitampildenganwajahyangmenjemukan.JikahalituyangterjadibukanpembinaanyangdiperolehmelainkanpembinasaanterhadapbahasaJawadidepanparacalonpendukungnya.Untukitusebagaisalahsatualternatifuntukmengatasimasalahyangterjadibisadimaksimalkanpemanfaatanmediapembelajaran.Mediapembelajaranyangbersifattradisionalbisadirubahmenjadisuatumediapembelajaranyangmenyenangkandanmengasikkanbagisiswa.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengembangkanmediapembelajaranCangkrimanPrapatanyaknibentukmediacarapenggunaanmediasertamediayangmenyenangkandanmenarikbagisiswa.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmerupakandasaruntukmengembangkanprodukyangakandihasilkan.Modelpenelitianpengembanganinimenggunakanmodelproseduralyaknimodelyangbersifatdeskriptifmenunjukkanlangkah-langkahyangharusdiikutiuntukmenghasilkanproduk.Jenisdatayangdiperolehdaripenelitianiniyaknidatakualitatifdankuantitatif.Datakualitatifdiperolehpenelitiberdasarkansarandanmasukanyangdiberikanolehpereviewberdasarkanujicobayangdilakukan.Datakuantitatifdiperolehdarihasilujicobakepadatimahlidanpraktisiberupapenilaiandalamlembarbalikansertaangketkuisioneryangtelahdiisisiswa.Sumberdatadiperolehdarisubjekujicobayangterdiridari(a)timahli(b)praktisi(c)sertasiswa.UntukpelaksanaanujicobapenelitimelakukanujicobasiswakelasVdiSDNSonggokertoIIIBatusebagaitahapakhirujicobaproduksertaberbagaimacamrevisiyangdilakukanolehpeneliti.Hasilanalisaujicobapertamaolehtimahliyangdilakukanolehuaorangahli(DosenSastraJawaUniversitasNegeriMalang)terhadapmediaCangkrimanPrapatandiperolehskor86%.UjicobayangkeduadilakukanolehpraktisiyaknigurubahasaJawadiSDNSonggokertoIIIBatudiperolehskor100%.Ujicobayangterkahiryakniyangketigadilakukanoleh22siswakelasVdiSDNSonggokertoIIIBatudiperolehskorrata-rata87%.Berdasarkanskoryangdiperolehdariketigaujicobatersebutdiperolehskor91%yaknidariskorrata-ratasetelahmenjumlahkanketigaskorujicobayangdiperoleh.BerdasarkankriteriayangditentukandandapatdikatakanbahwamediapembelajaranCangkrimanPrapataninimemenuhikriteria80%-100%sehinggamediainidapatdigunakandiSDNSonggokertoIIIBatuuntuksiswakelasVdanbisadikatakansudahbaik.DarihasilmasukanolehparaahlipraktisisertasiswapadasaatujicobadihasilkanprodukmediapembelajaranCangkrimanPrapatanyangberjudulAyoSinauCangkrimanPrapatan.SetelahdilakukananalisisterhadapmediayangdikembangkanmakadiperolehhasilmediapembelajaranCangkrimanPrapatansebagaimediadalampembelajaranbahasaJawasiswakelasVdiSDNSonggokertoIIIBatuinidapatdigunakan.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagardilakukanujicobasecaraberulang-ulangpadasubyekyanglebihbesardandiharapkandapatdisosialisasikankepadagurubahasaJawadisekolahlainsebagaitambahanpengetahuansertasaranapengajaranuntukmendukungpembelajaranbahasaJawa.