Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media video klip musik pop untuk siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Yossy Firmansyah
Main Author: | Firmansyah, Yossy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143095/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKemampuanmenulispembelajaranmenulismediavideoklipDalamkegiatanbelajarmengajarmenulismempunyaiperananpentingkarenamenulismerupakandasaruntukmenguasaikemampuanberbahasalainnya.Olehkarenaitupenggunaanmediayangtepatdalampembelajaranmerupakanhalyangharusdipertimbangkanolehpengajaragartujuanpembelajarankemampuanmenulisdapattercapai.Akantetapikenyataandilapanganmenunjukkanpembelajaranmenulismasihperluditingkatkan.BerdasarkanhasilstudipendahuluandiSMPNegeri2Malangkemampuanmenulissiswamasihrendahdanbelummencapainilaistandaryangditetapkansekolahtersebutterutamapadakemampuanmenulisnaskahdrama.Berdasarkanalasan-alasantersebutpenelitianinibertujuanmeningkatkankemampuanmenulisnaskahdramapadasiswakelasVIIIGSMPNegeri2Malangmenggunakanmediavideoklip.Penggunaanmediavideoklipdiharapkandapatmenambahminatdansemangatsiswadalambelajarsiswatentangmenulisnaskahdramasehinggapembelajaranmenulisdapatdilaksanakansebagaimanamestinya.Manfaatpenelitianiniadalahmembantusiswadalammengatasikesulitanpembelajarankhususnyamenulisnaskahdramamemotivasisiswauntukbelajardanmelatihsiswamelakukankegiatanmenulissecaraefektif.Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasyangterdiriatasduasiklus.Tiapsiklusterdiriatastahapperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilakukandengantesdannontes.Alatpengambilandatayangdigunakanberupatesobservasidanwawancara.Analisisdatayangdilakukansecarakuantitatifdankualitatif.BerdasarkananalisisdatapenelitiankemampuanmenulisnaskahdramasiswapadakemampuanawalsiklusIdansiklusIImenunjukkanpeningkatanpadatahappramenulistahapmenulisdantahappascamenulis.Penggunaanmediavideoklippadatahappramenulisdikategorikansangatbaiksebesar827%siswadapatmeningkatkankemampuansiswadalammembuatkerangkannaskahdrama.Penggunaanmediavideoklippadatahapmenulisdikategorikansangatbaiksebesar956%siswadapatmeningkatkankemampuansiswadalammembuatnaskahdramadenganmengembangkankerangkanaskahdramamenjadinaskahdramayangutuhdanpadu.Penggunaanmediavideoklippadatahappascamenulisdikategorikansangatbaiksebesar100%siswadapatmemberikankomentarterhadapnaskahdramamiliktemannya.Peningkatankemampuanmenulisnaskahdramapadatiapsiklusdiikutidenganperubahanperilakupositifsiswa..Darihasilpenelitianinisaranyangdisampaikanpenelitiadalahpenggunaanmediavideoklipdapatmenumbuhkanminatdanketertaikansiswadalampembelajaranmenulisnaskahdramasehinggaperludipertimbangkanpenggunaannyadalampembelajaran.