Peningkatan kemampuan menulis kreatif naskah drama dengan menggunakan media video klip musik pop untuk siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Yossy Firmansyah

Main Author: Firmansyah, Yossy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/143095/
Daftar Isi:
  • KatakunciKemampuanmenulispembelajaranmenulismediavideoklipDalamkegiatanbelajarmengajarmenulismempunyaiperananpentingkarenamenulismerupakandasaruntukmenguasaikemampuanberbahasalainnya.Olehkarenaitupenggunaanmediayangtepatdalampembelajaranmerupakanhalyangharusdipertimbangkanolehpengajaragartujuanpembelajarankemampuanmenulisdapattercapai.Akantetapikenyataandilapanganmenunjukkanpembelajaranmenulismasihperluditingkatkan.BerdasarkanhasilstudipendahuluandiSMPNegeri2Malangkemampuanmenulissiswamasihrendahdanbelummencapainilaistandaryangditetapkansekolahtersebutterutamapadakemampuanmenulisnaskahdrama.Berdasarkanalasan-alasantersebutpenelitianinibertujuanmeningkatkankemampuanmenulisnaskahdramapadasiswakelasVIIIGSMPNegeri2Malangmenggunakanmediavideoklip.Penggunaanmediavideoklipdiharapkandapatmenambahminatdansemangatsiswadalambelajarsiswatentangmenulisnaskahdramasehinggapembelajaranmenulisdapatdilaksanakansebagaimanamestinya.Manfaatpenelitianiniadalahmembantusiswadalammengatasikesulitanpembelajarankhususnyamenulisnaskahdramamemotivasisiswauntukbelajardanmelatihsiswamelakukankegiatanmenulissecaraefektif.Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelasyangterdiriatasduasiklus.Tiapsiklusterdiriatastahapperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilakukandengantesdannontes.Alatpengambilandatayangdigunakanberupatesobservasidanwawancara.Analisisdatayangdilakukansecarakuantitatifdankualitatif.BerdasarkananalisisdatapenelitiankemampuanmenulisnaskahdramasiswapadakemampuanawalsiklusIdansiklusIImenunjukkanpeningkatanpadatahappramenulistahapmenulisdantahappascamenulis.Penggunaanmediavideoklippadatahappramenulisdikategorikansangatbaiksebesar827%siswadapatmeningkatkankemampuansiswadalammembuatkerangkannaskahdrama.Penggunaanmediavideoklippadatahapmenulisdikategorikansangatbaiksebesar956%siswadapatmeningkatkankemampuansiswadalammembuatnaskahdramadenganmengembangkankerangkanaskahdramamenjadinaskahdramayangutuhdanpadu.Penggunaanmediavideoklippadatahappascamenulisdikategorikansangatbaiksebesar100%siswadapatmemberikankomentarterhadapnaskahdramamiliktemannya.Peningkatankemampuanmenulisnaskahdramapadatiapsiklusdiikutidenganperubahanperilakupositifsiswa..Darihasilpenelitianinisaranyangdisampaikanpenelitiadalahpenggunaanmediavideoklipdapatmenumbuhkanminatdanketertaikansiswadalampembelajaranmenulisnaskahdramasehinggaperludipertimbangkanpenggunaannyadalampembelajaran.