Peningkatan kemampuan membawakan acara menggunakan metode pembelajaran think pair contest (TPC) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambeng Kabupaten Lamongan / Deni Nir Lita Furi

Main Author: Furi, Deni Nir Lita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/143092/
Daftar Isi:
  • KatakunciKemampuanMembawakanAcaraKemampuanBerbicaraMetodePembelajaranThinkPairContest(TPC).Membawakanacaraadalahtugasmemandudanmengaturjalannyasebuahacaraagarberjalandenganbaikdansesuairencana.SalahsatuketerampilanberbicarayangdiajarkanpadapembelajaranbahasaIndonesiayaitumembawakanacaradenganbahasayangbaikdanbenarsertasantun.PadapelaksanaanpembelajaranmembawakanacaradikelasVIIIBSMPNegeri1Sambengrataratakemampuansiswadalammembawakanacaramasihkurang.Rasapercayadirisiswayangkurangpenggunaanbahasayangbaikdanbenaryangkurangdanmetodeyanggurugunakansaatmenagajarberpengaruhterhadapkemampuansiswadalammembawakanacarakarenametodeyangdigunakanmasihmembosankansertakurangbervariasi.RendahnyakemampuandalammembawakanacarainidialamiolehsiswakelasVIIIBSMPNegeri1Sambengyangrata-ratasiswanyapasif.Berdasarkanhalitulahmakaperludiberikanmetodepembelajaranyangtepatagarkemampuansiswadalammembawakanacaradapatmeningkat.SalahsatumetodeyangdigunakanuntukmeningkatkankemampuanmembawakanacarasiswadisiniadalahmetodeThinkPairContest(TPC).Penelitianiniadalahjenispenelitantindakankelas.Prosedurpenelitiantindakanmeliputi(1)studipendahuluanuntukmengidentifikaskimasalahpembelajaranberbicaradisekolah(2)rencanatindakan(3)pelaksanantindakan(4)pengamatan(5)refleksidan(6)hasiltindakan.DatapeneltianinibersumberdarihasilpenelitiansiklusIdanII.Analisisdatadilakukandengan(1)seleksidatayangterkumpul(2)pensekorandatadan(3)penyimpulandata.Penelitidapatmengetahuikeberhasilantindakanberdasarkanaspekyangdinilai.KemampuansiswakelasVIIIBSMPNegeri1SambengdalammembawakanacarasetelahditerapkannyametodeThinkPairContest(TPC)mengalamipeningkatanpadasiklusII.BerdasarkanhasilanalisisdiketahuibahwapadasiklusIkemampuansiswadalammemahamiisiteksnilaitotalrataratasiswamencapai412%.PadasiklusIIpresentaserata-ratasiswameningkatmenjadi882%.Rincianpresentaserata-ratatiapaspeknyayaknipadaaspekkesesuaianisisusunanacaradengansistematikaacarasiklusImencapai76%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi941%.PadaaspeksikapdanpenampilanyangbaikdansantundalammembawakanacarapadasiklusIpresentaserata-ratasiswahanyamencapai50%.PadasiklusIIpresentaserata-ratasiswameningkatmenjadi853%.PadaaspekpenggunaanbahasayangbaikdanbenardalammembawakanacaranilaisiswasiklusIrata-ratamencapai355%.PadasiklusIIpresentaserata-ratasiswameningkatmenjadi794%.Padaaspekpenggunaanbahasayangsantunpresentaserata-ratasiswapadasiklusImencapai