Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan menggunakan strategi analanting siswa kelas XG MAN Bangil / Evi Afriyanti Rohmah
Main Author: | Rohmah, Evi Afriyanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/143088/ |
Daftar Isi:
- KatakuncianalantingKemampuanmenuliscerpenmerupakansalahsatuaspekketerampilanberbahasayangdiajarkanmatapelajaranbahasaIndonesiadiSMA/MA.MenuliscerpenberdasarkanpengalamanoranglainmerupakansalahsatukompetensidasaryangdiajarkandikelasXSMA/MA.Kompetensidasarinibertujuanuntukmengungkapkanidegagasandanperasaansiswadalambentuktulisancerpen.Kenyataandilapanganmenunjukkanbahwasiswamengalamikesulitandalammenuliscerpenberdasarkanpengalamanoranglain.Kesulitantersebutantaralainsiswabelummampumenuliskanrangkaianperistiwadalamcerpensiswabelummampumenuliskantokohdanperwatakannyadalamcerpensiswabelummampumenuliskanlatardalamcerpensiswaseringmengabaikantemadanjuduldalammenuliscerpendansiswamasihbelummenggunakanpaparannaratifdenganbaik.PenelitiandenganjudulPeningkatanKemampuanMenulisCerpenBerdasarkanPengalamanOrangLaindenganMenggunakanStrategiAnalantingSiswaKelasXGMANBangildimaksudkanuntukmemperbaikikemampuansiswadalammenuliskhususnyapadakemampuanmenuliscerpenberdasarkanpengalamanoranglain.Penerapanstrategianalantingdalampembelajaraninidiharapkandapatmeningkatkankemampuansiswadalammenuliscerpenberdasarkanpengalamanoranglaindenganmengembangkanunsur-unsurinstrinsikcerpenyaknitemapelaku(tokoh)peristiwa(alur)latartekniknaratifdanjudul.Masalahdalampenelitianiniadalah(1)bagaimanakahprosespeningkatankemampuanmenuliscerpenberdasarkanpengalamanoranglainsiswakelasX-GMANBangildenganmenggunakanstrategianalantingdan(2)bagaimanakahhasilpeningkatankemampuanmenuliscerpenberdasarkanpengalamanoranglainsiswakelasX-GMANBangildenganmenggunakanstrategianalantingStrategianalantingadalahstrategiyangdigunakanpenelitiuntukmeningkatkanpembelajaranmenuliscerpenberdasarkanpengalamanoranglain.Analantingrealityshowyangberbentukaudiuovisualtentangperistiwayangdialamioranglain.Setelahsiswamengamatitayanganrealityshowselanjutnyasiswamenarasikanceritadalamlembarkerjasiswayangsudahdisiapkan.TayanganrealityshowyangdigunakansebagaisumberpembelajaranadalahtayanganJikaAkuMenjadi.Tahapinidisebuttahapnarasi.KegiatanmengamatitayanganrealityJikaAkuMenjadidanmenarasikaninticeritadigunakansebagaiperangsanguntukmenulistema.Tahapselanjutnyaadalahmembuatkerangkatahapan-tahapancerpenyangsesuaidenganindikatordalamlembarkerjasiswayangsudahdisiapkandengancaramengembangkanunsur-unsurinstrinsikcerpenmeliputipelaku(tokohdanpenokohan)peristiwa(alur)latarjuduldanmenggunakanpaparannaratifkemudianmengembangkankerangkacerpenmenjadicerpenyangutuh.Tahapinidisebuttahaplanjut.Tahapterakhiradalahtahapsuntingyaitusiswasalingmenyuntingcerpendengantemansejawatnya.PenelitianinidilaksanakandenganrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK).Rancanganpenelitiantindakankelasdisusundalamduasiklus.Tiapsiklusterdiriatasempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Penetapansubjekpenelitiandidasarkanpadahasilanalisisstudipendahuluanolehpeneliti.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXGMANBangilyangberjumlah47siswakarenamempunyaipenilaianprosesdanpenilaianproduk(hasil)dibawahkriteriaketuntasanminimal(KKM)yangditetapkanolehMANBangil.Penelitianinidilaksanakanmulaitanggal22Maret2011sampaidengan21Mei2011dalamduasiklus.Datapenelitiantindakankelasiniberupadataprosesdandatahasil.Dataprosesberupatranskriphasilinteraksiprosespembelajaranmenuliscerpenyangdilakukansiswadangurudikelassedangkandatahasilberupakerangkacerpensiswadanhasilprodukcerpensiswa.Pengumpulandataprosesdilakukandenganobservasimenggunakanpedomanobservasidancatatanlapangansedangkandatahasildilakukandenganstudidokumendenganmenggunakanrubrikpenilaianhasilmenuliscerpen.Dataprosesdanhasilyangtelahdikumpulkandianalisisdenganmereduksimemaparkandanmenarikkesimpulan.Hasilpenelitianmeliputipeningkatanprosesdanpeningkatanhasilpembelajaranmenuliscerpendenganstrategianalantingyaknitahapamatinarasikanlanjutkandansuntingkan.TahapamatidantahapnarasikanmeliputimengamatipenayanganmataacararealityshowJikaAkuMenjadidanmenarasikaninticeritadaritayanganyangsudahdiamati.Padatahapinisiswamampuberkonsentrasihaliniditandaidengansikaptenangyangditunjukkansiswa.PadasiklusIsiswayangdikategorikantuntasadalah94%meningkatpadasiklusIIyakni100%.Padatahaplanjutkanyaknimembuatkerangkacerpendanmengembangkankerangkacerpenmenjadicerpenutuh.PadasiklusIbeberapasiswatampakantusiasdantidakmengalamikesulitandalammembuatkerangkacerpendanmengembangkankerangkacerpenmenjadicerpenutuhnamunpadasiklusIIterjadipeningkatanmotivasisehinggasebagianbesarsiswaseriusdanantusiasdalammembuatkerangkacerpendanmengembangkankerangkacerpenmenjadicerpenutuh.PeningkatanhasilpadatahaplanjutkanditandaidenganbertambahnyakualitashasilmenuliscerpensiklusImenujusiklusIIyaknidari70%meningkatmenjadi82%.Peningkatanproseskemampuanmenuliscerpenpadatahapsuntingkandilakukandengankegiatansiswamenyuntingaspekejaantandabacadanbahasasertamemublikasikancerpen.Penggunaanstrategianalantingdapatiiimenumbuhkanrasapercayadiripadasiswauntukmembacakancerpennyadidepankelasmampumembanguninteraksisosialantarsiswadanmerangsangsiswauntukmenunjukkanprestasi.PeningkatanhasiltahapsuntingkanditandaidenganmeningkatnyakualitassiswayangmelakukanpenyuntinganbaikdisiklusImaupunsiklusII.PadasuklusIperolehanskorsiswayaitu957dengankategorituntassedangkanpadasiklusIIperolehanskorsiswameningkatyaitu100%dengankategorituntas.Sehubungandenganhasilpenelitianinidisarankankepadaguruuntukmenggunakanstrategianalantingdenganlebihkreatifdaninovatifdalamupayameningkatkankemampuansiswadalammenuliscerpen.Kepalasekolahsebagaipengambilkebijakanjugadisarankanuntukmemberidukungandanfasilitasyangmemadaikepadaguruuntukmelakukankerjasamadenganparapenelitiuntukmeningkatkankualitaspembelajarandisekolah.Bagipenelitiselanjutnyayanginginmenggunakandanmengembangkanstrategianalantingsebagaidasaruntukmelakukanpenelitianlaindengancaralebihkreatif.adalahkependekandariamatinarasilanjutsunting.Padatahapamatisiswaditugasiuntukmengamatipenayanganmataacaramenuliscerpenberdasarkanpengalamanoranglainstrategi