Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama dengan memanfaatkan media cerita rakyat sebagai sumber ide pada siswa SMP kelas VIII / Elyanoor Oktaviana

Main Author: Oktaviana, Elyanoor
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/143028/
Daftar Isi:
  • Katakuncinaskahdramaceritarakyatpembelajaranmenulisnaskahdrama.Pembelajaranmenulissastrakhususnyamenulisnaskahdramasebenarnyabertujuanuntuklebihdapatmempelajaribudayabangsasertamemacukreativitaspesertadidik.Namunadajugahalyanglebihpentingyaitupembelajaransastradanmenulisnaskahdramabertujuanuntukmenanamkanbudipekertisiswamelaluiapresiasiterhadapkaryasastra.Selainitusiswajugadiajakuntukdapatmenuangkankreativitasnyamelaluikaryasastrayangmerekabuat.Adapuntujuandaridilakukannyapenelitianiniadalahuntukmengembangkanbahanajarmenulisnasakhdramadenganmemanfaatkanceritarakyatsebagaisumberideuntukpembelajaranmenulisnaskahdrama.Dalamhalinipenelitiinginmembuatstrategidalampembelajaranmenulisnaskahdramasertamemperbaikiapabilaterdapatbeberapakesalahandalamstrategipembelajaraninimelaluiprosespembelajaran.Jenispenelitianiniadalahpenelitianpengembangan.Dalampenelitianinipenelitimenggunakanmetodemengembangkanmetodepemanfaatanceritarakyat.Ceritarakyatdipilihkarenadianggapsebagaimediayangmampumemancingkretivitassiswadalammengembangkanide-idedalammenulisnaskahdrama.Adapunbeberapalangkahpengembanganyangharusdilakukanolehsiswaadalah(1)mengidentifikasiunsurtokohdanwataktokohdalamceritarakyatyangtelahdibaca(2)mengidentifikasiunsuralursertasettingdalamceritarakyatyangtelahdibaca(3)merumuskantemaberdasarkanhasilidentifikasiunsur-unsurdalamceritarakyatyangtelahdibaca.Halinidilakukanagarsiswamemahamiunsur-unsurmanayangsamadengannaskahdramadannantinyaakandikembangkanmenjadikerangkanaskahdrama.Setelahmengidentifikasiunsurtahapselanjutnyaadalahmengembangkansetiapunsurtersebutmenjadikerangkanaskahdramayakni(1)mengaitkantemadengantokoh(2)mengaitkanunsurtematokohdenganalurdansetting(3)membuatkerangkacerita(4)mengembangkankerangkaceritamenjadiperistiwautuh(5)berlatihmembuatdialogyangmampumenggambarkanunsurterpentingdalamdramahingga(6)membuatnaskahdramadenganmemanfaatkanceritarakyatsebagaisumberide.Siswadibagilimakelompokdalamprosesmaupuntahapmenulisnaskahdrama.Ketikadiujicobakanternyatabahanajaryangdikembangkanpenelitimempunyaikelebihandankelemahan.Adapunkelebihandaristrategiiniadalahbahwaperintah-perintahdalambahanajaryangmenggambarkanstrategiinisudahdapatdipahamidandilaksanakansiswasertamampumemancingkreativitassiswadalammenuangkanide.