Pengembangan blog karya ilmiah remaja untuk media pembinaan ekstrakurikuler penulisan karya ilmiah remaja bagi siswa SMA / Zulmy Faqihuddin Putera

Main Author: Putera, Zulmy Faqihuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/142871/
Daftar Isi:
  • KataKunciPengembanganBlogKaryaIlmiahEkstrakurikulerPenulisanKIRMenuliskaryailmiahmerupakansalahsatubentukkegiatanmenulisdengandidasarkanpadakemampuanyangberpikirlogissertadapatdipertanggungjawabkan.PembelajaranmenuliskaryailmiahpadajenjangSMAdifokuskanmelaluikegiatanpembinaanekstrakurikulerkelompokkerjaKaryaIlmiahRemaja(KIR).PembinaanekstrakurikulerpenulisanKIRkurangdiminatiolehsiswadisebabkanbelumtersedianyamediapembinaanyangmendukungproseskegiatanekstrakurikulerKIR.MakadariitumediadibutuhkanuntukmengatasihambatanbelajardanmendukungkelancaranpembinaanekstrakurikulerKIRTujuanpengembanganmediainiadalahmenghasilkanprodukblogsebagaiwadahpembinaanekstrakurikulerKIRsertauntukmengetahuikelayakanmediatersebutdalamkegiatanpembinaanKIR.Kemenarikanprodukblogterdiridariaspekbahasadantampilanmediapembelajaran.Kelayakanterdiridariaspekisimateridanbahasa.Penelitianinimenggunakanmetodepengembanganyakni(1)mengidentifikasikebutuhan(2)pengumpulandata(3)desainproduk(4)validasidesain(5)revisidesain(6)ujicobapemakaiandan(7)revisiproduk.PengembanganprodukmelaluitahapprapengembangandenganmenganalisakebutuhanmediaolehpembinaKIRdansiswapesertaKIRdalampembinaanKIR.PengumpulandatapengembanganblogterlebihdahulumengkajitujuanmanfaatdankesesuaianmateripenulisankaryailmiahyangdiperlukansiswapesertaKIR.DesainmediadirancangsesuaidengankarakteristikpenggunayaknisiswapesertaKIRdandidesaindengankemasanyangmenarikdanaluryangsistematiskarenamerupakanprodukpengembanganblogpenulisanKIR.Mediainiterintegrasidenganjaringaninternetdanpenggunaanyaterlebihduluharusloginkealamatblog.Tampilanblogberisidelapanmenuutamayaitu(1)Beranda(2)TentangKaryaIlmiah(3)BahasaIlmiah(4)Penulisan(5)Penyuntingan(6)Publikasi(7)PapanKaryadan(8)BacaanPengayaan.Postingyangditampilkanolehketujuhmenuutamayangdisertaisubmenu-submenuberkaitandenganmateridisertaijugabagandangambaryangmendukung.Hasilujimediablogdenganahlimaterimenunjukkankelayakansebesar719%danahlimediasebesar656%.Keduaahlitersebutmenunjukkanbahwabahanajartersebutdinyatakanvaliddansiapdiimplementasikan.HasilujidenganpembinaKIRmenunjukkankelayakansebesar94%sedangkandengan10siswapesertamenunjukkanrata-ratakelayakansebesar85%.HasilujicobadenganinstrumenangketpenilaianolehvalidatordanpenggunamenunjukkanbahwamediablogsebagaiwadahpembinaanekstrakurikulerKIRtersebutsangatvaliddandapatmendukungkelayakanmediasetelahdiujikankepadasiswanamunperludirevisipadaaspekbahasapenyampaianukuranfontdankedalamanmateriberdasarkansaranolehahlidanpembinaKIR.Daripenjabaranhasilujicobatersebutdapatdisimpulkanbahwaprodukmediatergolongsangatvaliddandapatdiimplementasikan.ProdukyangtelahdikembangkandiharapkanbukansebagaipenggantibukumaupunpenggantigurunamunbertujuansebagaimediaalternatifdalammencariinformasisecarafleksibeltanpaterikatwaktupembinaanKIRjadigurudiharapkantetapmendampingiprosesbelajarsiswaselamapembinaanKIR.PengembanganlebihlanjutdisarankanuntukmengembangkanprodukmediapembelajaranblogpembinaanpenulisanKIRyanglebihkomplekssesuaidengantuntutanjamanmisalnyawebsiteutuhdanuntukpembelajaranyanglebihluastidakhanyapembelajaranmenuliskaryailmiah.