Keefektifan kalimat dalam karya ilmiah siswa Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Taruna Probolinggo tahun ajaran 2012/2013 / Rohim Efendi

Main Author: Efendi, Rohim
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/142714/
Daftar Isi:
  • EfendiRohim.2014.KeefektifanKalimatdalamKaryaIlmiahSiswaKelompokIlmiahRemaja(KIR)SMATarunaProbolinggoTahunAjaran2012/2013.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumadiM.Pd(II)IndraSuherjantoS.PdM.Sn.KatakuncikalimatefektifkaryailmiahKalimatmerupakansaranauntukmenjelaskanapayangdipikirkandandirasakanseseorangkepadaoranglainbaiksecaralisanmaupuntulisan.KalimatyangditulissesuaidengankaidahtatakalimatbahasaIndonesiayangbaikdanbenarakanmudahdipahamiolehpembacadantidakmenimbulkanperbedaanpenafsirandiantarapenulisdanpembaca.Kalimatsepertiitudisebutkalimatefektif.Penggunaanbahasayangbaikdanbenarmerupakanpenilaianpertamayangdapatdilakukanuntukmenentukankelayakansuatukaryailmiah(Susilowarno200358).BerkaitandenganhaltersebutkalimatyangtelahmemenuhikaidahbahasaIndonesiayangbaikdanbenardapatdikatakansebagaikalimatefektif.Olehkarenaitupenggunaankalimatefektifmenjadihalpentingyangharusdiperhatikandalampenulisankaryailmiah.Penggunaankalimatefektifdalamkaryailmiahbertujuanagarpesanyangingindisampaikanpenulisdapatsampaisecaratepatkepadapembaca.Apabilakalimatyangdigunakantidakefektifpesanyangdisampaikantidakdapatditerimasecaratepatolehpembaca.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankeefektifankalimatdalamkaryailmiahsiswakelompokilmiahremaja(KIR)SMATarunaProbolinggo.Penelitianinidifokuskanpadakeefektifankalimatberdasarkanberdasarkan(1)aspekkelengkapan(2)aspekkelogisan(3)aspekkeserasiandan(4)aspekkepaduan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Datadalampenelitianiniberupakeefektifankalimatberdasarkan(1)aspekkelengkapan(2)aspekkelogisan(3)aspekkeserasiandan(4)aspekkepaduankalimatdalamkaryailmiahsiswaKelompokIlmiahRemaja(KIR)SMATarunaProbolinggoTahunAjaran2012/2013.ProsedurpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahdenganmelakukandokumentasikaryailmiahsiswaKelompokIlmiahRemaja(KIR)SMATarunaProbolinggoTahunAjaran2012/2013yangdiperolehdarigurupembimbingKIR.Secaralebihrinciprosedurpengumpulandatayangdilakukanmeliputi(1)mengumpulkankaryatulissiswa(2)membacaseluruhkaryatulisilmiahdengancermat(3)merekamdataberupakalimatyangtelahdiperolehkedalamtabelpengumpulandatadan(4)memberikodepadamasing-masingdata.Instrumenkuncipenelitianadalahpenelitisendiridengandibantuinstrumentambahanberupatabelpengumpuldatatabelpanduankodifikasidatadantabelpanduanpengumpulandata.Untukmenjagakeabsahandatadilakukanperpanjangankeikutsertaanketekunanpengamatandandiskusitemansejawat.Berdasarkantemuanpenelitiandiperolehempathasilpenelitian.Pertamapenggunaankalimatefektifdankalimattidakefektifberdasarkanaspekkelengkapan.Dalamkaryailmiahsiswakalimatyangefektifberdasarkanaspekkelengkapankalimatberupakalimatyangmemilikisubjekdanpredikatsecaralengkapsedangkankalimatyangtidakefektifberdasarkanaspekkelengkapanberupakalimatyangtidakmemilikisubjektidakmemilikipredikatdantidakmemilikisubjekdanpredikat.Keduapenggunaankalimatefektifdankalimattidakefektifberdasarkanaspekkelogisan.Dalamkaryailmiahsiswakalimatefektifdisebabkanolehhubunganyanglogisantarunsur-unsurdalamkalimatdanpenggunaanpronominayangtepatsedangkankalimattidakefektifdisebabkanolehkesalahanbernalarsiswa.Ketigapenggunaankalimatefektifdankalimattidakefektifberdasarkanaspekkeserasian.Dalamkaryailmiahsiswakalimatefektifdisebabkanolehgagasanyangsederajattelahdinyatakandalambentukyangsamapenggunaanpreposisitelahdigunakansecaratepatdanpenggunaankonjungsitelahdigunakansecaratepatpulasedangkankalimattidakefektifdisebabkanolehgagasanyangsederajattidakdinyatakandenganbentukkatayangsamapreposisitidakdigunakansecaratepatdankonjungsitidakdigunakansecaratepat.Keempatpenggunaankalimatefektifdankalimattidakefektifberdasarkanaspekkepaduan.Dalamkaryailmiahsiswakalimatefektifdisebabkanolehsubjekdanpredikatbertautansecaralangsungtanpatergangguunsurlainsedangkankalimattidakefektifdisebabkanhadirnyaketeranganyangdiantarolehkatapengantarkalimatdiantaraunsursubjekdanpredikatsehinggamenyebabkanfungsikalimatmenjaditidakjelasataukabur.Berdasarkanhasilpenelitianinidikemukakanduasaran.PertamamengingatpentingnyapenulisankalimatefektifdalamkaryailmiahsepertiyangtelahdijelaskanpadababIdisarankankepadagurupembinaKelompokIlmiahRemaja(KIR)agarturutmelatihketerampilansiswaterkaitpenggunaankalimatefektifdengancaramemberikanlatihanmenuliskaryailmiahdenganmemperhatikankaidah-kaidahtatakalimatbahasaIndonesiayangbaikdanbenardanmengoreksikembalikalimatdalamkaryailmiahsiswaagarterjadiperbaikanpadaprosesbelajarmengajarselanjutnya.KeduaSiswadisarankanagarbanyakberlatihmenuliskalimatdenganmemperhatikankaidah-kaidahtatakalimatbahasaIndonesiayangbaikdanbenarterutamadalampenulisankaryailmiah.