Keefektifan kalimat dalam karya ilmiah siswa Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Taruna Probolinggo tahun ajaran 2012/2013 / Rohim Efendi
Main Author: | Efendi, Rohim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/142714/ |
Daftar Isi:
- EfendiRohim.2014.KeefektifanKalimatdalamKaryaIlmiahSiswaKelompokIlmiahRemaja(KIR)SMATarunaProbolinggoTahunAjaran2012/2013.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumadiM.Pd(II)IndraSuherjantoS.PdM.Sn.KatakuncikalimatefektifkaryailmiahKalimatmerupakansaranauntukmenjelaskanapayangdipikirkandandirasakanseseorangkepadaoranglainbaiksecaralisanmaupuntulisan.KalimatyangditulissesuaidengankaidahtatakalimatbahasaIndonesiayangbaikdanbenarakanmudahdipahamiolehpembacadantidakmenimbulkanperbedaanpenafsirandiantarapenulisdanpembaca.Kalimatsepertiitudisebutkalimatefektif.Penggunaanbahasayangbaikdanbenarmerupakanpenilaianpertamayangdapatdilakukanuntukmenentukankelayakansuatukaryailmiah(Susilowarno200358).BerkaitandenganhaltersebutkalimatyangtelahmemenuhikaidahbahasaIndonesiayangbaikdanbenardapatdikatakansebagaikalimatefektif.Olehkarenaitupenggunaankalimatefektifmenjadihalpentingyangharusdiperhatikandalampenulisankaryailmiah.Penggunaankalimatefektifdalamkaryailmiahbertujuanagarpesanyangingindisampaikanpenulisdapatsampaisecaratepatkepadapembaca.Apabilakalimatyangdigunakantidakefektifpesanyangdisampaikantidakdapatditerimasecaratepatolehpembaca.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankeefektifankalimatdalamkaryailmiahsiswakelompokilmiahremaja(KIR)SMATarunaProbolinggo.Penelitianinidifokuskanpadakeefektifankalimatberdasarkanberdasarkan(1)aspekkelengkapan(2)aspekkelogisan(3)aspekkeserasiandan(4)aspekkepaduan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Datadalampenelitianiniberupakeefektifankalimatberdasarkan(1)aspekkelengkapan(2)aspekkelogisan(3)aspekkeserasiandan(4)aspekkepaduankalimatdalamkaryailmiahsiswaKelompokIlmiahRemaja(KIR)SMATarunaProbolinggoTahunAjaran2012/2013.ProsedurpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahdenganmelakukandokumentasikaryailmiahsiswaKelompokIlmiahRemaja(KIR)SMATarunaProbolinggoTahunAjaran2012/2013yangdiperolehdarigurupembimbingKIR.Secaralebihrinciprosedurpengumpulandatayangdilakukanmeliputi(1)mengumpulkankaryatulissiswa(2)membacaseluruhkaryatulisilmiahdengancermat(3)merekamdataberupakalimatyangtelahdiperolehkedalamtabelpengumpulandatadan(4)memberikodepadamasing-masingdata.Instrumenkuncipenelitianadalahpenelitisendiridengandibantuinstrumentambahanberupatabelpengumpuldatatabelpanduankodifikasidatadantabelpanduanpengumpulandata.Untukmenjagakeabsahandatadilakukanperpanjangankeikutsertaanketekunanpengamatandandiskusitemansejawat.Berdasarkantemuanpenelitiandiperolehempathasilpenelitian.Pertamapenggunaankalimatefektifdankalimattidakefektifberdasarkanaspekkelengkapan.Dalamkaryailmiahsiswakalimatyangefektifberdasarkanaspekkelengkapankalimatberupakalimatyangmemilikisubjekdanpredikatsecaralengkapsedangkankalimatyangtidakefektifberdasarkanaspekkelengkapanberupakalimatyangtidakmemilikisubjektidakmemilikipredikatdantidakmemilikisubjekdanpredikat.Keduapenggunaankalimatefektifdankalimattidakefektifberdasarkanaspekkelogisan.Dalamkaryailmiahsiswakalimatefektifdisebabkanolehhubunganyanglogisantarunsur-unsurdalamkalimatdanpenggunaanpronominayangtepatsedangkankalimattidakefektifdisebabkanolehkesalahanbernalarsiswa.Ketigapenggunaankalimatefektifdankalimattidakefektifberdasarkanaspekkeserasian.Dalamkaryailmiahsiswakalimatefektifdisebabkanolehgagasanyangsederajattelahdinyatakandalambentukyangsamapenggunaanpreposisitelahdigunakansecaratepatdanpenggunaankonjungsitelahdigunakansecaratepatpulasedangkankalimattidakefektifdisebabkanolehgagasanyangsederajattidakdinyatakandenganbentukkatayangsamapreposisitidakdigunakansecaratepatdankonjungsitidakdigunakansecaratepat.Keempatpenggunaankalimatefektifdankalimattidakefektifberdasarkanaspekkepaduan.Dalamkaryailmiahsiswakalimatefektifdisebabkanolehsubjekdanpredikatbertautansecaralangsungtanpatergangguunsurlainsedangkankalimattidakefektifdisebabkanhadirnyaketeranganyangdiantarolehkatapengantarkalimatdiantaraunsursubjekdanpredikatsehinggamenyebabkanfungsikalimatmenjaditidakjelasataukabur.Berdasarkanhasilpenelitianinidikemukakanduasaran.PertamamengingatpentingnyapenulisankalimatefektifdalamkaryailmiahsepertiyangtelahdijelaskanpadababIdisarankankepadagurupembinaKelompokIlmiahRemaja(KIR)agarturutmelatihketerampilansiswaterkaitpenggunaankalimatefektifdengancaramemberikanlatihanmenuliskaryailmiahdenganmemperhatikankaidah-kaidahtatakalimatbahasaIndonesiayangbaikdanbenardanmengoreksikembalikalimatdalamkaryailmiahsiswaagarterjadiperbaikanpadaprosesbelajarmengajarselanjutnya.KeduaSiswadisarankanagarbanyakberlatihmenuliskalimatdenganmemperhatikankaidah-kaidahtatakalimatbahasaIndonesiayangbaikdanbenarterutamadalampenulisankaryailmiah.