Pengaruh penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang / Wulandari
Main Author: | Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/142691/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulandari.2015.PengaruhPenggunaanStrategiThink-Talk-Write(TTW)terhadapKemampuanMenulisTeksEksposisiSiswaKelasVIISMPNegeri6Malang.Skripsi.JurusanSastraIndonesiaFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ImamAgusBasukiM.Pd.(II)Dr.GatutSusantoM.M.M.Pd.KataKuncistrategiTTWkemampuanmenulistekseksposisiPenelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuiadanyapengaruhpenggunaanstrategiTTWterhadapkemampuanmenulistekseksposisidariaspekisi(2)mengetahuiadanyapengaruhpenggunaanstrategiTTWterhadapkemampuanmenulistekseksposisidariaspekstrukturteksdan(3)mengetahuiadanyapengaruhpenggunaanstrategiTTWterhadapkemampuanmenulistekseksposisidariaspekbahasa.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudengandesaincontrolgrouppretest-posttestdesign.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri6MalangsedangkansampelpenelitianiniadalahsiswakelasVII-1sebagaikelompokkontroldankelasVII-2sebagaikelompokeksperimen.KelompokeksperimendiberikanperlakuandenganmenggunakanstrategiTTWsedangkankelompokkontrolmenggunakanstrategikonvensional(ceramah).Instrumenyangdigunakanberupatesmenulisberbentukesaibesertarubrikpenilaianhasilmenulis.Hasildaripenelitianinisebagaiberikut.PertamaterdapatpengaruhpenggunaanstrategiTTWterhadapkemampuanmenulistekseksposisidariaspekisi.HaliniberdasarpadahasilanalisisstatistikujibedapostesmenunjukkannilaiSig.(2-tailed)sebesar0001(Sig.2-tailed