Integrasi muatan bahasa Indonesia dalam pembelajaran tematik kelas I MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan / Lailatul Kusniyah
Main Author: | Kusniyah, Lailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/142681/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKusniyahLailatul.2015.IntegrasiMuatanBahasaIndonesiadalamPembelajaranTematikKelasIMIRoudlotutTholibinBanjarejoRejotangan.Skripsi.ProgramStudiPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerah.JurusanSastraIndonesia.FakultasSastra.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MuakibatulHasanahM.Pd.(II)IndraSuherjantoM.Pd.KatakunciintegrasimuatanbahasaIndonesiapembelajarantematikBahasaIndonesiapadaKurikulum2013merupakanpenghelailmupengetahuanlainpadakelasrendahnamunfaktayangadamenunjukanbahwabahasaIndonesiadalampembelajarantematikbukanlahsatu-satunyamuatanyangdiletakkanpadakelompokmatapelajaraninti(kelompokA).MuatanbahasaIndonesiadisejajarkandenganmuatanPendidikanAgamadanBudiPakertiMatematikadanPPKnmeskipunalokasiwaktuyangdiberikanberbeda.BerdasarkanstudipendahuluanpelaksanaanpembelajaranbahasaIndonesiadalamtematikseringkalibercampurbaurdenganpembelajaranmuatanyanglainsehinggapenelitiantentangintegrasimuatanbahasaIndonesiadalampembelajarantematikperluuntukdilakukanuntukmengetahuisejauhmanaintegrasimuatanbahasaIndonesiadalampembelajarantematik.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanintegrasimuatanbahasaIndonesiadalam(1)pengembanganRPP(2)pelaksanaandan(3)penilaianpembelajarantematikkelas1.HasildaripenelitianinidapatdijadikanreferensimodelpembelajaranbahasaIndonesiadalamtematiksertaacuanuntukmerancangpengembanganmediastrategiataubahanajaruntukmengoptimalkanpenerapanmuatanbahasaIndonesiadalampembelajarantematik.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahkualitatifdesainstudikasus.Penelitibertindaksebagaiinstrumenkunciyangberstatussebagaipengamatpasif.KegiatanpenelitiandilakukandiMIRoudlututTholibin.DatapenelitianiniterdiriataspaparandeskripifintegrasimuatanbahasaIndonesiadalam(1)rencanapelaksanaanpembelajarantematik(2)pelaksanaanpembelajarantematikdan(3)penilaianprosesdanhasilpembelajarantematik.Sumberdatayangdigunakanadalah(1)dokumenRPP(2)wacanainteraksikelasuntukmemperolehdatapelaksanaansertapenialainpembelajarandan(3)guruuntukmenggaliinformasiinformasiyangtidaktampakselamapengamatan.TeknikyangdigunakanuntukmenggalidatapadadokumenRPPadalahstudidokumentasidanwawancaraterbukadalamaspekpelaksanaanpembelajaranadalahteknikobservasilapangandanwawancaraterbukadalamaspekpenilaianpembelajarantematikdiperolehmenggunakanteknikobservasilapangandanwawancarasemiterbuka.TemuanpenelitianmenunjukanbahwamuatanbahasaIndonesiaterintegrasidalamseluruhkomponenRPP.IntegrasimuatanbahasaIndonesiatersebutmeliputi(1)identitasRPPyangterlihatdariperumusantemadansubtemabukanlagimateripermuatan(2)KIKDdanindikatorpencapaiankompetensiyangmengarahkanpadapeningkatanketerampilanberbahasasebagaisasarankompetensiyangharusdicapai(3)materipembelajaranyangdisajikanmampumewadahimuatanlain(4)metodepembelajaranyangdigunakanmelibatkanketerampilanberbahasadalamlangkahkegiatannyamisalnyadiskusidantanyajawab(5)mediapembelajaranyangdipilihdiarahkanuntukmeningkatkanketerampilanberbahasa(6)sumberbelajaryangdipilihdekatdenganaktivitasberbahasaanaksehari-haridan(7)rencanakegiatanbelajaryangmengarahpadapenggunaanketerampilanberbahasautamanyamembacadanmenulis.IntegrasimuatanbahasaIndonesiadalampelaksanaanpembelajarantematikterlihatdarikegiatan-kegiatanyangmengarahpadapenguasaanketerampilanberbahasa.Padaranahafektifterlihatdarikegiatan(a)melafalkandoadengankhusudanfasih(b)sopansantundalamberkomunikasi(c)tertibdalammenyajikanpekerjaannyadidalamkelas(d)percayadirimenyampaikanhasilkerjanya.Padaranahkognitifterlihatdarikegiatan(a)mengenalihurufdantandabaca(b)kemampuanmenyambungtiapsukukata(c)kemampuanmenyusunkata.Padaranahpsikomotorterlihatdarikegiatan(a)membacanyaring(b)menyusunkata(c)diktedan(d)bertanyajawab.KegiatantersebutdilakukanuntukmembelajarkansiswadalamsetiapmuatansehinggaintegrasimuatanbahasaIndonesiaterlihatjelasdalampembelajaranmuatanlainmelaluiketerlibatanketerampilanberbahasatersebut.Perangurulebihdominandibandingkandengansiswasendirisehinggakurangmerangsangkemampuananakdalamberbahasa.MuatanbahasaIndonesiaterintegrasidalammuatanlainyaituPPKnSBdPdanMatematikasedangkandalamPJOKbelumterlihatintegrasimuatanbahasaIndonesia.DalampelaksanaanpembelajaranintegrasimuatanbahasaIndonesiajugaterlihatdaripenyajianmateriyangdilakukanguru.Materiyangdisajikanberupateksyangdekatdenganpengalamansiswasehariharidandiarahkanuntuklatihanbaca-tulissiswa.PadapelaksanaanpembelajaranintegrasimuatanbahasaIndonesialebihterlihatdariaktivitasbelajaryangmengarahpadapembiasaanbaca-tulisdankomunikasisiswa.IntegrasimuatanbahasaIndonesiadalamaspekpenilaianterlihatdarilangkah-langkahpenilaianyangmelibatkanpenggunaanketerampilanberbahasa.PadapenilaianprosesyaknipenilaiansikapintegrasimuatanbahasaIndonesiamunculpadaketerlibatanmuatanbahasaIndonesiapadaaspeksikapyangdiamati.Padapenilaianhasilyaituaspekkognitifterlihatdaribentuktesyangdigunakan.Tesyangdigunakanuntukranahkognitifberbentuktestertulisyangmenggunakankatatanyayangbersifatmenguaraikanjawabanmisalnyabagaimanadanmengapa.IntegrasimuatanbahasaIndoneisadalamaspekpsikomotorterlihatdarilangkah-langkahkerjayangmelibatkanketerampilanberbahasaantaralain(a)membacakanhasilpekerjaan(b)diskusidan(c)membuatproduk.